Rabu, 09 Februari 2022

Ini Dia, Keunggulan Aplikasi WhatsApp yang Membuat Pengguna Semakin Betah

 

WhatsApp hingga saat ini masih menjadi alat komunikasi paling populer di abad ini. Hampir sebagian besar pengguna Android memiliki aplikasi ini di handphone mereka. Kamu yang membaca artikel ini mungkin termasuk salah satu orang di dalamnya. Seperti yang tertera di profil aplikasinya, WhatsApp setidaknya sudah digunakan oleh lebih dari 2 miliar orang di lebih dari 180 negara. Kepopuleran WhatsApp tak lain dan tak bukan adalah karena kenyamanan dan kemudahan yang dirasakan para pengguna saat menggunakannya.

WhatsApp begitu sederhana, reliable, dan privat, sesuai dengan moto mereka. Selain itu, aplikasi yang diciptakan oleh Jan Koum dan Brlan Acton di tahun 2009 ini memiliki banyak fitur untuk mendukung komunikasi. Berikut beberapa keunggulan aplikasi WhatsApp yang membuat WhatsApp menjadi aplikasi telekomunikasi paling diminati saat ini.

Panggilan video dengan Banyak Pengguna Sekaligus

Selain panggilan suara tentunya, aplikasi WhatsApp juga memiliki fitur melakukan panggilan video dengan kulitas tinggi. Panggilan video memungkinkan kita untuk bisa melihat wajah lawan bicara. Jadi, sangat berguna bagi pengguna yang ingin melepas rindu dengan keluarga atau teman-teman mereka disaat mereka tidak bisa bertemu secara langsung. Dulu seingat saya, panggilan video hanya bisa dilakukan oleh 2 orang, namun saat ini panggilan video bisa dilakukan banyak orang sekaligus dalam satu frame.

Tak hanya itu, di fitur terbarunya yang mulai dirilis sejak 9 Juli 2021, pengguna bisa bergabung ke grup video call, meskipun obrolannya telah dimulai. Sederhananya, saat kamu melewatkan panggilan video grup apakah karena lagi ada kesibukan atau karena tidak tau, maka kamu tetap bisa bergabung kapan saja selagi panggilan video grup tersebut masih berlangsung.

Saat kamu melewatkan panggilan video grup, di menu panggilan akan terdapat panggilan video yang tengah berlangsung berikut siapa nama-nama yang bergabung di panggilan tersebut. Disampingnya juga akan terdapat icon berwarna hijau yang menunjukkan panggilan video sedang aktif, dan tombol ‘gabung’. Nah, jika kamu ingin bergabung, maka kamu tinggal klik tulisan gabung, maka akan langsung bergabung dalam panggilan video grup tersebut. Dengan begitu, lawan bicara ataupun kita sendiri tidak perlu repot-repot menelpon ulang saat kita ingin bergabung. Jika di WhatsApp yang kamu gunakan saat ini belum mendukung panggilan video seperti ini, maka kamu bisa melakukan update versi terbarunya.

Keamanan Data dan Privasi

Keunggulan Aplikasi WhatsApp lainnya adalah keamanan privasi. Satu hal penting yang diinginkan pengguna saat menggunakan sebuah aplikasi telekomunikasi adalah keamanan komunikasi. WhatsApp sendiri memiliki prioritas untuk menjaga privasi masing-masing pengguna dan berkomitmen untuk menjaga akun agar tetap aman. 

WhatsApp memiliki sistem enkripsi end-to-end, dimana pesan dan panggilan hanya diketahui oleh pengirim dan penerima pesan. Dengan kata lain, tidak ada yang dapat membaca atau mendengarkan isinya, bahkan dari pihak WhatsApp sendiri. Hal ini disebabkan karena dengan enskripsi end-to-end, pesan diamankan dengan kunci. Hanya kita dan penerima pesan saja yang memiliki kunci untuk membaca atau mendengarkan pesan tersebut.

Selain itu, setiap pengguna bebas mengendalikan privasi mereka sendiri dengan berbagai fitur keamanan privasi, seperti misalnya mengunci akun (mengaktifkan Touch ID, Face ID, atau kunci sidik jari), melakukan verifikasi dua langkah, mengatur laporan dibaca, mengatur pemberitahuan “terakhir dilihat”, mengatur privasi foto profil, mengatur privasi status, mengatur setelan privasi grup, memblokir pengguna, hingga melaporkan spam. Semua itu sangat berguna untuk menjaga keamanan dan privasi pengguna saat menggunakan WhatsApp.

Gratis dan Bebas Iklan

Seperti yang kita tau, WhatsApp bisa digunakan siapa saja secara gratis dan hanya membutuhkan internet. Kita tinggal mengunduhnya di PlayStore dan sudah langsung bisa digunakan. Meski begitu, ada juga jenis WhatsApp yang berbayar yaitu WhatsApp API. WhatsApp API merupakan jenis WhatsApp yang diperuntukkan untuk pengusaha-pengusaha besar. Jika hanya sekedar sebagai alat komunikasi dengan teman atau saudara, maka kita bisa menggunakan WhatsApp Messenger, atau juga bisa WhatsApp bussines untuk kamu yang memiliki bisnis kecil. Keduanya sama-sama bisa digunakan secara gratis.  

Selain gratis, keunggulan lain yang membuat pengguna betah dengan WhatsApp adalah karena aplikasi ini bebas iklan. Keberadaan iklan disuatu aplikasi sebenarnya tidak masalah jika tidak menganggu. Justru iklan bisa sebagai salah satu sumber keuntungan bagi pengelola untuk bisa terus mengembangkan aplikasi. Tetapi, jika iklan terus muncul dan bahkan mengganggu saat digunakan, maka pengguna pasti akan merasa kesal dan tidak nyaman, sehingga mereka lebih memilih untuk berpindah ke aplikasi lain yang lebih baik. Nah, di WhatsApp kamu tidak akan menemukan iklan, game, ataupun gimik lain yang mengganggu, sehingga pengguna bisa dengan nyaman berkomunikasi dengan keluarga, sahabat ataupun kolega bisnis.

UI yang User Friendly

Disamping bebas iklan mengganggu, WhatsApp juga memiliki tampilan UI atau User Interface yang sangat mendukung sebagai media komunikasi. Tata letak desain menu yang simple, ringkas, dan mudah digunakan. Pertama kali aplikasi dibuka, kamu hanya akan melihat 3 menu utama yaitu, Chat, Status, dan Panggilan. Dengan tampilan itu, pengguna baru tidak akan kebingungan saat menggunakannya, bahkan orang yang pertama kali menggunakan WhatsApp akan langsung mengerti fungsi dari ketiga menu tersebut tanpa harus belajar terlebih dahulu. 

Di bagian atas juga terdapat ikon titik tiga yang berisi tentang membuat grup dan berbagai macam pengaturan dan setelan pada akun WhatsApp. Selain gampang digunangkan, yang lebih penting adalah aplikasi WhatssApp sangat responsive. Dengan kata lain, WhatsApp adalah aplikasi yang ringan dan tidak lemot, sehingga komunikasi bisa semakin lancar.  

Membuat Grup dengan mudah

Komunikasi semakin menarik saat kita bisa mengobrol, berdiskusi, dan berbagi informasi dengan banyak orang sekaligus di dalam satu grup. Di WhatsApp, kita bisa membuat grup dengan begitu mudah. Grup sekolah, grup teman alumni, grup teman nongkrong, grup sekolah, grup ibuk senam, grup keluarga, grup pekerjaan, dan berbagai jenis grup lainnya. Saat ini,dalam satu grup whatsApp bisa memuat hingga 256 orang anggota. Sudah termasuk grup besar menurut saya jika sekedar untuk berdiskusi, berbagi informasi atau menjaga silaturrahmi. Bahkan, banyak grup yang anggotanya tidak sampai  di batas tersebut.

Kamu bisa membuat grupmu sendiri lalu mengajak orang yang kamu inginkan untuk bergabung menjadi anggota. Jika begitu, kamu sebagai admin grup bisa mengontrol perkembangan grup yang kamu buat. Selain menjadi admin, kamu juga bisa bergabung menjadi anggota di berbagai grup tertentu, seperti misalnya kamu lagi membutuhkan pekerjaan, maka kamu bisa bergabung di grup lowongan kerja. Dengan bergabung, kamu bisa mendapatkan banyak informasi lowongan pekerjaan yang di share oleh anggota yang lain.

Membuat Status

Yang membuat WhatsApp semakin menarik adalah fitur untuk membuat status. Fitur ini diluncurkan di tahun 2017 silam bertepatan dengan ulang tahunnya yang kedelapan. Dengan fitur ini, kamu bisa membagikan status tulisan, informasi, momen foto maupun video dimana nantinya status kamu bisa dilihat oleh kontakmu di WhatsApp. Meski begitu, kamu tetap bisa mengontrol siapa saja yang bisa melihat statusmu di pengaturan privasi status. Selain membuat status, kamu juga bisa melihat status yang dibagikan orang lain. Status yang dibuat akan bertahan hingga 24 jam, lalu menghilang secara otomatis.

Selain poin-poin tersebut, mungkin ada beberapa fitur dan keunggulan Aplikasi WhatsApp yang tidak sempat disebutkan. Seiring berjalannya waktu, fitur dan keunggulan WhatsApp akan terus bertambah. Kami akan membuat artikel khusus fitur terbaru WhatsApp, jadi jangan lupa lihat lihat artikel terbaru tentang WhatsApp di blog ini ya.
 



EmoticonEmoticon