Rabu, 25 Agustus 2021

Cara Mengindex Artikel di Google Search Console Agar Cepat ditemukan di Mesin Pencari

 

Pada dasarnya, artikel yang kita publish di blogger akan diindex otomatis oleh google dalam kurun waktu tertentu. Bisa jadi 2 hari, 1 minggu, 1 bulan atau bahkan sampai berbulan-bulan tergantung pada berbagai faktor seperti kualitas konten yang kita buat, umur blog, atau banyaknya saingan konten serupa. Tak sedikit blogger pemula mengeluh kalau artikel yang mereka buat lama sekali muncul di mesin pencari, jikapun muncul hanya bertengger di halaman paling belakang.

Untuk itu, kita perlu mulai melakukan berbagai upaya agar artikel kita lebih cepat terindeks oleh Google, sehingga artikel bisa ditemukan lebih cepat dan berada diurutan teratas mesin pencari. Salah satu cara sederhana dan sangat mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan tool gratis dari Google yaitu Google Search Console.

Google Search Console merupakan tool google yang sangat berguna untuk menunjang performa blog. Fungsinya yang paling dikenal adalah untuk mengindeks atau mendeteksi keberadaan sebuah blog agar lebih cepat ditemukan di mesin pencari. Tidak hanya sekedar itu, Google Search Console memiliki banyak manfaat lainnya seperti membantu menemukan keyword atau kata kunci yang efektif untuk digunakan di konten, mengetahui darimana datangnya pengunjung sehingga bisa menentukan tindakan yang lebih efektif untuk menjangkau pengunjung, mendeteksi masalah ataupun broken link yang terjadi di website, dan berbagai manfaat lainnya.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan semua manfaat dari Google Search Console?

Pertama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke Google Search Console menggunakan alamat email. Setelah itu, baru kamu bisa mendaftarkan blogmu yang ingin diindex oleh Google. Caranya adalah dengan mengklik tombol “Tambahkan Properti” di Pojok kiri atas di dashboard google Search Console. 




Kedua, akan keluar tampilan seperti dibawah ini. Kamu bisa memilih type property yang diinginkan, baik itu domain atau URL prefix. Jika memilih domain, masukkan nama domain tanpa url dan menggunakan URL jika memilih URL prefix. Lanjutkan hingga berhasil terverifikasi.


Ketiga, Setelah sukses menambahkan blog, maka kamu bisa langsung meminta google mengindeks blog. Caranya adalah dengan mengindeks setiap artikel baru yang kamu publish. Masukkan url artikel di kolom submit bagian atas dashboard.


Keempat, akan keluar peringatan bahwa Url tersebut tidak ada digoogle. Klik “Minta Pengindeksan” dan tunggu hingga proses selesai.

Nah, sekarang kamu sudah berhasil mengirim permintaan pengindeksan ke google Search Console. Tinggal menunggu artikel blogmu terindex dan bisa muncul di halaman pencarian google. Kamu bisa melakukan hal yang sama setiap mempublish artikel baru. Semoga informasi ini berguna.





EmoticonEmoticon