Minggu, 27 Februari 2022

3 Jenis WhatsApp Resmi yang Perlu Kamu Tau

Seperti yang kamu tau, whatsApp adalah aplikasi komunikasi yang hampir dimiliki setiap pengguna di ponsel pintar mereka. WhatsApp memungkinkan pengguna bisa berkomunikasi dengan begitu mudah tanpa ada gangguan. Dengan berbagai fitur unggulannya, tidak heran jika whatsApp mampu mengalahkan banyak aplikasi telekomunikasi yang pernah ada sebelumnya. 

Dalam perkembangannya, wa meluncurkan 3 jenis produk whatsApp yang berbeda. WhatsApp yang dipakai untuk sekedar komunikasi adalah whatsApp messenger, lalu ada whatsApp business yang diperuntukkan untuk bisnis kecil, dan yang terakhir adalah whatsApp API untuk bisnis menengah dan besar. Lebih lengkapnya, berikut penjelasan untuk masing-masing jenis wa resmi tersebut. 

WhatsApp Messenger

WhatsApp Messenger adalah whatsApp yang kebanyakan kita gunakan. Sesuai namanya, Wa ini memiliki fungsi utama untuk berkomunikasi atau berkirim pesan. Sempat disinggung juga bahwa Wa Messenger memiliki banyak fitur unggulan agar komunikasi semakin gampang, lancar dan nyaman. 

Beberapa fitur yang dimiliki oleh Wa Messenger adalah panggilan video dan panggilan biasa, membuat atau berkomunikasi di grup, membuat status, mengirim foto atau video, voice note, dan berbagai fitur lainnya. Yang pasti, Wa Messenger adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin aplikasi komunikasi yang nyaman dan gratis tentunya. 

WhatsApp Business

Wa busines merupakan Wa yang diperuntukkan untuk pengusaha atau pebisnis kecil layaknya UMKM. Sesuai namanya, jenis Wa yang diluncurkan tahun 2017 ini bisa mempermudah pengguna untuk terhubung dan berkomunikasi lancar dengan pelanggan dan juga untuk mempromosikan produk atau layanan yang mereka punya.

Hampir sama dengan wa biasa atau messenger, wa bisnis juga memiliki fitur chat, obrolan grup, video call, status, dan beberapa fitur lain yang ada di Wa messenger. Perbedaannya adalah, wa bussines memiliki fitur tambahan penunjang bisnis yang tidak dimiliki oleh wa messenger. Fitur tersebut diantaranya adalah;

Pertama, profil bisnis. Seperti yang kita tau, di wa biasa kita hanya bisa memasukkan foto, nama, pesan info, dan info nomor telepon. Di wa bisnis, kamu tidak hanya bisa memasukkan ketiga poin tersebut, tetapi bisa memasukkan profil bisnis seperti misalnya nama bisnis atau usaha, deskripsi singkat tentang usaha, jam buka, alamat, hingga alamat web toko online jika ada. Dengan begitu, calon pelanggan atau konsumen bisa dengan mudah mendapatkan informasi dasar mengenai bisnis yang sedang kamu kelola.

Kedua, fitur pesan otomatis atau auto reply. Fitur pesan otomatis dimaksudkan agar pengguna bisa membalas pesan pelanggan secara otomatis, sehingga pengguna tetap bisa menanggapi pesan dari pelanggan meski sedang sibuk atau tidak melihat ponsel. Pesan otomatis biasanya berisi informasi secara umum untuk semua orang, seperti misalnya pesan sambutan ataupun berisi informasi toko sedang buka, istirahat, atau sedang tutup. Sebagai contoh, "Selamat datang di Tyas Flower Shop. Saat ini toko sedang tutup istirahat, mohon hubungi lagi jam 13.00. Trimkasih sudah menghubungi kami." Atau "Selamat datang di Tyas Flower Shop. Ini adalah pesan otomatis, pesanmu akan segera dibalas secepatnya. Trimkasih" Dan berbagai pesan lain sesuai kebutuhan kamu.

Selain pesan otomatis, whatsapp business juga memiliki quick replies, yaitu draft pesan yang sudah tersedia dan tinggal diklik untuk menjawab pertanyaan pelanggan. Dengan begitu, pesan dari pelanggan bisa dijawab lebih cepat. Quick replies seperti misalnya, “Hi, selamat datang. Ada yang bisa kami bantu? " "Silahkan lihat-lihat produk di katalog, ya" Atau " Trimkasih sudah memesan! " Atau bisa juga berisi file harga, video promosi, dan berbagai pesan lain yang mungkin bisa membantumu membalas lebih cepat.

Ketiga, katalog. Whatsapp Business juga memiliki fitur katalog. Katalog berisi foto-foto produk beserta deskripsi produk seperti harga, warna, ataupun ukuran, yang ditawarkan sehingga bisa mempermudah pelanggan memilih produk yang sesuai. Kamu bisa memajang hingga 500 foto produk di katalog. Untuk menarik pelanggan, bikinlah katalog yang rapi, foto yang jelas, serta deskripsi yang lengkap.

Selain itu, WhatsApp business juga memiliki fitur dimana kamu bisa menggunakan nomor telepon rumah atau telepon kantor, pengkategorian label untuk pesan, dan beberapa fitur lain. Dengan fitur-fitur tersebut, komunikasi bisnis antara pengguna dengan klien atau pelanggan mereka akan lebih lancar. Lebih menarik lagi, meskipun untuk bisnis, penggunaan whatsaap bussines masih gratis sehingga akan sangat membantu bagi pebisnis kecil atau UMKM. 

WhatsApp API ( Aplication Programming Interface

Satu tahu setelah diluncurkannya whatsaap business, WhatsApp juga mengelurkan whatsapp API. Jika whatsApp bisnis ditujukan untuk pebisnis kecil, maka whatsApp API ditujukan untuk pebisnis skala sedang dan besar. Sesuai namanya, API merupakan sebuah Aplikasi program antarmuka. API (Application Programming Interface) menjadi alat hubung antar aplikasi atau sistem operasi agar lebih mudah akses data. Dengan kata lain, API tidak seperti whatsApp bisnis ataupun whatsApp masenger yang berdiri sendiri, melainkan API perlu diintegrasikan ke aplikasi sistem manajemen bisnis lain seperti CRM, sistem contact center, atau sistem pelayanan pelanggan.

Karena itu, untuk mengakses API tidak segampang mengakses whatsapp mesenger ataupun whatsApp business dimana kamu hanya perlu dwonload, daftar, dan langsung bisa digunakan. Untuk menggunakan API diperlukan tim pengembang internal terlatih untuk mengakses dan menafsirkan API, atau jika ingin yang lebih gampang, opsi lainnya adalah berkerjasama dengan pihak penyedia eksternal yang telah resmi menjadi partner WhatsApp untuk whatsApp business api sehingga penyedia ini yang akan membantu Anda dalam mengakses API. 

Karena ini benar benar diperuntukkan untuk bisnis yang besar, maka ada beberapa fitur di whats app biasa yang tidak ada di api, seperti misalnya tidak bisa untuk panggilan suara atau video kecuali voice note, tidak bisa membuat status, tidak bisa membuat grup chat, dan tidak bisa forward ataupun reply pesan. Akan tetapi, ada banyak fitur untuk menunjang bisnis skala besar seperti misalnya mengirim pesan blast, satu nomor bisa dipakai banyak admin, akun selalu aktif selama nomor aktif meskipun sedang offline, bisa integrasi dengan aplikasi lain, penyimpanan nomor dan nama secara otomatis, menyinkronkan dan menyimpan riwayat chat, memiliki dashboard terpusat untuk komunikasi tim bersama, dan berbagai fitur lain yang terintegrasi dengan sistem terkait. 

Itu dia 3 jenis produk WhatsApp resmi. Kamu mungkin heran, karena saat ini ada banyak bermunculan jenis-jenis whastApp. Memang, Saat ini, ada banyak bermunculan whatsApp mofikasi atau yang biasa disebut juga sebagai whatsApp Mod. WhatsApp Mod ini dibuat oleh pihak ketiga diluar whatsApp sehingga bisa disebut sebagai aplikasi ilegal. Beberapa whatsApp Mod tersebut seperti misalnya Wa GB, Aero Wa, YoWa, SoulaWa, dan beberapa jenis lainnya. Pihak whatsApp sendiri tidak menyarankan bahkan melarang penggunaan Wa Mod ini. Selain itu, menggunakan aplikasi tidak resmi beresiko membahayakan data dan privasi pengguna. Wa Mod akan dibahas di lain artikel, silahkan kunjungi. Semoga informasi ini bermanfaat.






EmoticonEmoticon