Minggu, 21 Agustus 2022

Mengenal Fitur People Nearby di Telegram

 

Kebanyakan aplikasi perpesanan instan atau chatting memiliki fitur people nearby. Diantara aplikasi yang memiliki fitur ini seperti misalnya Instagram, Line, MiChat, dan juga Telegram. Di Telegram, kita bisa menemukan fitur ini di menu yang ada di ikon tiga garis yang ada di pojok kanan atas halaman utama Telegram. Lalu, apa sebenarnya fitur people nearby ini?

Sesuai namanya, people nearby merupakan fitur yang berguna untuk menemukan teman yang ada disekitar kita. Dengan kata lain, jika kita membuka fitur ini, maka kita akan bisa menemukan teman baru di Telegram yang lokasinya tidak begitu jauh dari lokasi kita. Di people nearby, kita bisa melihat kontak seseorang dan bahkan bisa langsung melakukan chat atau panggilan. Tidak hanya kontak pribadi, kita juga bisa menemukan grup telegram. Kontak dan grup diurutkan berdasarkan jarak lokasi terdekat dengan kita.        

Cara Mengaktifkan People Nearby

Mengaktifkan berarti membuat diri kita bergabung dalam people nearby, dimana akun kita akan ditemukan orang lain saat mereka membuka fitur ini. Perlu diketahui bahwa kita tetap bisa menemukan orang lain meskipun kita tidak mengaktifkan fitur ini. Tapi, jika kita juga ingin ditemukan orang lain, maka cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut.

Klik ikon tiga baris yang ada di pojok kanan atas halaman utama Telegram.

Pilih Fitur People Nearby yang berada di bagian bawah. Lalu, setujui akses kontak.

Kita akan melihat banyak kontak dan juga grup telegram. Jika kita ingin memilih akun untuk teman baru, maka tinggal klik saja profil mereka lalu kita bisa mengirim pesan atau bahkan menelpon.

klik “Make Myself visible” yang terletak dibagian atas akun-akun yang muncul. Dengan memilih Make Myself Visible, maka kita juga akan bergabung ke dalam people nearby dan bisa ditemukan oleh orang lain saat membuka fitur ini.

Nah, cara mengaktifkan fitur ini sangat mudah ya teman-teman. Jika ingin menonaktifkan kembali, maka tinggal klik “Stop Showing Me”, sehingga akun kita tidak akan muncul lagi saat orang lain menggunakan fitur ini.

Kelemahan People Nearby

Saat kita mengaktifkan opsi “Make Myself Visible”, maka disaat itu kita akan tergabung ke dalam people nearby, dimana orang lain bisa dengan mudah menemukan dan melakukan chat atau panggilan dengan kita. Resiko pertama yang mungkin akan kita rasakan adalah mendapatkan chat atau panggilan dari orang yang tidak kita kenal. Ya, mengaktifkan people nearby artinya memberikan izin kepada siapa saja untuk melakukan kontak, apakah itu sekedar chat atau bahkan melakukan panggilan. Bagi sebagian orang, ini sangatlah tidak nyaman karena mereka merasa kehilangan privasi mereka. Tapi, jika kita memang memiliki niat agar mendapatkan teman baru meskipun tidak dikenal maka seharusnya resiko ini tidak menjadi masalah.

Lalu, resiko lainnya adalah bisa digunakan oleh pengguna yang berniat jahat seperti menguntit, menipu, merampok, atau bahkan untuk melakukan kejahatan seksual. Hal ini disebabkan karena mereka bisa mengetahui lokasi kita. Meskipun sejatinya lokasi tepatnya tidak tercantum (hanya dengan skala radius seperti 500 m atau 1 km), namun bagi orang yang ahli seperti hacker akan bisa dengan mudah melacak lokasi persisnya.

Jika kita tidak mengaktifkan people nearby kita alias tidak mengaktifkan opsi “Make Myself Visible” maka kelemahan ini mungkin tidak akan kita dapatkan karena akun profil kita tidak akan terlihat saat orang lain membuka fitur people nearby. Jadi, kembali kepada diri kita sendiri. Jika kita ingin ditemukan orang lain, maka jangan lupa untuk mengaktifkan people nearby. Tetapi jika hanya ingin menemukan orang lain, maka kita tidak perlu membuat diri kita terlihat di people nearby karena kita masih bisa dengan mudah menemukan teman di people nearby tanpa harus mengaktifkan “Make Myself visible”





EmoticonEmoticon