Rabu, 26 Oktober 2022

Mengenal dan Cara Melakukan “Tautan Panggilan”, Fitur Terbaru dari WhatsApp

Tahun ini, WhatsApp tampaknya telah banyak meluncurkan fitur-fitur baru mereka. Beberapa fitur baru yang diluncurkan WhatsApp seperti misalnya kita bisa keluar grup tanpa notifikasi, menyembunyikan status online, blokir tangkapan layar untuk pesan sekali lihat, mengirim file berkuran hingga 2 GB, reaksi emoji pesan, kapasitas grup hingga 512 anggota, panggilan suara dengan 32 partisipan, dan tak kecuali juga fitur tautan panggilan atau call link.

Tepatnya tanggal 26 September silam, Mark Zuckerberd telah mengumumkan mengenai kehadiran fitur baru yang diberi nama call link atau tautan panggilan. Fitur ini terletak di tab panggilan dengan ikon tanda rantai dengan tulisan “Buat tautan panggilan”. Sepertinya fitur ini diluncurkan secara bertahap untuk pengguna dari Negara tertentu. Saya sendiri baru melihat penampakan fitur ini dalam beberapa hari ini.

Sesuai namanya, tautan panggilan adalah fitur yang memungkinkan kita untuk mengirim link tautan kepada orang lain sebagai akses bagi mereka untuk ikut bergabung dalam panggilan. Ini dirasa membuat panggilan semakin praktis karena kita tidak perlu lagi mencari kontak satu-persatu dan menambahkan mereka ke panggilan. Pihak penerima tautan hanya perlu mengklik tautan tersebut maka akan langsung tergabung ke dalam panggilan.

Kita bisa mengirim tautan  panggilan ke siapapun, tidak hanya terbatas pada kontak di buku telepon tetapi orang yang bahkan kita tidak punya kontaknya pun bisa menerima tautan link ini. Untuk mengirimkan link tautan, kita bisa berbagi tautan secara langsung dengan menyalin tautan, shareMe, via WhatsApp, facebook, direct message Instagram, pesan SMS, Bluetooth, hingga gmail. Cukup praktis ya, namun sayangnya fitur ini baru tersedia untuk android dan iOS. Jadi kita tidak bisa menggunakan fitur ini di WhatsApp desktop maupun WhatsApp web.

Untuk lebih lengkapnya, berikut cara membagikan tautan panggilan kepada orang lain.

Di tab “Panggilan” silahkan klik “Buat tautan panggilan”. Lalu akan keluar halaman link tautan dan juga akses atau cara untuk membagikan tautan.


Pilih “Jenis Panggilan” apakah panggilan video atau panggilan suara. 

Pilih cara yang kamu inginkan untuk mengirim tautan, apakah kirim via WhatsApp, menyalin tautan, atau membagikannya lewat media lain seperti gmail, Instagram, ataupun Facebook.


Pilih dan kirim kontak yang ingin dikirim tautan, maka tautan akan dikirim ke nomor kontak yang kita pilih.


Nah, sekarang orang yang kamu kirimkan tautan bisa bergabung ke dalam panggilan di tautan yang kita buat. Jika tidak ada yang bergabung, maka panggilan tidak akan bisa dilakukan dan hanya akan muncul tulisan “menunggu peserta lainnya” di halaman panggilan. Namun, jika ada satu saja yang bergabung ke panggilan, maka panggilan grup sudah bisa langsung aktif.

Meski kita bisa mengirim link tautan ke banyak orang, namun hanya orang yang memiliki aplikasi WhatsApp yang bisa bergabung ke panggilanmu sementara yang tidak memiliki aplikasi WhatsApp tidak bisa melakukan panggilan. Biasanya yang tidak memiliki aplikasi akan diarahkan untuk mendwonload aplikasi lewat play store.

Mungkin ada yang bertanya apakah fitur ini aman. Sama dengan fiturnya yang lain, WhatsApp selalu memprioritaskan keamanan aplikasi serta fitur yang ada didalamnya. Diketahui bahwa tautan link akan berbeda setiap kali kita membuat tautan panggilan dan tautan panggilan bisa diblokir oleh whatsApp jika mereka menemukan celah mencurigakan seperti pelanggaran privasi maupun keamanan pengguna.

Untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan, ada baiknya tidak mengirim tautan panggilan kepada sembarang orang, apalagi yang tidak dikenal. Bagikan link kepada orang yang kita percayai, orang terdekat, keluarga, teman, maupun rekan kerja. Semoga informasi ini berguna.




EmoticonEmoticon