Sabtu, 14 Agustus 2021

Cara Mengganti Alamat Blogspot dan Tips Aman Mengubah Alamat Blog

Ada banyak alasan kenapa seseorang ingin mengganti alamat blog mereka. Diantara alasan itu seperti misalnya karena alamat blog yang kepanjangan, susah diingat, tidak cocok dengan nama atau tema blog, agar lebih professional, dan berbagai alasan lain. Mengganti nama blog akan membuat kita merasa puas dan percaya diri karena alamat blog sudah sesuai dengan yang kita inginkan. Bisa jadi, performa blog kita juga akan lebih bagus dan lebih dikenal dibanding memakai alamat sebelumnya.

Kita bisa mengganti alamat blog secara gratis di blogspot. Dengan kata lain, alamat yang kita ganti masih dalam bentuk domain blogspot. Jika ingin mengganti alamat blog dengan domain custom seperti .com atau co.id, maka kita perlu membeli domain terlebih dahulu di perusahaan hosting atau registrar domain seperti misalnya Niagahoster.

Untuk cara membeli domain custom dan cara menggantinya akan kita bahas di artikel lain. Kali ini kita akan membahas mengenai cara mengganti alamat blogspot secara gratis di blogspot. Berikut langkah-langkah mudah yang bisa teman-teman ikuti.

Cara Mengganti Alamat Blog

Pertama, di beranda edit silahkan klik bagian setelan yang berada di bagian bawah.



Kedua, cari setelan “memublikasikan” lalu klik bagian alamat blog.

Ketiga, silahkan ganti alamat blog lama dengan alamat blog baru yang kamu inginkan. Jangan kaget jika alamat domain baru tidak bisa disimpan dan muncul tulisan ‘nama subdomain tidak tersedia’. Itu artinya alamat yang kamu masukkan sudah digunakan orang lain. Alhasil, kamu perlu mencari alamat lain yang tersedia atau belum digunakan orang lain.

Setelah menemukan alamat yang tersedia dan cocok dengan yang kita inginkan, maka silahkan klik simpan. Selamat, kamu sudah berhasil mengganti alamat blog.

Dampak Negatif Mengubah Alamat Blog

Mengganti alamat blog di blogspot tidaklah sulit, hanya saja kita perlu tau bahwa akan ada beberapa dampak negativ mengganti nama blog untuk performa blog kita. Tidak peduli apakah kita mengganti alamat dengan domain blospot atau mengganti alamat blog dengan menggunakan domain custom.

Mengganti alamat blog seperti melahirkan blog baru, sama seperti kita pertama kali membuat blog. Ini berarti blog kita, termasuk juga artikel-artikel yang sudah terbit jauh sebelumnya tidak akan ditemukan di mesin pencarian karena blog atau artikel dengan alamat baru sama sekali belum terindex.

Jika sebelumnya artikel kita selalu bertengger di nomor 1, maka jangan kaget artikel itu bergeser atau bahkan menghilang sama sekali di hasil pencarian Google. Selain itu, mengganti alamat blog juga otomatis mempengaruhi link blog yang pernah kita tanamkan di dalam artikel sendiri ataupun di blog orang lain. Disaat seseorang mengklik artikel dengan alamat link blog yang lama, maka yang keluar adalah informasi bahwa blog itu sudah dihapus atau diganti.   

Ini berarti mengganti alamat blog akan mengurangi traffic atau pageview blog. Tidak jarang banyak blogger yang tidak memiliki pengunjung sama sekali setelah mengganti alamat blog. Kita perlu waktu yang lama lagi untuk membuat artikel terbaca google sehingga traffic yang pernah kita dapatkan sebelumnya bisa kembali. Itulah alasan kenapa seseorang yang sudah memiliki pengunjung yang bagus akan berpikir dua kali untuk mengganti alamat blog mereka. Meski begitu, sebenarnya kita masih memiliki cara agar pengunjung tetap aman meski kita baru saja mengganti alamat blog. Silahkan lanjutkan membaca artikel ini.  

Tips Aman Mengubah Alamat Blog

Ada beberapa tips aman mengubah alamat blog. Setelah mengganti alamat, kamu bisa langsung mendaftarkan kembali alamat blog barumu di Google Search Console yang dulu kita kenal sebagai Google Web Master. Setelah alamat blog berhasil ditambahkan, maka kita bisa langsung Inspeksi Url dengan cara submit setiap link artikel di Google Search Console agar bisa terindex kembali oleh mesin pencari. Jangan lupa juga mengirimkan peta situs agar blog kita secara rutin dirayap oleh mesin pencari Google.

Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mensetup 301 Redirect. 301 Redirect akan membuat mesin pencari mengalihkan atau mengarahkan pengguna ke alamat blog yang baru meski mereka menggunakan alamat yang lama di mesin pencarian. Dengan begitu, mengganti alamat blog tidak akan berpengaruh signifikan terhadap performa blog. Kita bisa mendapatkan pengunjung kita kembali dengan cepat seperti halnya sebelum mengubah alamat blog. Sekian dulu informasi mengenai cara mengganti alamat blogspot, semoga informasi ini berguna.

   


This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon