Rabu, 02 Maret 2022

Mengenal WhatsApp GB, dan Beberapa Jenis WhatsApp Mod Lainnya

Di lain kesempatan kita pernah berbicara mengenai jenis WhatsApp resmi, yaitu Wa Mesenger, Wa Business, dan API. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi tautan ini jenis-jenisWhastApp resmi. Nah, selain 3 nama tersebut, kamu mungkin menemukan banyak jenis WhatsApp lain. Yah, saat ini memang banyak sekali bermunculan jenis WhatsApp yang berbeda. Sebut saja Wa GB, Aero Wa, YoWa, dan beberapa nama lain. Wa GB dan teman-temannya ini termasuk ke dalam jenis Wa Mod atau Wa modifikasi. Wa Mod adalah Wa yang dibuat atau dikembangkan oleh pihak ketiga diluar WhatsApp tapi bisa digunakan untuk komunikasi dengan wa resmi. Dengan kata lain, Wa Mod ini bukanlah Wa resmi dan bersifat ilegal.

Meski bukan Wa resmi, Wa Mod ternyata cukup populer dan memiliki banyak pengguna. Hal ini disebabkan karena Wa Mod memiliki beberapa fitur lebih lengkap dibandingkan dengan Wa asli. Beberapa fitur yang menjadi daya tarik tersebut adalah bisa mengubah latar belakang atau tema, menghilangkan tanda “online”, menyediakan lebih banyak emoji dan stiker, mendwonload status, mengirim file ukuran besar, melihat pesan atau status yang sudah dihapus, dan beberapa fitur lain yang tidak dimiliki Wa resmi. Sehingga tidak heran jika orang-orang banyak yang menggunakan Wa Mod.

WhatsApp GB

Wa Gb adalah jenis Wa Mod paling populer, bahkan sempat trending topic di twitter beberapa waktu lalu. Wa Gb yang dikembangkan oleh HeyMods ini dimodifikasi dari WhatsApp plus yang telah dibanned oleh pihak resmi Wa. Wa yang hanya bisa digunakan di sistem android ini memiliki banyak tambahan fitur yang tidak dimiliki wa resmi, seperti misalnya mengunduh status, melihat pesan atau status yang sudah dihapus, mengubah tema dan ikon, mengilangkah status “sedang mengetik” dan mengganti gaya teks tulisan. Fitur mampu membaca pesan atau status yang sudah dihapus menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna Wa Gb, namun bagi sebagian yang lain terutama pengguna wa resmi menilai bahwa itu justru melanggar privasi mereka sehingga memunculkan perdebatan.

WhatsApp Aero

Wa Mod berikutnya yang tidak kalah populer adalah Aero Wa. Jenis modifikasi ini diketahui dibuat oleh seorang pengembang perangkat lunak dari Turki, Hazar Bozkurt di tahun 2019 silam. Aero Wa termasuk jenis modifikasi yang cukup unik karena memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh jenis Wa lain, termasuk Wa resmi. Fitur unggulannya tersebut adalah menyediakan banyak tema.

Seperti yang kita tau, wa resmi hanya memiliki dua tema, yaitu tema reguler dan tema mode gelap. Sehingga, mereka yang ini berkreasi dengan tema Wa dan ingin berganti ganti tema banyak beralih menggunakan Aero Wa. Selain fitur uniknya tersebut, Aero Wa juga memiliki sejumlah fitur lain seperti bisa menyembunyikan status “online”, menjadwalkan pesan, melihat pesan dan status yang sudah dihapus, menyembunyikan foto atau video di galeri Wa Aero sehingga tak terlihat di galeri ponsel.

FM WhatsApp

Berikutnya, ada FM WhatsApp yang dibuat oleh developer bernama Fouad Mokdad. Keunggulan yang ditawarkan oleh wa Mod yang satu ini adalah bisa mengirim file dalam ukuran besar, sehingga pengguna tidak perlu mengkompres file terlebih dahulu sebelum dikirim.  Selain itu, fitur keunggulan lain dari FM WhatsApp yang tidak dimiliki whatsApp resmi adalah menghilangkan notifikasi last seen.

Di WhatsApp resmi sebenarnya juga bisa menghilangkan notifikasi last seen, namun dengan mematikan toggle last seen, maka secara otomatis kamu juga tidak bisa melihat last seen orang lain dan juga tidak bisa melihat siapa saja yang melihat statusmu. Sementara di FM WhatsApp, kamu tetap bisa melihat siapa saja yang melihat status dan last seen orang lain meskipun kamu mematikan notifikasi last seen. Sebagai tambahan, FM WhatsApp juga memiliki fitur dimana kamu bisa membaca pesan dan status yang sudah dihapus.

Yo WhatsApp (YoWa)

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi wa Mod lain, YoWa yang dikembangkan oleh developer bernama Yousef Al-Basha ini juga memiliki fitur bisa melihat pesan dan status yang sudah dihapus dan juga menghilangkan notifikasi terakhir dilihat. Yang menjadi daya tarik berbeda, YoWa memungkinkan bisa membuat status video lebih dari 30 detik. Di WhatsApp biasa, kita hanya bisa membuat status video maksimal 30 detik, sehingga kita perlu memangkas atau memanfaatkan aplikasi split untuk memotongnya video yang durasinya lebih lama.

Bagi sebagian orang, ini dinilai ribet dan membuat status tidak sempurna karena harus terpotong, sehingga banyak dari mereka yang lari ke Wa Mod. Selain itu, Aplikasi Yo Wa juga bisa membuat aplikasi ganda dalam satu ponsel dan tidak memerlukan root untuk memasang aplikasi. Seperti yang kita tau, untuk aplikasi Wa Mod, kebanyakan perlu melakukan root agar bisa dipasang.

Beberapa sumber menyebut bahwa, pengembang FM WhatsApp yaitu Fouad Mokdad melanjutkan pengembangan YoWa yang sebelumnya dikembangkan oleh Yousef. Fouad memperkenalkan nama baru wa Mod yaitu Fouad YoWa atau Fouad Yo WhatsApp dengan fitur yang tidak berbeda signifikan dengan YoWa.

WhatsApp transparan

Ini adalah salah satu wa mod yang sangat unik dan agak berbeda dengan wa lainnya. Yang membuatnya unik adalah wa ini memiliki tampilan tembus pandang atau transparan. Tampilan background wa mengikuti tampilan wallpaper ponsel. Karena itu, orang yang ingin tampilan wa mereka unik dan berbeda akan menggunakan whatsApp transparan. 

Selain fitur unggulnya tersebut, wa transparan juga memiliki fitur lain seperti kebanyakan dimiliki oleh wa mod yaitu menghilangkan status online, terakhir dilihat, Status dilihat (contreng biru dan contreng dua), melihat status atau pesan yang sudah dihapus, dan mampu mengirim file dalam ukuran besar. 

Itu dia beberapa jenis Wa Mod. Sekarang kamu sudah bisa membedakan mana Wa Mod dan mana Wa resmi. Mengingat bahwa Wa Mod ini adalah wa illegal, pertanyaannya adalah, apakah Wa Mod aman untuk digunakan?

Perlu diketahui bahwa pihak wa sendiri tidak mendukung dan melarang penggunaan wa Mod karena berasal dari sumber yang tidak terpercaya dan melanggar aturan layanan penggunaan WhatsApp. Bahkan, pihak WhatsApp akan membanned akun yang ketahuan menggunakan wa Mod. Dengan begitu, menggunakan Wa mod beresiko membuat akunmu diblokir atau dibanned.

Aplikasi Wa Mod kebanyakan tidak ditemukan di toko resmi seperti playstore atau Appstore, tetapi biasanya didapat dari situs web tertentu karena keterbatasan hak cipta dan izin dari google. Mengunduh aplikasi dari situs tidak resmi atau web tidak begitu jelas keamananya juga bisa memiliki celah membawa virus yang bisa membahayakan perangkat dan data pengguna. Selain itu, wa mod biasanya juga tidak dapat diinstall secara otomatis karena akan terdeteksi sebagai aplikasi tidak aman yang berasal dari sumber tak dikenal. Sehingga pengguna perlu memberi beberapa perizinan supaya bisa mengintal aplikasi dari sumber tak dikenal. Beberapa jenis Wa Mod juga memerlukan pengguna melakukan root ponsel android mereka untuk menggunakan, sementara melakukan jailbreak jika digunakan di perangkat iOS.

Tidak hanya sampai disitu, Wa resmi menjaga privasi dan data pengguna dengan enskripsi end-to-end dan sejumlah pengaturan lain. Hal ini tidak dimiliki oleh sebagian besar wa Mod sehingga keamanan data dan privasi tidak bisa dijamin 100 persen. Dengan banyak resiko tersebut, maka ada baiknya kamu berhati-hati menggunakan Wa mod. Jika bisa, ada baiknya menggunakan aplikasi WhatsApp resmi agar keamanan perangkat, data, dan privasimu lebih terjamin. Semoga informasi ini berguna.

 


EmoticonEmoticon