Selasa, 22 Maret 2022

Perbedaan Antara SMS Banking, Internet Banking, dan Mobile Banking

Bank elektronik atau e-banking merupakan layanan perbankan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi elektronik. Layanan ini dibuat guna memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi bank. Dalam dunia e-banking, kita sering mendengar istilah sms banking, internet banking, dan mobile banking. Lalu, apa perbedaan dari masing-masing layanan tersebut? 

SMS banking

Saat ini berkomunikasi dengan layanan SMS sudah mulai ditinggalkan karena kehadiran aplikasi komunikasi yang lebih canggih seperti WhatsApp, Line, dan berbagai aplikasi perpesanan lainnya. Namun, nyatanya SMS masih banyak digunakan oleh berbagai segmen terutama perusahaan sebagai sarana promosi massal yang biasa disebut SMS blast. Biasanya yang menggunakan SMS blast ini adalah layanan kartu dari perusahaan telekomunikasi terkait atau pihak pemerintah yang memberikan pesan atau informasi sekaligus ke banyak orang. Misal pesan singkat dari KOMINFO terkait covid-19 yang beberapa kurun belakangan sering kita dapatkan. 

Selain itu, bank juga memanfaatkan SMS sebagai sarana untuk mempermudah para pelanggannya mengakses berbagai layanan yang mereka butuhkan. Layanan ini biasa disebut dengan SMS banking, yaitu layanan perbankan lewat SMS. Untuk menikmati layanan ini, pengguna perlu mendaftar terlebih dulu di ATM atau langsung ke bank terkait. Setelah aktif, maka pengguna bisa langsung menikmati layanan. Layanan yang dimaksud adalah layanan untuk melihat saldo, transfer, atau membayar tagihan. Caranya adalah dengan membuat format SMS lalu kirim ke nomor (short code) tertentu yang sudah ditentukan oleh bank terkait. Sebagai contoh, melakukan transfer ke sesama BRI di SMS banking BRI, formatnya adalah TRANSFER <spasi> BRI + NO.REKENING <spasi> NOMINAL <spasi> PIN, kirim ke 3300. Format penulisan SMS untuk setiap transaksi biasanya akan diinformasi oleh pihak bank.

Selain mengirimkan format SMS, SMS banking juga memungkinkan kamu menerima notifikasi berupa pesan SMS setiap ada transaksi di rekening. Sebagai contoh, ada yang melakukan transfer ke rekeningmu, maka kamu akan menerima SMS dari bank terkait dana masuk, berikut jumlah dan tanggal transaksinya. Dengan begitu, kamu tidak perlu bolak balik cek ATM atau mobile banking untuk melihat apakah ada saldo masuk atau tidak.

Keunggulan dari SMS banking salah satunya adalah kamu tidak perlu memerlukan internet untuk mengaksesnya. Namun, sebagai gantinya kamu harus memastikan kartumu memiliki pulsa karena jika tidak, sms yang dikirimkan tidak akan berhasil dan kamu juga tidak akan mendapatkan notif saat ada transaksi di rekening. Biaya pulsa yang dibebankan biasanya adalah sekitar 250 rupiah per SMS. Menggunakan SMS banking cukup praktis tapi penggunaanya cukup terbatas karena hanya bisa untuk melihat informasi saldo, transfer, dan membayar tagihan. Sementara dia internet banking atau mobile banking memiliki fitur yang lebih banyak dan fleksibel. 

Internet Banking

Berbeda dengan SMS banking, Internet banking adalah layanan bank yang memerlukan internet untuk mengaksesnya. Layanan yang satu ini biasanya dibuka di PC maupun laptop agar lebih nyaman dan leluasa karena yang nantinya diakses adalah website atau situs internet banking dari bank terkait, bukan aplikasi android yang bisa di dwonload di toko aplikasi seperti play store. Dengan kata lain, jika aplikasi mobile banking sangat cocok untuk ponsel, maka internet banking lebih cocok diakses di versi desktop. Untuk fiturnya sendiri tidak jauh berbeda, meski begitu mobile banking dicap lebih banyak fitur dan lebih mudah diakses. 

Untuk mendaftar internet banking, pengguna perlu pergi ke bank terkait untuk aktivasi. Nantinya pengguna akan mendapatkan sebuah alat atau perangkat khusus yang biasa disebut token sebagai alat keamanan saat bertransaksi. Kebanyakan bank menggunakan perangkat ini untuk pengguna yang bertransaksi lewat internet banking. Bagi kamu nasabah BNI, akan mengenal alat ini dengan nama BNI e-Secure. Token ini akan memunculkan angka acak dimana angka ini akan menjadi pasword saat bertransaksi. Tanpa token, pengguna tidak bisa melakukan transaksi finansial di internet banking. Karena itu, jika belum memiliki token atau rusak, maka segera pergi ke kantor cabang bank untuk mendapatkannya.

Mobile Banking

Sesuai namanya, mobile banking adalah fasilitas dari bank untuk mempermudah pengguna mengakses layanan bank lewat mobile atau ponsel pintar mereka. Jika sms banking membutuhkan pulsa, maka mobile banking membutuhkan internet seperti halnya internet banking. 

Mobile banking berupa aplikasi yang bisa di dwonload secara gratis di toko aplikasi Play store. Meski begitu, pengguna tetap harus ke bank untuk mendaftar atau aktivasi. Setelah itu barulah aplikasi mobile banking bisa digunakan. Tidak seperti internet banking, kamu tidak perlu memiliki token untuk bisa bertransaksi dengan mobile banking. 

Mobile banking memiliki banyak fitur yang memudahkan pengguna melakukan berbagai transaksi bank. Mobile banking hampir mirip dengan bank digital, meskipun sejatinya mereka berbeda. Bank digital adalah bank itu sendiri, sementara mobile banking adalah aplikasi dari bank. Kebanyakan fungsi mobile adalah untuk melakukan transaksi seperti transfer, membayar tagihan, melihat mutasi rekening, melakukan pembayaran, dan berbagai transaksi lain tergantung masing-masing bank. 

Disini kita coba melihat fitur dari mobile banking milik BNI. Di aplikasi mobile bankingnya, terdapat fitur transfer dimana pengguna bisa melakukan transfer baik ke sesama BNI maupun ke berbagai bank lainnya. Lalu ada menu e wallet adalah untuk top up e wallet seperti GoPay, ShopePay, Link Aja, OVO, Dana, dan beberapa e wallet lainnya. Kita juga bisa membeli membayar tagihan maupun membeli produk digital seperti membeli paket data atau token listrik. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah fitur investasi (reksadana dan SBN Retail),  life goals untuk membuat tabungan keinginan apakah untuk pendidikan, liburan,atau spesial moment, dan mobile tunai dimana fitur yang memungkinkan pengguna bisa tarik tunai tanpa membawa kartu ATM. Ada beberapa fitur lain yang tidak sempat disebutkan di artikel ini. Kamu bisa mendaftar langsung di bank BNI dan dwonload aplikasinya jika tertarik menggunakan mobile banking dari BNI ini.

Nah, itu dia ulasan mengenai SMS banking, Internet banking, dan mobile banking. Sekarang kamu sedikit tidaknya sudah bisa membedakan ketiga layanan tersebut. 






EmoticonEmoticon