Kamis, 14 April 2022

Membahas Seabank Indonesia, Bank Digital Shopee dengan Promo Bunga Tabungan Selangit

 

Pengguna Shopee tentu tidak asing dengan bank baru ini. Bagaimana tidak, Shopee tengah gencar-gencarnya mempromosikan bank digital Seabank di aplikasinya, sehingga tidak heran jika seluruh pengguna Shopee mengenal Seabank dan banyak diantara mereka yang mungkin sudah menikmati layanannya. Setelah dicari tau, ternyata Seabank adalah bank digital milik perusahaan Singapura bernama Sea Limited atau Sea Grup dan perusahaan ini juga induk dari marketplace Shopee. Dengan kata lain, Seabank dan Shopee adalah anak usaha dari Sea Group. Sebagai platform jual beli yang sedang popular, tidak heran jika Sea Group mempromosikan usaha baru mereka di Shopee. Dengan begini, keberadaan Seabank akan sangat cepat dikenal oleh masyarakat luas.

Menilik sejarahnya, sebenarnya Seabank sudah ada sejak tahun 1991 sebagai PT. Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE), yaitu salah satu bank di Indonesia yang didirikan oleh Prof.Dr. Soemitro Djojohadikusumo. Setelah diakuisisi oleh Sea Grup di Februari 2021, barulah kemudian BKE mengeluarkan produk bank digital bernama Seabank seperti yang kita lihat sekarang ini. Seabank dirilis pada tanggal 26 Februari 2021 di Play Store dan hingga kini sudah didwonload lebih dari 1 juta pengguna.

Membuka rekening Seabank

Hampir sama dengan bank digital lain, untuk membuka rekening bisa dilakukan dengan mudah secara online. Jika kamu pengguna Shopee, maka tinggal ketik “Seabank” dikolom pencarian, maka akan langsung keluar ikon membuka rekening di Seabank. Disini kamu tinggal klik membuka rekening lalu akan diarahkan ke google play store untuk download aplikasi Seabank. Dwonload aplikasi Seabank dan langsung ikuti langkah-langkah untuk membuka rekening. Selain perantara Shopee, kita tentunya bisa langsung mendwonloadnya di google play store.

Di halaman utama, kita akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu. Disini ada pilihan daftar dengan Shopee, jika kita memilih pilihan ini maka artinya kita menautkan aplikasi Shopee dengan aplikasi Seabank. Kita tidak harus mentautkan akun Shopee dengan Seabank, akan tetapi kita akan kehilangan beberapa keuntungan jika menghubungkan keduanya. Beberapa keuntungan yang ditawarkan shopee adalah membuka rekening dapat 100rb, bunga 7 % cair setiap hari, gratis transfer 100 x/bulan, dan Top Up Shopeepay gratis dan cepat. Lumayan banyak keuntungan yang didapatkan jika mentautkan Shopee dengan Seabank, tetapi kembali lagi ke pilihan masing-masing.

Fitur dan Layanan Seabank

Sebagai sebuah bank, Seabank tentu saja memiliki fitur menabung. Menabung di Seabank bebas untuk top up ataupun ditarik kapan saja. Tabungan tidak dikunci sehingga bisa ditarik kapanpun kita mau. Selain menabung, Produk dana lain yang disediakan Seabank adalah deposito, kredit kepemilikan Rumah (KPR), dan kredit multiguna dimana pengajuannya dilakukan langsung ke kantor Seabank yaitu kantor BKE. Meski begitu, seperti yang terlihat di website resminya, saat ini Seabank belum memiliki layanan pinjaman.

Fitur tambahan di aplikasi Seabank diantaranya adalah bisa transfer baik ke sesama bank ataupun antarbank, top up e wallet, membeli produk digital seperti pulsa atau paket data dan melakukan pembayaran VA untuk berbagai transaksi seperti membayar tagihan atau berbelanja di marketplace.

Keunggulan Seabank

Seperti bank digital lain, membuka rekening di Seabank bisa dilakukan dengan sangat mudah lewat ponsel pintar kamu. Sehingga tidak perlu ke bank ataupun mengantri berlama-lama di bank untuk membuka rekening. Jika ingin menabung tinggal transfer dari Shopepay, ATM atau mobile banking. Meski begitu, bagi kamu yang menginginkan kartu ATM dan buku tabungan, mungkin kamu bisa membuka rekening di bank konvensionalnya sendiri, yaitu bank BKE. Jika mendaftar secara online di Seabank kamu tidak akan mendapatkan kartu debit.

Bunga simpanan yang diberikan oleh Seabank cukup besar dibandingkan dengan bank konvensional maupun bank digital lain, yaitu sebesar 4 % pertahun. Tapi, saat ini sedang berlaku promo bunga simpanan sebanyak 7 % pertahun tanpa saldo minimum dan berlaku untuk seluruh nasabah. Ini menjadikan Seabank sebagai salah satu bank dengan bunga besar. Untuk bisa mendapatkan info update promo bunga pinjaman ini maupun promo lainnya, kamu bisa memantau akun instagramnya @seabank.id atau promo di akun Shopee kesayangan kamu.

Bagian menarik lain yang jarang dimiliki oleh bank lain adalah bunga simpanan bisa cair setiap hari. Seabank benar-benar mencairkan setiap hari sejumlah bunga yang kamu dapatkan setelah dikalkumulasikan dengan jumlah saldo tabunganmu. Sebagai contoh, kamu memiliki tabungan Rp.5.000.000, perhitungannya adalah Rp5.000.000 x 7 :100 : 365 (jumlah hari dalam setahun), total bunganya adalah Rp958,9 rupiah perhari, sekitar Rp29.166 dalam sebulan, atau dalam satu tahun sekitar Rp. 350.000. Namun, perlu diketahui bahwa bunga ini nantinya juga akan dipotong pajak. Riwayat pencairan bunga maupun potongan pajak ini bisa langsung dilihat secara transparan di riwayat transaksi setiap harinya.

Selain bunga besar dan cair setiap hari, bagian menarik lainnya dari Seabank adalah bebas biaya transfer tidak hanya kesesama bank tetapi juga antar bank. Dan, jangan lupa juga, di Seabank juga gratis biaya admin bulanan. Terakhir, mengakses aplikasi Seabank sangat mudah, seperti halnya mengakses Shopee. Karena kedua aplikasi ini bersaudara, maka tidak heran jika kamu menjumpai beberapa kemiripan antara keduanya. Seperti misalnya tampilannya yang mirip dengan dengan tampilan e-wallet Shopepay dan juga warna logo mereka yang sama-sama berwarna orange. Sehingga saat  mengakses Seabank, kamu mungkin akan merasa tengah mengakses aplikasi Shopee.

Dengan sistem UI atau user interface yang simple, pengguna dirasa tidak perlu belajar keras dulu untuk mengetahui cara kerja masing-masing fitur. Hanya ada tiga menu utama begitu login, yaitu Beranda, Bayar atau transfer, dan Saya. Di Beranda terdapat fitur untuk melihat jumlah tabungan, pendapatan bunga, dan riwayat transaksi. Di menu Bayar atau transfer, ada fitur transfer sesama akun Seabank, bank lain, e-wallet, dan virtual account. Sementara di menu Saya, kita akan menemukan informasi profil, e statemen, keamanan akun, pusat pengaturan dan bantuan.

Kekurangan Seabank

Secara keseluruhan, Seabank tidak memiliki kekurangan yang begitu berarti. Hanya saja, karena Seabank tergolong masih baru dan masih dalam tahap perkembangan, maka fitur Seabank tergolong masih sedikit dibandingkan bank digital kebanyakan. Fitur utamanya adalah fitur tabungan dan beberapa fitur pendukung lain seperti yang disebutkan sebelumnya. Sementara di bank digital lain memiliki fitur yang lebih lengkap seperti berinvestasi reksadana, kartu debit atau e-card sendiri yang bisa didapatkan secara online (antar ke alamat), taupun QRIS. Meski begitu, lambat laun bukannya tidak mungkin jika Seabank akan terus menambah fitur-fitur mereka agar memiliki layanan yang lebih luas untuk pengguna. Bagi yang memiliki tujuan finansial yang minimalis alias hanya untuk menabung dan mendapatkan bunga, maka aplikasi ini sangat tepat karena tidak diribetkan dengan fitur lain yang tidak kamu butuhkan. Kamu bisa menyimpan uang dengan nyaman dan mendapatkan bunga setiap harinya.

Keamanan

Seabank sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta menjadi salah satu peserta dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sehingga pengguna sedikit tidaknya terlepas dari mengakses aplikasi bodong atau aplikasi illegal. Seabank juga memiliki sistem keamanan yang ketat untuk log in maupun transaksi. Untuk log in, pengguna perlu memasukkan password yang dibuat ketika membuat akun dan memasukkan kode OTP yang dikirim ke nomor ponsel terdaftar. Untuk transaksi, pengguna juga perlu menginput PIN yang sudah dibuat sebelumnya. Dengan begitu, selain dirimu sendiri sebagai pemilik rumah, orang lain tidak akan bisa masuk ataupun bertransaksi di dalamnya. Ditambah lagi, pengguna juga akan diminta untuk verifikasi wajah melalui kamera depan ponsel saat melakukan transaksi dengan nominal tertentu.

Hal lain yang cukup penting adalah notifikasi. Pengguna akan mendapatkan notifikasi instan dari transaksi yang terjadi di akun, apakah itu transaksi masuk ataupun transaksi keluar. Sehingga, jika ada transaksi mencurigakan, maka kamu bisa langsung mendapatkan notifikasi dan melaporkannya kepada pihak Seabank. Berbicara tentang keamanan, tidak hanya berpatokan dari sistem internal, tetapi juga perlu dukungan dari penggunanya sendiri. Banyak sekali kasus dimana rekening dibobol karena pengguna sendiri yang memberikan informasi log in mereka kepada pihak ketiga. Untuk itu, jangan pernah memberikan kunci kepada orang lain untuk bisa masuk dan mengakses rumahmu.  

Nah, itu dia sedikit informasi mengenai Seabank. Semoga bisa berguna bagi kamu yang ingin membuka rekening di Seabank.






EmoticonEmoticon