Selasa, 12 Juli 2022

Cara Ampuh Agar Jualan Laris Manis di Tiktok Shop

 

Tiktok Shop bisa sebagai wadah yang terbilang cukup sempurna bagi kamu yang ingin mengembangkan bisnis. Hal ini disebabkan karena aplikasi video ini memiliki banyak pengguna aktif setara dengan beberapa platform yang popular saat ini. Berdasarkan data dari ByteDance, di Indonesia sendiri pengguna Tiktok bahkan sudah mencapai 92 juta pengguna di awal tahun 2022. Sementara untuk skala dunia sudah melebihi 1 miliar pengguna. Dengan pengguna yang bejibun tersebut, maka para seller di Tiktok Shop memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pembeli.

Mungkin ada diantara kamu yang sudah mencoba berjualan di Tiktok tapi belum juga mendapatkan pembeli. Sama halnya dengan berjualan online di platform atau marketplace lainnya, mengupload foto barang tidak serta merta langsung membuat produk kita dibeli pembeli. Akan tetapi, kita perlu memiliki trik tertentu agar dagangan kita bisa laris manis. Beberapa poin berikut mungkin bisa kamu lakukan agar pembelimu berdatangan.   

Live Streaming

Di Tiktok ada fitur live streaming yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan barang jualan kamu. Saat live streaming, kita bisa menunjukkan spesifikasi, fungsi, dan yang lebih penting adalah keunggulan produk yang kita jual. Tidak sedikit juga sales yang mengadakan game kecil-kecilan dan memberikan gift untuk menarik antusias penonton. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan harga promo disaat live seperti promo potongan harga, promo hadiah menarik, promo gratis ongkir dan berbagai promo lain. Hal lain yang juga perlu diperhatikan terkait live streaming sales adalah mencari waktu yang tepat untuk live. Kita bisa memilih malam hari sekitar jam 7 sampai jam 9 malam karena ini adalah jam Tiktok dipadati pengunjung. Dengan begitu, siaran langsungmu juga akan berpeluang lebih besar untuk dilihat banyak penonton.

Bagi kamu pengguna baru, cara untuk melakukan live streaming adalah dengan mengklik tombol tambah atau tombol + yang berada di bagian bawah halaman utama Tiktok.  Lalu tekan tombol Live yang berada disamping tombol perekam. Beri judul dan caption lalu klik tombol “Go Live”, maka kamu sudah bisa memulai live streaming. Untuk bisa menikmati fasilitas live streaming, kita harus memiliki setidaknya 1.000 orang pengikut. Jadi, tombol untuk live streaming biasanya tidak keluar jika belum memenuhi persyaratan tersebut.

Tambahkan Link di Postingan Video

Saat menonton video di page, kamu mungkin pernah menemukan postingan yang disertai dengan link produk. Nah, ini adalah salah satu cara yang sering digunakan oleh seller Tiktok Shop untuk mendatangkan pembeli. Caranya cukup gampang, tinggal mentautkan link produk dari shopmu saat proses upload video. Saat hendak upload video, sudah disediakan pilihan menu untuk menambahkan tautan hingga memilih produk yang ingin ditautkan. Jadi kita tidak perlu bingung bagaimana cara menambahkan link di postingan ini.

Disaat seseorang pengguna menonton videomu lalu mengklik tautan tersebut, maka mereka akan langsung diarahkan ke produk yang sudah kamu tautkan. Untuk itu, pilihlah beberapa produk paling potensial untuk ditautkan agar bisa meluluhkan hati yang melihatnya. Usahakan video yang diupload berhubungan dengan produk yang kamu tautkan. Sebagai contoh, kamu menjual produk make up, maka video yang bisa kamu buat adalah video yang berhubungan dengan make up atau bisa juga video review produk yang kamu tautkan. Cara ini terbilang cukup efektif. Semakin banyak yang menonton videomu maka akan semakin besar juga peluang orang akan melihat jualanmu.

Perbanyak Follower

Karena mempromosikan produk bisa melalui live streaming dan juga di postingan video, maka tidak salah jika kamu memperbanyak followermu sendiri. Semakin banyak pengikutmu, maka akan semakin besar juga peluang kamu akan mendapatkan pembeli. Hal ini disebabkan karena semua pengikut biasanya akan mendapatkan notif setiap kamu mengupload konten yang berisi promosi produkmu. Semakin banyak pengikut, maka akan semakin banyak yang akan melihat kontenmu. Maka, diantara banyak orang tersebut akan ada beberapa orang yang mungkin saja tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

Tidak hanya bisa membuat daganganmu laris manis, memiliki banyak pengikut alias menjadi influencer bahkan bisa sekaligus mempromosikan dagangan orang lain. Dengan kata lain, kamu bisa mendapatkan ajakan kerjasama untuk endors produk mereka dengan jumlah pembayaran tertentu disetiap kali konten endors dibuat.

Untuk bisa mendapatkan banyak pengikut atau penonton, yang bisa dilakukan adalah membuat video menarik dan usahakan upload secara konsisten. Tak lupa, sisipkan hastag dan juga link produk disetiap video yang kamu buat agar penonton bisa lebih mudah menemukan postingan kamu.

Kerjasama dengan Influencer

Selain melakukan live streaming secara mandiri, jika diperlukan kita juga bisa mengajak kolaborasi para influencer Tiktok. Beberapa kalian mungkin sudah akrab dengan live di marketplace Shopee dimana banyak para influencer yang mereview produk tertentu. Nah, bisa dibilang seperti itu jugalah jika kita berkerjasama dengan influencer untuk mempromosikan produk lewat live streaming. Tidak hanya untuk live streaming, influencer tersebut juga bisa melakukan promosi lewat video yang mereka posting.

Tidak jarang, banyak merk besar yang memilih influencer untuk mempromosikan barang mereka. Ini jelas karena Influencer Tiktok memiliki pengikut yang banyak, sehingga produk kita akan semakin dikenal luas. Tapi untuk mengajak kerjasama tentu saja kita harus mengeluarkan uang tambahan untuk membayar influencer. Sejatinya, semakin besar jumlah follower seorang influencer maka akan semakin tinggi pula jumlah uang untuk endorsnya. Sebagai gambaran, akun dengan pengikut follower 100 ribuan biasanya adalah sekitar Rp175.000 per post, sementara akun dengan follower 500 ribuan adalah sekitar Rp350.000. Tapi kembali lagi, besarnya biaya endors biasanya ditentukan oleh influencer tersebut, namun terkadang kita juga bisa melakukan negosiasi. 

Berikan Promo

Jalan super ampuh yang sering digunakan seller online untuk memikat hati calon pembeli mereka adalah dengan memberikan diskon atau promo. Hal ini juga berlaku jika berjualan di Tiktok Shop. Seperti yang kita tau, di Tiktok Shop Seller terdapat menu promosi yang berisi 3 tipe promosi yang bisa dipilih, yaitu obral kilat, diskon, dan pengiriman gratis. Nah, kamu tinggal mengatur jenis promosi yang kamu inginkan di menu ini mulai dari jumlah diskon hingga tanggal berlaku. Kamu bisa memakai salah satu tipe promosi atau bahkan bisa semuanya sekaligus.

Foto Produk dan Deskripsi

Untuk menarik calon pembeli, buatlah deskripsi produk semenarik mungkin. Deskripsi produk berisi mengenai spesifikasi produk apakah itu warna, ukuran, dan hal lain yang sekiranya perlu diketahui oleh pembeli. Jangan lupa juga, upload foto yang jelas dan mampu menarik keinginan pengguna untuk membeli. Jika perlu, masukkan beberapa foto dari berbagai sisi agar lebih meyakinkan.         

Nah, itu dia beberapa kiat yang bisa kamu lakukan agar jualanmu laris manis di Tiktok Shop. Jika kamu konsisten dan sudah mencoba melakukan berbagai upaya, maka lambat laun produk mu pasti akan mendapatkan pembeli.  Semoga informasi ini bermanfaat.   





EmoticonEmoticon