Sabtu, 01 Oktober 2022

Telegram Sebagai Tempat Menonton Film dan Drama Secara Gratis

 

Suatu ketika saya mendengar seseorang bercerita mengenai film yang mereka tonton di aplikasi bernama Telegram. Itu adalah pertama kalinya saya mendengar aplikasi ini dan langsung menebak bahwa Telegram ini pasti aplikasi untuk menonton film. Setelah mencari tau, ternyata saya keliru, karena sebenarnya aplikasi Telegram bukanlah aplikasi untuk menonton film, melainkan aplikasi perpesanan instan layaknya WhatsApp. Di Telegram, kita bisa mengirim pesan teks, stiker, voice note, dan melakukan panggilan suara maupun video. Namun dalam perkembangannya, Telegram justru marak digunakan sebagai tempat untuk menonton.  Lalu, bagaimana dan apa yang membuat Telegram banyak digunakan sebagai tempat untuk menonton film?

Menggunakan Penyimpanan Cloud

Alasan besar kenapa pengguna bisa menonton film atau drama secara gratis di Telegram adalah karena aplikasi ini memiliki jenis penyimpanan berbasis cloud. Seperti yang kita tau, penyimpanan cloud atau cloud storage adalah penyimpanan secara online yang cukup populer saat ini karena memiliki ruang besar yang tak terbatas. Ini juga yang menjadi alasan kenapa aplikasi Telegram memiliki ukuran file yang kecil dan tidak membuat ruang penyimpanan telpon penuh. Sebagian besar history chat, chache, atau media tidak menggunakan penyimpanan telepon sehingga tidak menumpuk dan memenuhi memori ponsel.

Dengan penyimpanan berbasis cloud, maka memungkinkan pengguna untuk mengirim file ukuran besar. Ini adalah salah satu keunggulan Telegram dibandingkan dengan berbagai aplikasi perpesanan instan lainnya. Jika di aplikasi lain, sebut saja WhatsApp kita hanya bisa mengirim file baik itu foto, video atau pesan suara dengan ukuran maksimal 16 MB, maka di Telegram pengguna bisa mengirim file dengan ukuran 2 GB. Tak tanggung-tanggung, bahkan pengguna premium memiliki kemampuan untuk bisa mengirim file dengan ukuran hingga 4 GB.

Maka, tidak heran jika pengguna banyak yang membagikan film atau drama di akun mereka. Ditambah lagi, di Telegram pengguna tidak hanya bisa membuat grup, tetapi juga channel. Kita bisa dengan mudah menemukan grup atau chanel yang khusus berbagi film atau drama. Pengguna bisa menonton film hanya dengan mengetik judul film yang diinginkan di kolom search, lalu akan muncul grup dan channel mana saja yang memiliki film tersebut. Ada banyak film atau drama series dengan beragam genre tersedia di Telegram. Film ini banyak yang tersedia dengan subtitle nya juga. Terlebih lagi, film ini bisa didwonload dengan mudah sehingga hasil download bisa ditonton secara offline. Maka jadilah, disamping sebagai aplikasi perpesanan dan panggilan, Telegram menjadi populer sebagai tempat untuk menonton.

Amankah Menonton Film di Telegram?

Sebenarnya aman-aman saja menonton film di Telegram, karena kita tinggal mencarinya di kolom search, lalu sudah bisa langsung menonton tanpa harus melihat iklan atau gimik menyesatkan. Hanya saja, perlu diketahui bahwa kebanyakan film di Telegram adalah illegal karena direupload kembali dan tidak mendapatkan persetujuan dari pihak produksi film terkait. Sama seperti disaat kita menonton film gratis di website atau aplikasi film bajakan. Bahkan, tidak jarang film yang masih baru sudah bisa ditonton secara gratis tanpa harus ke bioskop. Sehingga secara langsung atau tidak kita telah ikut merugikan pihak indutstri perfilman, kecuali jika memang sudah mendapatkan persetujuan atau mungkin pihak produksi film itu yang membagikannya sendiri.

Baru-baru ini, Kementrian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) telah memberikan peringatan akan menutup akun atau channel yang menyebarkan konten film secara illegal. Ini berguna untuk menekan penyebaran film bajakan dan Telegram tidak dijadikan sebagai tempat nonton film bajakan.  Pihak Telegram sendiri tidak menyarankan penggunanya untuk saling berbagi film, hakikat sebenarnya dari Telegram adalah sebagai aplikasi perpesanan bukan aplikasi menonton film. Meski begitu, mereka juga tidak melakukan pelarangan keras karena terkait privasi. Pihak Telegram hanya sebatas memberikan akses kepada semua penggunanya untuk bisa mengirim file, foto, ataupun pesan suara dengan ukuran besar. Dan akses inilah yang dimanfaatkan pengguna untuk membagikan film film.

Sekarang kembali ke diri masing-masing. Jika ingin menghargai karya dan jerih payah industri perfilman, maka kita bisa mencari alternative lain yaitu menonton di aplikasi-nonton film lain yang sudah legal dan aman. Diantara aplikasi tersebut seperti misalnya WeTV, Iflix, Maxtream, Rakuten TV, iQiYi, Viu dan beberapa aplikasi lain.  Kebanyakan film disini juga gratis, namun ada beberapa film terutama film yang baru rilis disediakan secara berbayar.





EmoticonEmoticon