Minggu, 12 Juni 2022

Tips Berbelanja Online di Tiktok Shop Agar Tidak Kecewa



Belanja online sangat populer karena selain memiliki lebih banyak variasi, belaja online juga lebih efektif, lebih hemat waktu, tenaga, dan uang. Namun, tidak sedikit juga orang kapok setelah berbelanja online karena mendapatkan pengalaman buruk. Beberapa kejadian tak mengenakkan saat berbelanja online seperti misalnya bahan tidak sesuai ekspetasi, ukuran kebesaran atau kekecilan, pesanan dibatalkan seller, barang kw atau tidak original, barang datangnya lama, produk rusak, dan berbagai keluhan lainnya. Beberapa kejadian ini kadang membuat seseorang ragu untuk membeli secara online, ditambah lagi ongkirnya yang lumayan mahal. Keluhan ini bisa terjadi saat berbelanja online di platform atau marketplace manapun, termasuk di Tiktok Shop.

Pada dasarnya, sebagian besar kejadian tak enak saat berbelanja online ini bisa kita hindari jika kita bisa sedikit lebih cerdas dan bijak dalam berbelanja. Karena kesalahan tidak hanya datang dari pihak seller tetapi terkadang juga dari kita sendiri sebagai buyer. Berbelanja online bukan sekedar memasukkan produk ke troli, lalu checkout, dan bayar. Tetapi lebih dari sekedar itu. Kita perlu tau spesifikasi produk yang kita beli, kita perlu tau alamat toko dimana kita beli, kita perlu tau harga wajar sebuah produk, dan yang paling penting adalah kita perlu tau bagaimana rating toko tersebut.. Tidak jarang, kita membeli sebuah baju lalu komplain karena bahannya spandek bukan katun. Padahal ternyata seller sudah menjelaskan di deskripsi bahwa bahannya adalah spandek. Untuk itu, beberapa poin berikut sepertinya penting untuk diperhatikan saat berbalanja online di Tiktok Shop.

Baca Deskripsi Produk. Bagian paling penting saat berbelanja online adalah membaca deskripsi produk dengan seksama. Deskripsi produk merupakan informasi penting seputar produk, apakah itu size, warna, bahan, dan berbagai hal lain yang seharusnya diketahui oleh pembeli. Banyak pembeli yang kurang memperhatikan hal ini sehingga kecewa saat barangnya datang. Sebagai contoh, seorang pembeli kecewa karena botol minum yang dia terima hanya bisa menampung 600 ml air sementara dia mengira botolnya besar dan bisa 1 liter. Padahal, penjual telah memberikan informasi di deskripsi produk bahwa botol minum berukuran 600 ml. Inilah pentingnya membaca deskripsi sebelum membeli karena foto produk tidak bisa mendeskripsikan segalanya.

Jangan Ragu Chat Seller. Jika kamu sudah membaca deskripsi produk dan masih memiliki keraguan, maka ada baiknya langsung klik ikon “Bincang” yang berada di bagian bawah halaman produk, tepatnya di samping ikon “Tambahkan ke Troli”. Tidak sedikit penjual yang tidak memberikan deskripsi yang jelas, bahkan ada yang yang tidak memberikan deskripsi sama sekali. Agar tidak salah beli, maka kamu bisa langsung chat dengan penjual. Kamu bisa mengajukan berbagai pertanyaan seputar produk, jumlah stok, atau hal lain yang tidak dijelaskan di halaman produk. Jadi kejadian pesanan dibatalkan seller tidak akan terjadi jika kita memastikan terlebih dulu ke seller lewat fitur “Bincang”.   

Intip Ulasan Pengguna. Di halaman produk bagian bawah terdapat fitur ulasan dari pengguna yang pernah membeli produk yang sama. Ulasan ini juga mencerminkan reputasi dari toko yang bersangkutan. Tidak hanya berupa ulasan dengan kata-kata, tetapi juga ada yang disertai foto produk sehingga kita sedikit tidaknya memiliki gambaran terkait produk yang hendak dibeli. Untuk itu, jangan lupa melihat ulasan dari pengguna lain terkait produk. Jika ulasannya dominan bagus dan kebanyakan memberikan bintang 5, maka kamu mungkin bisa membeli produk tersebut. Tapi jika terdapat banyak ulasan buruk maka ada baiknya mempertimbangkan lagi untuk membeli produk tersebut.

Pilih Toko yang Tidak terlalu Jauh jika Mendesak. Banyak juga kejadian pembeli yang kecewa karena pesanan mereka sampainya lama padahal produk tersebut dibutuhkan mendesak. Agar tidak mengalami hal ini, maka yang perlu kita lakukan sebagai pembeli adalah memilih toko yang posisinya tidak begitu jauh dari lokasi kita. Produk yang dikirim dari Sumatera ke Yogyakarta tentu lebih lama datangnya dibanding produk yang dikirim dari Jakarta ke Yogyakarta. Lokasi toko bisa dilihat di bagian bawah harga produk di halaman hasil search atau juga ada di bagian pengiriman di halaman produk tersebut. Di bagian pengiriman di halaman produk biasanya terdapat perkiraan berapa hari barang akan sampai dari lokasi toko ke kota kamu, misalnya dari kota Jakarta ke Yogyakarta sekitar 3-5 hari.

Meski begitu, produk datang lama kadang juga bisa berasal dari seller yang lama mengirimnya atau kendala di pihak pengiriman. Untuk mensiasatinya, sebelum pesan kita bisa chat seller untuk menanyakan apakah produknya bisa segera dikirim atau tidak. Ada satu alasan lain kenapa produk telat datang yaitu memilih opsi pengiriman ekonomi. Namun, di Tiktok Shop sepengalaman saya saat ini belum ada opsi pengiriman cepat, reguler, atau ekonomi, jadi kita tidak bisa memilih pengiriman cepat jika kita butuh cepat ataupun ekonomi saat ingin mendapatkan ongkir murah.

Jangan tergiur dengan Harga tidak wajar. Satu lagi keluhan banyak pembeli adalah barang tidak original. Di platform jual beli online, termasuk Tiktok Shop, satu produk yang sama bisa dijual dengan harga yang berbeda-beda tergantung pada sellernya sendiri mau ngasih harga berapa. Nah, kita pastinya mengincar produk yang murah dong tentunya biar lebih hemat. Mencari yang murah adalah sebuah keperluan, tapi kita perlu perlu membedakan antara harga mudah dengan harga tidak wajar. Misal saja, sebuah produk diluncurkan dengan Rp50 rb oleh perusahaan aslinya, tapi di online kita menemukan harganya cuma Rp10 rb saja. Dengan harga yang tidak wajar tersebut, kita perlu meragukan keaslian produk tersebut. Beda cerita, jika harganya adalah Rp46 rb, harga ini masih termasuk harga wajar karena biasanya distributor pasti mendapatkan potongan harga dari perusahaan sehingga dia bisa menjual lebih murah.Kembali lagi ke tips di awal, untuk meyakinkan kita, maka jangan ragu untuk bertanya pada seller dan jangan lupa melihat ulasan pengguna lain.  

Sebagian besar tips ini tidak hanya berlaku di Tiktok Shop, tetapi juga bisa diterapkan saat berbelanja online di platform atau marketplace lain. Jika kita sebagai buyer bisa bersikap lebih cerdas saat berbelanja online, maka berbagai keluhan dan kejadian yang tidak menyenangkan bisa diminimalisir. Tetapi jika memang berasal dari seller, seperti misalnya barang yang dikirim tidak sesuai dengan deskripsi maka ada baiknya melakukan komunikasi dengan seller untuk menemukan solusi.

Semoga artikel ini bermanfaat.


 


EmoticonEmoticon