Kamis, 19 Januari 2023

5 Rekomendasi Toko Laptop Bekas di Shopee Yang Murah dan Berkualitas


Tidak sedikit orang memilih membeli laptop bekas karena berbagai alasan, salah satunya karena keterbatasan budget.  Seperti kita tau, harga untuk laptop baru tidaklah murah, apalagi lagi untuk brand ternama. Sementara laptop bekas dijual lebih murah tapi spesifikasinya hampir sama. Jadi kita bisa segera menyelesaikan tugas kuliah atau deadline kerja tanpa harus meminjam uang atau membongkar tabungan untuk membeli laptop baru.  

Meski bukan laptop baru, namun kita pasti tetap merasa was-was karena duit yang kita keluarkan juga tidak sedikit. Keraguan seperti apakah memang hanya minus seperti yang diberitahu seller atau bahkan sudah tak layak dipakai. Karena ini adalah laptop bekas, pasti ada kekurangan baik di bagian body, hardisk, ketahanan batrai, Lcd/ layar, baret pemakaian, atau lainnya.

Seller terpercaya akan menjelaskan kondisi real laptop dan apa saja bagian minus sehingga pembeli bisa membuat berbagai pertimbangan dengan mencocokkan kondisi laptop dengan harganya dan juga pertimbangan pemakaian. Namun, tidak dipungkiri ada juga seller nakal yang menutupi sebagian kekurangan laptop tersebut agar bisa dijual dengan harga lebih tinggi.  

Saya juga pernah membeli laptop bekas lewat aplikasi Shopee beberapa tahun lalu, dan Alhamdulillah hingga saat ini kondisinya masih bagus dan tidak rewel. Saya membeli laptop bekas Lenovo ThinkPad dengan harga 2 jutaan, minus batrai yang tidak tahan lama. Namun, bagi saya ini tidak menjadi masalah karena pemakaiannya tidak begitu berat.

Jadi, sebenarnya kita hanya perlu pintar-pintar memilih toko terpercaya. Kita bisa melihatnya dari rating, karena rating bisa menggambarkan semuanya, mulai dari penilaian produk, harga, dan pelayanan seller. Namun, kita tetap perlu melihat komentar yang ditinggalkan pembeli di ulasan pengguna agar semakin yakin. Untuk membantu kamu, kami sudah memilihkan beberapa rekomendasi toko laptop bekas di Shopee dengan harga murah tapi kualitasnya  bagus.

1. Reer good (Rating 5.0/5.0)

Pertama mari kita berkunjung ke toko laptop bekas dengan rating paling tinggi di Shopee, yaitu Reer good. Mereka memiliki rating 5.0 yang merupakan rating paling sempurna di Shopee. Rating ini juga mengindikasikan bahwa 99% pembeli merasa puas berbelanja di toko ini.


Reer good yang berlokasi di Jakarta Utara ini memiliki sekitar 50 produk di etalase dari berbagai merk, seperti Lenovo, Dell, Macbook, hingga Hp Elitebook. Namun, jika kita perhatikan, kebanyakan produk mereka adalah Lenovo seri ThinkPad. Umur mereka di Shopee baru 11 bulan, namun telah mendapatkan lebih dari 3,2rb pengikut dan 2,1 rb penilaian. Angka yang cukup fantastis, tidak heran jika kita melihat ratingnya yang sempurna.

Laptop bekas di Reer good dijual mulai dari harga 2,1jt hingga 12 jtaan. Produk paling laris di toko ini adalah Laptop Lenovo Thinkpad X260 i5 Generasi 6 dengan 136 penjualan. Laptop ini dijual dengan harga 2,3 jt-4,5jt tergantung tipe dan spek yang kita pilih. Ada 3 tipe yaitu i5 generasi 6, i7 generasi 6, dan i3 generasi 6. Variasi speknya adalah RAM 4G, 8GB,16GB, dengan pilihan sistem penyimpanan HDD/SSD. Untuk spek yang lebih lengkap, silahkan langsung mampir ke Reer good.



2. Laptop Milenial Official Shop (Rating 4,9/5.0)

Toko berikutnya yang juga menjual laptop bekas di Shopee adalah Laptop Milenial Official Shop dari kota Bandung. Laptop Milenial bergabung dengan Shopee sejak 3 tahun silam, kini memiliki 4,2rb pengikut dan 1,5rb penilaian. Saya sedikit heran kenapa penilaian di toko ini hanya 1,5 rb, sementara produk mereka sudah terjual ribuan produk, bahkan satu produk ada yang terjual 3,3 rb pcs. Mungkin bisa jadi hal ini disebabkan karena ada banyak pembeli yang tidak memberikan penilaian.


Di toko ini kita bisa menemukan laptop bekas dari berbagai merk ternama seperti  Asus, Acer, Dell, Lenovo, Fujitsu, Toshiba, HP, dan beberapa merk lain. Selain laptop bekas, mereka juga menjual PC Rakitan Intel Core dan beberapa asesoris laptop seperti tas laptop dan mouse.

Harga laptop bekas di toko ini mulai dari 2,2 jt hingga 8jt. Untuk produk terlaris di toko ini masih sama dengan toko sebelumnya yaitu Lenovo thinkPad, namun dengan seri yang berbeda yaitu X250 dan T470s. Produk yang sudah terjual sebanyak 3,3 rb pcs ini dijual dengan harga 2,7 jt-4,7 jt tergantung tipe dan besar ruang penyimpanan yang kita pilih.



3. DNA COM (Rating 4,9/5.0) 

Rekomendasi toko laptop bekas di Shopee berikutnya adalah DNA.COM dari Jakarta Pusat. Toko ini bergabung di Shopee sejak 5 tahun yang lalu, dan kini memiliki lebih dari 12 rb pengikut serta 7,1 penilaian. Bagian yang juga menarik dari toko ini adalah mereka memiliki persentase chat dibalas sempurna yaitu 100% dalam hitungan menit, yang berarti mereka selalu responsive menjawab semua chat dari pelanggan. Ini adalah poin paling penting, karena pembeli pasti ingin memastikan berbagai hal terkait produk sebelum di beli karena harganya yang tidak murah, terlebih jika seller tidak menginfokan deskripsi dengan detail.


DNA.COM menjual laptop bekas original dari brand Lenovo, HP, Dell, Macbook, dan Toshiba. Untuk harganya bisa kita dapatkan mulai dari 1,5 jt hingga 13jt. Produk laptop bekas paling laris di toko lagi-lagi dimenangkan oleh Lenovo ThinkPad seri X260 Core i3/i5. Lenovo ThinkPad memang menjadi laptop terlaris dimana-mana karena selain harganya murah juga kualitasnya terkenal bagus untuk berbagai keperluan kantor atau kuliah.

Lenovo ThinkPad seri X260 Core i3/i5 di toko DNA.COM dijual dengan harga 2,2 jt-3,6 juta tergantung variasi penyimpanan yang kita pilih (SSD/HDD) atau ukuran memory.




4. Amz Laptop (Rating 4,9/5.0)

Bagi yang belum menemukan laptop yang cocok, bisa melihat produk di etalase Amz Laptop. Toko ini tergolong masih baru yaitu baru berumur  7 bulan, namun memiliki rating yang cukup hampir mendekati sempurna. Toko Laptop bekas dari Tangerang ini memiliki 318 pengikut dan 527 penilaian. Penilaian bukan berarti total penasanan ya teman-teman, karena ada sebagian pembeli yang mungkin tidak memberikan penilaian, jadi penjualannya pasti lebih dari angka tersebut.


Jumlah pengikut dan penilaian yang cukup bagus mengingat umur toko masih baru. Bahkan banyak seller baru yang belum mendapatkan penjualan beberapa bulan pertama. Karena toko ini memiliki pelayanan dan kualitas yang bagus, maka mereka bisa berkembang dengan cukup pesat. Amz Laptop menjual laptop bekas dari merk Lenovo dan Toshiba dengan harga mulai dari 1,3 hingga 4,1 juta. Selain laptop mereka juga menjual beberapa produk cctv.

Produk terlaris di toko ini adalah laptop Toshiba Dynabook Z40/R64 Intel Core i5 Gen 4/5/6/ yang dijual seharga 1,9 juta-3 juta tergantung tipe dan ukuran penyimpanan yang diambil. Bagi yang penasaran silahkan langsung saja kunjungi tokonya untuk melihat-lihat.

Cek Harga Termurah di Shopee

Cek Harga Termurah di Lazada


5. Arfa Digital Indonesia (Rating 4,8/5.0)

Terakhir, kita merekomendasikan toko laptop yang cukup lengkap dari kota Bandung. Mereka tidak hanya menjual laptop, tetapi juga PC rakitan, CPU dan Led Monitor. Mulai membuka toko 32 bulan yang lalu, Arfa Digital Indonesia kini memiliki lebih dari 13rb pengikut dan 2,8rb penilaian.  


Sama seperti toko sebelumnya, kita bisa menemukan laptop bekas merk Lenovo, Dell, HP, dan Toshiba dari harga 1,8 juta-6,7 juta. Produk terlaris di toko ini adalah laptop bekas dari Lenovo ThinkPad Core i5/i7 dengan berbagai tipe. Produk yang dijual seharga 1,9-6,6 juta ini sudah terjual sebanyak 382 penjualan.




Untuk laptop bekas, kita tidak bisa terlalu berpatokan pada harga. Jika suatu laptop harganya murah, maka bukan berarti lebih baik dari laptop lain dengan merk dan tipe yang sama tapi harganya lebih mahal. Karena setiap laptop bekas meskipun seri sama, tapi speknya bisa berbeda karena sudah melalui tahap bongkar-service.

Selain itu, karena bekas, maka pasti minusnya juga berbeda. Bisa jadi, yang harga murah spek nya tidak lengkap, ukuran penyimpanannya sedikit, atau banyak minusnya. Untuk itu, jangan lupa mencocokkan harga dengan spek laptop yang ditawarkan, termasuk juga ada atau tidaknya garansi yang diberikan. Semoga rekomendasi toko laptop bekas di Shopee ini berguna.

 

NB : Segala informasi dari toko, apakah itu terkait rating, harga, jumlah produk, jumlah pengikut, dan lainnya bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung perkembangan dan kebijakan masing-masing toko. Untuk itu, jangan lupa kunjungi kembali toko yang bersangkutan untuk melihat update terbaru dari mereka.

Gambar illustrasi: pixabay/3770553



EmoticonEmoticon