Rabu, 08 September 2021

Aplikasi Editing Video Di Android Yang Perlu Diketahui Creator Video dan Youtuber Pemula

Creator video menjadi kegiatan atau pekerjaan yang banyak digandrungi saat ini karena semakin maraknya orang yang mencari hiburan dengan menonton video di berbagai media social, seperti twitter, instagram, dailymotion, dan terlebih youtube.

Salah satu tugas penting creator video,termasuk youtuber adalah membuat video semenarik mungkin agar enak ditonton, sehingga pengunjung atau pengikut mereka akan semakin banyak. Untuk menciptakan video yang bagus dan menarik, kamu memerlukan aplikasi yang bisa membantu kamu mengedit video.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang mempermudah dalam pengeditan, baik itu untuk menambahkan efek, stiker, musik, resolusi, transisi, dan berbagai fitur berguna lainnya sehingga kamu tidak perlu galau lagi memikirkan cara edit video kamu.

 Menariknya lagi, kamu bisa mendapatkan semua fitur itu secara gratis. Kamu hanya perlu mendwonload aplikasinya baik di google playstore atau di media lainnya setelah itu bisa digunakan untuk pengeditan. Nah, tanpa basa-basi, berikut beberapa aplikasi editing video di android gratis yang bisa digunakan oleh creator video atau youtuber pemula.

Aplikasi InShot

Kata yang tepat untuk menggambarkan aplikasi ini adalah “ringan dan simple”. Ya, ini adalah salah satu aplikasi edit video favorit saya karena mudah digunakan dan tidak memakan banyak memori. Selain itu, iklan di aplikasi ini juga tidak menganggu sama sekali sehingga kita lebih nyaman dalam mengedit.


Fitur gratis yang tersedia di aplikasi ini diantaranya adalah:

  • Kanvas, dimana kamu bisa memilih bentuk layar/kanvas video
  • Musik, dimana kamu bisa memasukkan music kedalam video, apakah memakai music yang disediakan InShot atau memasukkan musikmu sendiri. Di tool ini juga disediakan efek dan merekam audio.
  • Stiker, dimana kamu bisa memasukkan GIF dan stiker dalam videomu.
  • Teks. Untuk membuat kata-kata dalam video
  • Split video dimana kamu bisa membagi video menjadi beberapa klip
  • Latar Belakang, dimana kamu bisa menentukan latar belakang video. Tersedia latar belakang buram, variasi warna, gradient dan pola.
  • Kecepatan, dimana kamu bisa mempercepat atau memperlambat kecepatan videomu. Kamu bisa mengontrol kecepatan dari 0,2 x hingga 100 x.
  • Volume, dimana kamu bisa mengontrol volume asli video, apakah ingin volume keras atau bahkan disenyapkan.
  • Dan beberapa fitur lain seperti duplikat video, membalikkan video, putar posisi video.

Kamu bisa langsung memperlajari cara kerja masing-masing fitur yang disediakan di InShot. Jika bingung, InShot juga menyediakan menu Q&A dimana isinya adalah cara kerja masing-masing tool disertai gambar sehingga gampang diterapkan.

Disini juga tersedia beberapa jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan pengguna. Dengan fitur gratis yang lengkap di atas kamu sudah bisa menciptakan video keren sesuai yang kamu inginkan. Tapi, jika kamu ingin fitur yang lebih banyak, kamu bisa menggunakan InShot Pro yaitu fitur berbayar, dimana kamu diberikan transisi, efek,stiker, logo yang lebih banyak dan pastinya tidak ada iklan.

Aplikasi Kinemaster

Selain InShot, aplikasi edit video lain yang populer adalah Kinemaster. Kinemaster bisa digambarkan dengan satu kata “professional”. Kinemaster memang menjadi pilihan banyak creator video profesional untuk menciptakan video yang bagus dan hasil yang lebih professional.

Sama halnya dengan InShot, Kinemaster juga memiliki segudang fitur untuk videomu. Secara garis besar, fitur fitur tersebut sebagian besar juga dimiliki aplikasi edit video pada umumnya, namun keunggulannya adalah fiturnya lebih banyak dan juga tidak begitu ribet diaplikasikan. Untuk selengakapnya, berikut gambaran fitur yang bisa kamu gunakan di Kinemaster.

  • Rasio video. Kamu bisa memilih jenis rasio yang cocok digunakan untuk video. Rasio yang tersedia adalah 16:9  yang bisa digunakan untuk youtube, 9 : 16 untuk story Instagram ataupun WhatsApp, dan 1:1 untuk feed Instagram ataupun jenis media social lain yang sekiranya cocok untuk diterapkan.
  • Layer. Menu layer tersedia berbagai tool seperti tool handwriting untuk memasukkan tulisan tangan atau goresan yang diinginkan. Tool text untuk memasukkan tulisan. Tool effect tersedia basic effects blur yaitu Gaussiam Blur dan Mosaic. Dan Overlay, berisi basic stiker dan emoticon yang bisa kita pilih.  
  • Audio. Sesuai namanya, di tool ini kamu bisa menambahkan audio music ataupun hasil rekaman ke dalam video.
  • Voice. Ini adalah menu untuk memasukkan rekaman suara secara langsung.
  • Memotret atau merekam langsung. Selain menggunakan media video yang sudah ada, kamu juga bisa langsung mengambil foto atau video untuk diedit. Ada menu shutter berwarna merah di tengah-tengah menu lainnya, saat kamu klik akan tampil opsi camera atau camcorder.
  • Juga ada fitur transition effect, trim, move, dan split untuk memangkas, memotong, ataupun memindahkan video.
  • Itu dia fitur-fitur yang tersedia di Kinemaster. Silahkan dibuka aplikasinya dan mulai belajar untuk mengaplikasikan masing-masing fitur yang ada.  

Aplikasi FilmoraGo

Satu lagi Aplikasi editing video yang cukup populer yaitu FilmoraGo, yang tersedia juga dalam versi destop dengan nama Filmora. Software pengeditan video yang dimiliki oleh Wondershare Technology Co., ini dirancang sebagai video maker untuk platform Youtube dan juga Tiktok.  Seperti halnya InShot, FilmoraGo juga memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dipelajari. Berikut fitur yang bisa kamu ditemukan di Aplikasi ini.


  • Musik. Hampir sama dengan aplikasi edit video kebanyakan, FilmoraGo juga memiliki fitur music untuk memasukkan music ke dalam video. Diketahui, aplikasi ini memiliki lebih dari 1000 musik. Kamu juga bisa merekam suara dan menambahkannya ke dalam video.
  • Stiker dan Efek. Aplikasi FilmoraGo mengklaim memiliki lebih dari 5000 stiker dan template premium. Kamu bisa memilih stiker yang sesuai untuk videomu. Sementara untuk efek, terdapat berbagai macam efek transisi video dan juga efek suara yang bisa dicoba.
  • Pangkas dan Gabung Video. Filmorago juga dilengkapi dengan fitur Pangkas, potong, dan juga menyambung video. Fitur ini sangat berguna untuk memilah bagian video yang perlu dibuang. Kamu juga bisa menggabungkan beberapa klip video menjadi satu.
  • Kontrol kecepatan. Fitur yang sangat penting ini juga dimiliki oleh aplikasi FilmoraGo. Kamu bisa mengontrol kecepatan video, apakah ingin dipercepat atau diperlambat.

Nah, kamu bisa mencoba salah satu aplikasi video tersebut dan hasilnya bisa langsung di share di media social yang kamu inginkan, apakah itu Tiktok, Instagram, dan terlebih Youtube dengan kualitas HD. Membuat video yang menarik menjadi sangat gampang, bukan?

Selain 3 aplikasi tersebut, masih ada beberapa aplikasi editing video di android yang tak kalah bagus lainnya yang tidak sempat dimasukkan dalam artikel ini. Jika kamu memiliki rekomendasi lain, jangan sungkan untuk berkomentar ya !  




EmoticonEmoticon