Jumat, 25 November 2022

Cara Mudah Backup dan Restore Data WhatsApp ke Google Drive

Kejadian seperti kehilangan data atau file penting sering terjadi. Kita tidak pernah tau kapan perangkat kita diserang virus, rusak, hilang, dicuri, dan berbagai alasan lainnya. Kehilangan file penting cukup membuat kita menangis dan menyesal kenapa kita tidak melakukan backup sejak awal.

Untuk sebagian orang, mereka mungkin hanya rugi karena kehilangan memori dan kenangan berupa foto atau video. Namun, jika itu seorang pengusaha maka mereka juga bisa menderita kerugian material karena kehilangan data pelanggan, laporan untung-rugi, data kerjasama, file planning, atau berbagai data penting perusahaan lainnya. Cukup bisa membuat seseorang menjadi stress.

Hal ini tidak terkecuali juga bisa terjadi pada data di WhatsApp, berupa chat maupun media. Berbagai data ini suatu saat bisa saja hilang ketika kita tak sengaja uninstall, aplikasi diserang virus, atau jika ponsel kita mengalami kerusakan atau hilang otomatis kita tidak memiliki aplikasi WhatsApp lagi. Saat menginstall aplikasi WhatsApp lagi di perangkat baru, meskipun masih menggunakan nomor yang sama, namun semua data biasanya hilang.

Sebelum penyesalan datang, ada baiknya melakukan backup data agar kita masih memiliki data yang sama disaat data diperangkat utama hilang atau rusak. Bagi yang belum tau, Backup data adalah proses menyalin atau mencadangkan data ke perangkat lain, seperti memori card, flashdisk, hardisk eksternal, ataupun berbagai penyedia cloud storage yang saat ini sedang banyak digunakan.

Untuk WhatsAp sendiri memiliki fitur pencadangan lokal ke memori SD atau penyimpanan Telepon. Namun, kendalanya kadang kita tidak memiliki penyimpanan SD/telepon yang cukup sementara data dipulihkan secara terus menerus. Karena itu, sebagai pilihan keduanya, WhatsApp bisa juga dicadangkan ke cloud storage yaitu iCloud bagi pengguna Apple atau Google Drive untuk pengguna Android. Khusus di artikel ini, kita akan coba mencari tau bagaimana cara backup dan restore data WhatsApp ke Google Drive.

Apa itu Google Drive 

Google Drive adalah salah satu opsi backup data berbasis cloud yang disediakan oleh perusahaan raksasa, Google. Dibanding dengan penyimpanan di perangkat seperti flashdisk, kartu memori, maupun hard card, penyimpanan cloud dirasa lebih aman karena minim kerusakan atau serangan virus.

Setiap pengguna diberikan ruang penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis. Meski begitu, kita masih bisa memiliki penyimpanan lebih besar hingga 2 TB dengan membeli ruang penyimpanan berbayar. Bagi kamu yang tertarik silahkan lihat sendiri harganya di drive, ya.

Aplikasi Drive biasanya sudah ada di ponsel sebagai aplikasi bawaan. Kita tinggal membukanya dan otomatis terbuka dengan menggunakan akun Google yang sedang aktif. Namun, jika belum ada, kita bisa langsung mengunduhnya di Play Store. 

Cara Backup Data WhatsApp ke Google Drive

Mencadangkan data Chat dan media WhatsApp ke Google sangat gampang sekali karena WhatsApp sendiri memiliki fitur khusus untuk mengatur pencadangan data. Berikut cara backup data WhatsApp ke Google Drive yang bisa kamu coba sendiri.

Pilih menu Setelan yang berada di titik tiga pojok kanan atas beranda WhatsApp.

Pilih Opsi Chat, lalu pada bagian bawah klik “Cadangan Chat”.


Scroll ke bawah dan temukan “Cadangkan ke Google Drive”. Aktifkan juga toggleSertakan Video” jika kita ingin media video juga ikut dicadangkan.


Pilih opsi frekuensi pencadangan chat dan media, apakah itu harian, mingguan, bulanan, atau hanya ketika kita ingin mencadangkan.

Pilih Akun Google untuk mencadangkan chat, atau ketuk “Tambahkan Akun” jika ingin akun Google lain yang tidak tersedia di pilihan. Klik cadangkan. Maka data akan diproses untuk dicadangkan.


Oke, sekarang kita sudah berhasil melakukan backup data WhatsApp ke Google Drive dengan aman. Data akan otomatis dicadangkan sesuai dengan frekuensi yang kita pilih, misalnya kita memilih opsi “Harian” maka data akan otomatis dicadangkan setiap harinya.

Cara lainnya adalah dengan memilih opsi “Riwayat Chat” yang berada tepat di bawah opsi “Cadangkan Chat.” Saat kita mengklik opsi, tapi untuk mencadangkan, silahkan klik “Ekspor Chat”. Lalu, pilih kontak yang ingin chatnya dicadangkan termasuk juga opsi apakah kita ingin menyertakan media atau tidak. Lalu, Chat akan dicadangkan di akun Google yang tengah aktif.

Tak kalah penting, kita bisa mengaktifkan setelan “Cadangan terenskripsi end-to-end” yang berada di bagian atas opsi “Cadangkan ke Google Drive”. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka kita telah menambah lapisan keamanan untuk data yang dicadangkan, karena hanya kita yang bisa membukanya, orang lain - termasuk pihak WhatsApp tidak bisa mengaksesnya.

Cara Restore Data dari Google Drive ke WhatsApp

Sebelumnya kita sudah berhasil mencadangkan data WhatsApp ke Google Drive. Jika sewaktu-waktu ponsel kita hilang, aplikasi eror, atau alasan lain yang membuat kita harus menginstall ulang aplikasi, maka cara merestore atau memulihkan data bisa kita lakukan dengan gampang. Berikut cara restore data WhatsApp dari GoogleDrive.

Disaat kita mengunduh aplikasi WhatsApp baru, kita akan diminta untuk verifikasi nomor. Gunakan nomor ponsel yang sama dengan nomor yang dulu kita buat untuk mencadangkan. Jika tidak, maka data tidak akan ditemukan. Setelah itu akan ada opsi “Pulihkan” untuk memulihkan data dari Google drive. Selanjutnya kita tinggal memilih akun google yang datanya ingin direstore. Jangan lupa untuk memasukkan akun google yang sama dengan akun Google yang dulu kita gunakan untuk mencadangkan. Jika berbeda, maka data tidak akan berhasil di pulihkan.

Hanya dengan melakukan cara itu, akhirnya kita bisa menemukan kembali media dan chat seperti semula. Cukup mudah ya, cara backup dan restore data WhatsApp ke Google Drive. Semoga informasi ini berguna.    






EmoticonEmoticon