Rabu, 16 November 2022

Tidak Perlu Proses Invite Lagi, Berikut Cara Daftar Clubhouse tanpa Undangan

 

Di awal kemunculannya, Clubhouse yang merupakan aplikasi audio-chat atau obrolan audio ini bisa dikatakan sebagai aplikasi eklusif dan terbatas. Hal ini disebabkan karena ketika itu, hanya pengguna iPhone yang bisa menggunakan aplikasi ini. Dengan kata lain, pengguna Android tidak bisa menikmatinya. Padahal seperti yang kita tau, pengguna android terbilang cukup besar.

Seiring waktu, akhirnya di Mei 2021, Alpha Exploration merilis clubhouse versi android di playstore untuk lebih memperluas jangkauan pengguna mereka. Kehadiran clubhouse di android membawa angin segar bagi mereka yang sudah lama penasaran dengan aplikasi ini.

Sedikit disayangkan, meski sudah bisa digunakan di iOS maupun Android namun satu lagi kendala yang banyak dikeluhkan adalah sistem invite-only dimana hanya orang yang mendapat invite alias undangan yang bisa masuk ke Clubhouse. Kita bisa mendwonload aplikasi, lalu mendaftar dengan nomor telepon dan juga membuat username. Akses kita hanya sampai disitu, untuk ingin mengaktifkan akun atau username yang sudah kita buat kita perlu mendapatkan invite text.   

Lalu, darimana kita bisa mendapatkan undangan/invite clubhouse ini?

Orang yang bisa mengundang atau menginvite adalah pengguna yang sudah memiliki akun di Clubhouse. Jadi, jika kita memiliki teman yang telah menjadi anggota Clubhouse, maka kita bisa meminta diinvite agar kita juga bisa menjadi anggota. Sedikit disayangkan lagi, setiap pengguna hanya bisa mengundang 2 orang karena mereka hanya diberikan kupon invite 2 oleh Clubhouse. Karena banyak orang yang menginginkan kupon invite ini, maka tidak heran jika waktu itu kupon invite Clubhouse banyak diperjualbelikan di berbagai situs e commerce dengan harga yang lumayan mahal. Atau, ada juga yang menawarkan invite Clubhouse dengan imbalan follower, like, maupun subscribe.

Sistem invite-only ini membuat Clubhouse menjadi aplikasi yang eklusif dan “mahal. Namun, disisi lain karena sistem ini juga membuat perkembangan Clubhouse sedikit tersendat. Mereka yang tadinya ingin menggunakan Clubhouse tidak jadi karena tidak mendapatkan invite. Atau, mereka beralih ke aplikasi lain yang tidak harus invite untuk menggunakannya. Ada banyak aplikasi serupa seperti Twitter spaces, live audio room milik Facebook, Greenroomnya spotify, ataupun Discord yang siap menjadi pesaing berat.

Akhirnya, untuk bisa terus berkembang dengan pesat, menjangkau lebih banyak pengguna, dan bisa ikut bersaing dengan berbagai aplikasi lain, maka Clubhouse menghapus sistem invite untuk pengguna mereka. Dengan dihapusnya sistem invite, maka pengguna Clubhouse semakin meroket karena siapapun bisa dengan mudah bergabung ke aplikasi. Hingga kini, di Playstore sendiri Clubhouse sudah didwonload lebih dari 10 juta pengguna. Ini termasuk perkembangan yang sangat pesat, mengingat aplikasi ini baru diluncurkan tahun 2021 di Playstore.

Bagi kamu yang sudah lama ingin menggunakan Clubhouse dan terkendala karena sistem invite ini, maka sekarang sudah bisa langsung mengunduh aplikasinya di Appstore maupun Playstore. Berikut cara daftar clubhouse tanpa undangan.   

Buka aplikasi Clubhouse yang sudah diunduh dari Appstore maupun Playstore. Klik “welcome ini” lalu masukkan nomor telepon untuk mendaftar, tunggu verifikasi melalui telepon. Proses verifikasi ini otomatis ya, kita tidak perlu mengangkat telepon.


Masukkan nama username kamu, lalu dihalaman berikutnya akan diminta untuk memasukkan umur.


Buat foto profil. Pilih foto dari galeri yang kamu ingin jadikan profi.  Bagian ini bisa diskip dulu jika belum siap.


Pilih 5 topik yang kamu sukai. Ini berguna untuk membantu algoritma Clubhouse menemukan konten yang cocok untuk kita.


Lalu kita akan diberikan beberapa referensi klub obrolan yang mungkin sesuai dengan kita. Jika kita tertarik, bisa langsung bergabung. Bagian ini juga bisa diskip.


Selamat, akhirnya sekarang kamu sudah memiliki akun di Clubhouse dan bisa mendengarkan berbagai obrolan atau diskusi menarik, tidak hanya di dalam negri tetapi juga diskusi dari luar negeri.





EmoticonEmoticon