Rabu, 22 Juni 2022

Hai Tiktokers, Yuk Simak Cara agar Kamu Bisa mendapatkan Uang dari Tiktok


Tiktok bukan sekedar platform untuk seru-seruan, dengan membuat video atau menonton video lucu. Saat ini, Tiktok juga bisa dijadikan sebagai aplikasi penghasil uang, apakah itu hanya untuk pekerjaan sampingan hingga bahkan sebagai pekerjaan utama. Pasti kamu sudah bisa melihat begitu banyak orang yang bisa mendapatkan penghasilan besar dari aplikasi Tiktok. Sebagian besar mereka yang bisa mendapatkan uang dari Tiktok adalah para influencer atau akun dengan banyak pengikut. Sebut saja Addison Rae yang pernah dinobatkan sebagai influencer Tiktok termahal dengan hampir 54 juta pengikut dan mampu meraup cuan US $ 5 juta dalam setahun atau sekitar Rp 71,9 miliar. Influencer Tiktok tidak hanya dikenal pengguna Tiktok semata, tetapi otomatis juga akan mulai dikenal oleh masyarakat luas dan berpeluang diundang di berbagai event atau televisi. Sumber utama influencer Tiktok berasal dari iklan dan sponsor dari pihak ketiga. Selain itu, ada beberapa sumber penghasilan lain yang bisa dicoba oleh para pengguna Tiktok. Berikut  beberapa diantaranya, 

Endorsement & Sponsor Content

Sudah sempat disenggol sebelumnya, kita bisa mendapatkan uang dari Tiktok dengan cara menerima endorsement. Bahkan, sebagian besar influencer Tiktok mendapatkan uang dari endorse atau promosi ini. Bagaimana caranya? Hal paling utama yang perlu dilakukan adalah dengan memiliki banyak pengikut. Sebuah badan usaha pasti mencari media promosi yang efektif dan mampu memberi kemajuan untuk bisnis mereka. Karena itu, mereka akan memilih akun dengan banyak pengikut agar produk yang mereka tawarkan bisa menjangkau lebih banyak orang. Tidak perlu mencari, perusahaan akan datang dengan sendirinya jika kamu sudah menjadi seorang influencer alias memiliki banyak pengikut di Tiktok.

Kamu bisa menetapkan sendiri tarif untuk setiap iklan atau promosi yang kamu post di akunmu. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa tarif yang dipasang sebaiknya disesuaikan dengan jumlah pengikut. Semakin banyak pengikut, maka tarif biasanya lebih tinggi. Sebagai gambaran saja, tarif Tiktok follower 100 ribuan adalah Rp175.000 per post, sementara akun dengan follower 500 ribuan adalah Rp350.000. Terkadang, adakalanya terjadi negosiasi tarif endorse dengan klien.

Jualan Produk di Tiktok

Baru-baru ini, Tiktok memperluas fitur mereka dengan menghadirkan Tiktok Shop, yaitu fitur jual beli yang mudah untuk penggunanya. Sehingga kamu bisa menjual produk mu secara online di Tiktok Shop seperti halnya marketplace. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa pergi ke profil, lalu klik garis tiga di pojok atas, lalu pilih alat creator. Selanjutnya, tinggal klik Tiktok Shop yang ada dibagian Monetisasi lalu apply. Tinggal menunggu proses verifikasi dan pengajuanmu disetujui oleh Tiktok Shop.

Perlu diperhatikan, saat mengirim pengajuan atau apply Tiktok Shop, ada 3 syarat yang harus centang hijau alias harus terpenuhi yaitu memiliki lebih dari 2.000 pengikut, berusia minimal 18 tahun, dan memposting video di Tiktok dalam 28 hari terakhir. Jika ada salah satu dari 3 poin ini yang belum centang hijau, maka pengajuan tidak bisa dilakukan. Lagi-lagi, yang kamu butuhkan adalah pengikut dan reputasi akun yang bagus. Untuk itu, sebelum mulai jualan, maka pastikan kamu memenuhi persyaratan tersebut. Bahkan, jika syarat 2.000 pengikut tersebut tidak ada, tetap saja kamu akan memerlukan banyak pengikut karena semakin banyak pengikut maka jualanmu akan semakin laris, bukan?

Selain itu, poin penting dalam berjualan online adalah foto atau video yang menarik dan caption atau deskripsi yang jelas dan mampu menimbulkan minat calon pembeli. Jangan lupa juga untuk merespon pertanyaan dari calon pembeli mu,ya!.

Gift / Donasi di Live Streaming

Tiktok memiliki fitur live streaming yang biasa digunakan seseorang untuk sekedar menyapa atau berkomunikasi dengan para pengikut mereka. Saat live, pengguna bisa mengobrol atau menceritakan sesuatu lalu nantinya akan ditanggapi oleh para penontonnya.  Selain itu, ada juga yang live streaming dengan tujuan untuk berjualan atau mempromosikan produk mereka. Nah, di pojok kanan bawah live akan terlihat stiker hadiah, jika kamu klik stiker hadiah tersebut, maka akan muncul banyak stiker dengan berbagai jenis seperti bunga, donat, kaktus menari, es jeruk dan banyak stiker lain. Stiker inilah yang disebut sebagai gift atau hadiah yang bisa dikirimkan kepada orang yang sedang live.

Dengan kata lain, Gift di Tiktok adalah saweran atau hadiah dari penonton disaat kamu melakukan live streaming. Hal ini karena setiap stiker yang dikirimkan memiliki nilai koin dan jika sudah banyak bisa dirupiahkan. Setiap stiker memiliki nilai yang berbeda-beda. Gift dengan nilai terbesar saat ini adalah Tiktok Universe dengan nilai 34.999 koin, jika diuangan adalah setara dengan Rp8.242.000. Lalu, dibawahnya ada gift Singa yang bernilai 29.999 koin atau setara dengan 7.499.750. Diantara stiker yang memiliki nilai paling kecil adalah mawar yang hanya bernilai 1 koin.

Bagi kamu pengguna baru, cara untuk melakukan live streaming adalah dengan mengklik tombol tambah atau tombol + yang berada di bagian bawah halaman utama Tiktok.  Lalu tekan tombol Live yang berada disamping tombol perekam. Beri judul dan caption lalu klik tombol “Go Live”, maka kamu sudah bisa memulai live streaming. Meski begitu, untuk bisa menikmati fasilitas live streaming, kita harus memiliki setidaknya 1.000 orang pengikut. Untuk itu, agar bisa mendapatkan gift di Tiktok, maka jangan lupa kumpulkan banyak pengikut terlebih dahulu. Semakin banyak pengikut maka akan semakin banyak yang menonton live streamingmu dan semakin besar peluang kamu mendapatkan gift dari penonton.

Mengundang Teman

Cara lain untuk bisa mendapatkan uang dari Tiktok adalah dengan menyelesaikan misi mengundang teman Tiktok. Di halaman profil, silahkan klik tombol symbol rupiah (Rp) berwarna kuning dibagian pojok kiri atas. Disana akan muncul tombol menu undang teman dan juga kode undanganmu alias kode referral. Klik tombol undang,lalu share tautan ke media social lain seperti WhatsApp, Facebook, atau email. Jika ada orang yang mendaftar di Tiktok dengan menggunakan akun referral kamu, maka kamu akan mendapatkan bonus 11.000 poin.

Setiap pendatang baru yang berhasil kamu undang itu akan terlihat di bagian aktivitas. Lalu, jika orang yang kamu undang itu bermain di Tiktok setiap hari di hari ketiga akan mendapatkan 20.000 poin, lalu hari ke 6 kamu akan mendapatkan 30.000 poin dan hari ke 10 mendapatkan 590.000 poin. Jika ditotal, untuk 1 orang yang berhasil kamu undang kamu bisa mendapatkan hingga Rp.65.000 jika mereka aktif beraktivitas di Tiktok selama 10 hari. Tapi perlu diketahi, untuk jumlah hadiah yang kamu dapatkan bisa saja berbeda tergantung dengan kebijakan terbaru dari Tiktok.

Jika kita scroll ke bawah akan ada cara lain untuk mendapatkan hadiah yaitu dengan join hastag challenge dan memasukkan kode undangan. Tema hastag biasanya  berganti setiap minggu. Sebagai contoh, tepat disaat artikel ini dibuat, hastag challenge yang sedang diadakan adalah #serunyalebaran!. Jadi, untuk bisa mengikuti challenge ini, kamu perlu membuat video dengan tema serunya momen lebaran versi kamu lalu menyematkan hastag tersebut. Sementara untuk memakai kode undangan adalah memasukkan kode referral orang lain disaat mendaftar menjadi anggota baru. Dengan kata lain, kita hanya bisa memasukkan kode referral sebanyak satu kali.

Tiktok juga sempat memberikan hadiah koin bagi pengguna hanya dengan cara menonton video. Jadi setiap kita menyelesaikan misi menonton video, maka kita akan mendapatkan sejumlah koin yang jika dikumpulkan nantinya bisa dirupiahkan. Sama seperti nonton dapat koin di aplikasi Shopee. Namun, saat ini saya tidak lagi menemukan fitur ini di Tiktok, mungkin program tersebut sudah berakhir atau memang dihentikan karena alasan tertentu.

Seperti yang kita lihat, jumlah pengikut atau popularitas akun menjadi poin penting agar bisa mendapatkan uang dari Tiktok. Karena disaat pengikutmu sudah banyak, kamu akan berpeluang besar mendapatkan endorse, banyak yang memberikan gift di live streaming, atau produk yang kamu jual jadi laris manis. Lalu, bagaimana caranya memiliki banyak pengikut? Kasarnya, kamu hanya perlu konsisten upload video menarik, menjalin komunikasi dengan pengikut, serta mempromosikan akunmu dimedia sosial lain. Jika kamu sudah melakukan kiat tersebut, maka lambat laun akunmu akan diikuti banyak orang.





EmoticonEmoticon