Selasa, 29 November 2022

Ini Dia Sejumlah Fitur Clubhouse yang Perlu Diketahui Pengguna Pemula

Banyak pengguna pemula yang cukup bingung saat pertama kali membuka aplikasi Clubhouse. Bagi yang belum tau, Clubhouse adalah aplikasi audio-chat yang diminati banyak orang saat ini. Didalam aplikasi ini para pengguna berkomunisasi dengan audio alias suara dan sedikit menggunakan text chat.

Pengguna bisa membuka room diskusi atau bergabung ke dalam sebuah diskusi. Yang paling menarik adalah, di Clubhouse banyak tersedia diskusi berkualitas yang langsung di moderatorkan oleh orang yang memang memiliki banyak pengetahuan tentang tersebut alias pakarnya. Sehingga, kita bisa menimba banyak ilmu baru di aplikasi ini.

Kembali lagi ke topik awal. Jadi tidak sedikit pengguna yang bingung bagaimana cara menggunakan Clubhouse dan apa saja fitur clubhouse. Wajar ya, karena masih pemula dan pertama kali menggunakan aplikasi tentu kita belum tau fungsi dari setiap fitur yang ada didalamnya. Untuk membantu kamu yang baru saja mengunduh Clubhouse, maka berikut beberapa fitur Clubhouse yang bisa langsung kamu coba.

Mengirim Pesan Pribadi di Clubhouse

Pengguna lama tentu tau kalau dulu tidak ada fitur chat pribadi sama sekali di Clubhouse. Kemudian, muncul fitur chat dalam room diskusi yang berguna untuk mengobrol antar anggota room. Jadi, satu-satunya jalan ketika kita ingin mengirim pesan pribadi kepada pengguna lain adalah menghubungi mereka lewat media social lain yang mereka sertakan di bio.


Kini, tidak hanya chat grup, kita sudah bisa mengirim pesan pribadi kesiapapun. Caranya sangat mudah, tinggal klik profil pengguna lalu di bagian bawah profil kita akan menemukan “message” dengan ikon pesawat kertas. Tinggal klik ikon tersebut, lalu kita bisa langsung mengirim pesan.

Membuat Bio Clubhouse


Klik menu tab profil yang berada di bawah kanan beranda aplikasi. Nah, di bawah username ada tulisan “Add a bio”. Akan muncul sebuah halaman dimana kita bisa menulis mengenai diri kita. Kita bisa menulis nama, pekerjaan, ataupun hal lain yang dirasa perlu dimasukkan ke dalam bio. Disini, kita juga bisa menambahkan akun social media lain seperti Twitter dan juga akun Instragram.

Membuat Room Clubhouse

Bagaimana membuat room di clubhouse? Caranya cukup gampang, kita bisa melakukannya dengan mengklik tombol +room berwarna hijau, yang berada di paling bawah beranda. Berikutnya, kita akan diminta untuk memilih beberapa opsi untuk memulai room apakah “anyone on clubhouse” dimana semua orang bisa bergabung ke dalam room kita, “my friends” dimana hanya teman yang bisa bergabung, “People I choose..” dimana hanya orang yang kita pilih yang bisa bergabung, atau beberapa pilihan lainnya. 


Setelah itu, kita akan diminta untuk menambahkan title room, tapi ini bersifat optional. Nah, room akan langsung aktif dan kita sudah bisa untuk berbicara. Di dalam room tersebut ada beberapa fitur setelan yang bisa digunakan, seperti misalnya membagikan room, melaporkan masalah audio, tombol mikrofon untuk menyalan atau mematikan suara, termasuk juga tombol leaving quitly yaitu saat kita ingin meninggalkan ruangan room.

Cara Bergabung ke Live Room Clubhouse

Di beranda Clubhouse, kita akan melihat kelompok-kelompok live room yang terdiri dari informasi tema diskusi, nama, dan jumlah anggota yang bergabung. Kita tinggal scroll dan temukan topik yang paling menarik untuk kamu dengar. Silahkan klik room yang kamu pilih, lalu kita bisa langsung mendengar moderator yang tengah berbicara.


Saat bergabung, status kita adalah pendengar. Kita akan bergabung ke dalam daftar “other in the room” di bagian bawah. Sementara orang-orang di bagian atas adalah mereka yang menjadi pembicara. Sebagai pendengar, kita hanya bisa mendengarkan moderator mendiskusikan sebuah topik. Meski begitu, ada beberapa jalan yang bisa kita lakukan agar bisa ikut berbicara.

Menjadi Pembicara dan Bertanya di Clubhouse

Sebelumnya, sempat disinggung bahwa sebagai pendengar kita bisa memiliki cara agar ikut speak up, apakah itu sekedar bertanya, memberikan pendapat, atau bahkan menjadi pembicara. Lalu, bagaimana caranya menjadi pembicara di clubhouse?

Pertama, klik ikon angkat tangan  yang berada di pojok kanan bawah dalam sebuah room. Fitur ini berguna bagi peserta yang ingin mengajukan pertanyaan. Setelah dipersilahkan oleh moderator, maka kita langsung berbicara. 


Kedua, di kiri bawah ada fitur chat grup. Jika kita ingin menjadi salah satu pembicara, maka kita bisa meminta kepada moderator untuk mengundang kita lewat chat grup. Atau, jika kita kurang nyaman meminta di chat grup, kita bisa langsung memintanya lewat chat pribadi kepada moderator.

Terkadang, saat bergabung ke sebuah room, kita juga bisa mendapatkan notifikasi dari moderator yang mengirim undangan menjadi pembicara, meskipun kita tidak meminta. Kita bebas memilih apakah kita ingin menerima ajakan atau menolaknya. Jika kita menerimanya, maka secara otomatis kita akan tergabung dalam salah satu pembicara di room tersebut dan bebas untuk berbicara.

Keluar dari Room Clubhouse

Memencet tombol kembali di ponsel tidak akan membuat kita keluar dari sebuah live room. Forum obrolan biasanya akan berubah menjadi halaman pop up. Untuk keluar, kita bisa klik tombol leave quietly dengan ikon ‘’ yang berada di pojok kanan atas room.

Menginvite Teman Clubhouse

Dulu, untuk bisa masuk ke Clubhouse, kita harus mendapatkan undangan invite dari seseorang yang sudah memiliki akun di Clubhouse. Dengan kata lain, jika kita tidak memiliki tautan undangan dari seseorang, maka kita tidak akan bisa masuk ke dalam Clubhouse. Sekarang sistem invite ini sudah dihapus dan setiap orang bisa mendaftar ke Clubhouse dengan mudah. 


Meski begitu, kita masih bisa mengundang teman agar mereka tertarik bergabung ke Clubhouse dan bisa menemukan kita di Clubhouse untuk berkomunikasi. Nantinya nama kita akan ditempel di profil mereka yang berhasil kita undang dengan tulisan “nominated by..”

Caranya cukup mudah. Di bagian atas beranda, silahkan lihat ada ikon amplop tepat disamping ikon lonceng. Silahkan klik amplop tersebut, lalu akan ada kolom untuk menginvite seseorang dengan cara memasukkan nomor telepon mereka. Nantinya invite text akan dikirim kepada kontak tersebut.

Nah, itu dia beberapa fitur yang bisa mempermudah kamu yang baru saja mengunduh aplikasi Clubhouse. Mungkin ada beberapa fitur lain yang belum sempat dimasukkan ke dalam artikel ini, tapi kamu bisa mempelajarinya dengan mudah. Clubhouse bisa dibilang aplikasi dengan sistem UI yang simple dan menu-menunya cukup mudah dipelajari secara otodidak. Selamat mencoba, semoga artikel ini berguna.  





EmoticonEmoticon