Minggu, 23 Oktober 2022

Mengenal Fitur Linked Devices dan Cara Menggunakannya di WhatsApp

 

Salah satu fitur yang cukup populer di WhatsApp adalah fitur Linked Devices atau mentautkan perangkat. Banyak diantara pengguna yang belum terlalu paham atau bahkan ada yang sama sekali tidak tau dengan keberadaan fitur ini. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan kita untuk mentautkan WhatsApp di beberapa perangkat sekaligus dengan cara melakukan pemindaian kode QR.

Saat ini, WhatsApp membatasi jumlah perangkat yang bisa ditautkan adalah 4 perangkat dan 1 ponsel. Ini sangat memudahkan pengguna yang ingin menggunakan WhatsApp di perangkat lain seperti komputer atau laptop dengan data yang tersinkronisasi dengan data WhatsApp di ponsel. Menarik lagi, kita bisa tetap bisa mentautkan aplikasi meskipun aplikasi utamanya, yaitu di ponsel tidak memiliki internet sama sekali.

Untuk bisa mentautkan WhatsApp dengan perangkat lain lewat kode QR, maka kita perlu memiliki aplikasi WhatsApp di perangkat yang dituju. Ada dua cara untuk bisa mengaplikasikan fitur ini, yaitu dengan menggunakan aplikasi WhatsApp desktop ataupun WhatsApp Web. Kedua jenis WhatsApp ini sama-sama ditujukan untuk pemakaian komputer. WhatsApp desktop merupakan aplikasi yang diunduh dan diinstall di komputer layaknya aplikasi android di ponsel.

Sementara WhatsApp Web adalah aplikasi WhatsApp berbasis web atau browser, dimana kita mengakses WhatsApp dari sebuah web yang disediakan WhatsApp yaitu web.whatsapp.com. Untuk bisa membuka WhatsApp desktop maupun WhatsApp web, kita harus melakukan pemindaian kode QR dari WhatsApp di ponsel dengan menggunakan fitur linked devices. Jika ingin tau lebih banyak mengenai WhatsApp web dan WhatsApp desktop ini bisa kamu baca di artikel lain. Tapi, sebagai gambaran, berikut cara yang bisa dilakukan untuk mentautkan WhatsApp di ponsel dengan perangkat komputer menggunakan fitur linked devices.

WhatsApp Desktop

Silahkan download aplikasi WhatsApp desktop di Microsoft store, Apple App Store, maupun disitus resmi WhatsApp.

Buka aplikasi yang sudah terinstall, kita akan diperlihatkan sebuah kode QR dan juga cara untuk melakukan kode QR.

Buka Aplikasi WhatsApp di ponsel dan klik menu titik 3 yang berada di pojok kanan atas di chatting list.

Pilih “Linked devices” atau “Perangkat tertaut”

Lakukan pemindaian kode QR dengan mengarahkan kode di ponsel dengan kode di komputer. Sekarang aplikasi whatsApp desktop sudah bisa dilakukan dikomputer.

WhatsApp Web

Cara menggunakannya juga sangat mudah, kita tidak perlu download atau menginstal aplikasi ke komputer. Kita tinggal mengunjungi webnya yaitu web.whatsapp.com, lalu akan keluar halaman pemindaian kode QR persis halaman awal ketika kita membuka aplikasi WhatsApp desktop. Kita bisa langsung proses linked device dengan kode QR dengan cara yang sama. Setelah itu, aplikasi langsung terbuka di link baru dan bisa digunakan layaknya menggunakan WhatsApp biasa.

Bagaimana Cara Memutuskan Tautan Perangkat

Saat kita ingin menutup Aplikasi WhatsApp di komputer, maka berikut cara yang bisa kita lakukan.

Buka aplikasi WhatsApp di ponsel, lalu klik menu 3 titik di pojok kanan atas di chatting list.

Pilih perangkat tertaut, maka akan muncul halaman status perangkat apa saja yang sedang log in.

Klik perangkat yang ingin di log out, disini adalah “Google Chrome (Windows)”. Maka akan keluar pop up informasi pentautan, seperti terakhir aktif dan lokasi ditautkan. Klik opsi “Keluar”yang ada dibagian bawah, maka aplikasi yang sedang aktif di perangkat tersebut akan langsung tertutup alias log out secara otomatis.

Linked Device WhatsApp Bussines dan API

Seperti yang disinggung sebelumnya, WhatsApp membatasi jumlah perangkat yang ditautkan yaitu hanya 4 perangkat saja dengan 1 ponsel sebagai aplikasi WhatsApp utama. Bagi pengguna skala bisnis atau perkantoran, bisa menggunakan WhatsApp bussines atau WhatsApp API untuk dapat mentautkan device yang lebih banyak.

Di WhatsApp bussines biasa sebenarnya juga hanya bisa mentautkan 4 perangkat dan 1 ponsel disaat yang bersamaan, namun jika kita memiliki WhatsApp bussines premium, maka kita bisa memiliki akses ke 10 perangkat sekaligus. Dan, pengguna juga bisa mendapatkan akses device untuk jumlah admin tanpa batas untuk WhatsApp API. Dengan begitu, pengguna bisa membalas pesan dan melayani klien mereka dengan cepat dan praktis.





EmoticonEmoticon