Rabu, 18 Oktober 2023

Perlu Tau, ini Sejumlah Perbedaan Samsung Galaxy A04 & A04e

 


Di tahun 2022, ada beberapa produk smartphone Samsung yang dirilis di pasar Indonesia, diantaranya adalah Samsung Galaxy A04 dan A04e. Kedua produk ini masih menjadi incaran karena ini adalah salah satu seri termurah dari Samsung Galaxy. Di Shopee yaitu toko Samsung Official Shop sendiri, seri A04 dan A04e ini telah terjual ribuan produk.

Banyak orang berpikir produk ini sama karena dilihat dari namanya hampir sama dan designnya pun sangat mirip. Saya pribadi awalnya juga penasaran apa perbedaan keduanya karena dari nama hanya beda tambahan huruf “e” nya saja sementara untuk harganya lumayan berbeda jauh. Setelah ditelusuri, ternyata cukup banyak lho perbedaan diantara kedua meskipun mereka masih dalam satu angkatan. Perbedaan ini terutama terletak pada speknya sendiri. Jadi, disini kita akan melihat apa perbedaan Samsung Galaxy A04 dan A04e agar membantu teman-teman yang lagi bimbang memilih produk yang cocok.

1. Harga

Dari segi harga, Samsung Galaxy A04 memiliki harga lebih tinggi dibanding dengan Samsung Galaxy A04e. Harga resmi Samsung Galaxy A04e dengan penyimpanan 3/64GB adalah Rp. 1.399.000 sementara A04 dengan penyimpanan 4/64 GB dijual seharga Rp. 1,799.000. Ini bisa menjadi gambaran berapa besar selisih antara keduanya. Namun, harga juga tergantung pada besarnya ruang penyimpanan yang kita pilih. Bisa dibilang, A04e ini menjadi produk smartphone termurah di Samsung Galaxy.

Kita bisa mendapatkan harga lebih murah dengan cara berbelanja langsung di Official Shop Samsung di Shopee. Setiap produk selalu dikasih harga diskon dan lebih menarik lagi Samsung sering mengadakan flash sale untuk beberapa produk pilihan. Sebagai gambaran, untuk harga Samsung Galaxy A04e dengan penyimpanan 3/64GB diatas, dijual seharga Rp. 1.299.000 sementara A04 dengan penyimpanan 4/64 GB dijual seharga Rp. 1,429.000. Wah lumayan banget ya potongan harganya jika beli online. Yang mau harga murah ini silahkan pantau harganya dan langsung beli di Samsung Official Shop di Shopee.

2. Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan menjadi pertimbangan cukup kuat saat kita memilih sebuah ponsel. Samsung Galaxy A04e tersedia dengan RAM 3 dan Storage 32 & 64. Sementara Samsung Galaxy A04 tersedia RAM 3& 4 dan 32 & 64 GB storage. Jika dibandingkan dari segi penyimpanan, A04 memiliki pilihan penyimpanan lebih besar yaitu tersedia 4/64 GB.

Bagi teman-teman yang dananya benar-benar minim sebenarnya bisa memilih ruang penyimpanan 3/32 atau 3/64, karena untuk pemakaian biasa ruang penyimpanan ini masih sangat layak dipakai. Tapi jika punya budget lebih ada baiknya memilih penyimpanan lebih besar agar kita bisa menyimpan file lebih banyak. Dan, lagipula selisih harga antara 3/64 dan 4/64 tidak begitu banyak yaitu sekitar 150rb an saja.

3. Kualitas Kamera

Kualitas kamera juga tidak kalah penting. Orang-orang membutuhkan hasil foto & video yang jernih untuk dijadikan kenangan atau diupload di berbagai media sosial mereka. Untuk front camera, keduanya sama-sama mengusung 50MP. Beda Samsung Galaxy A04 dan A04e terletak pada rear camera atau kamera belakang dimana A04 memiliki resolusi 50 MP (wide) + 2 MP (depth), sementara A04e memiliki resolusi 13 MP (wide) + 2 MP. Jadi kelihatan ya, kualitas kamera belakang A04 lebih bagus dibanding A04e.Dari segi design, kamera depan sama-sama menggunakan panel infinity V dengan notch membentuk huruf V. Persamaan lainnya, kedua seri ini sama-sama menggunakan display 6,5 inch PLS LCD beresolusi HD + (1600 x 720 pixel).

4. Prosesor/Chipset

Samsung Galaxy A04e menggunakan Media Tek Helio G35, sementara A04 menggunakan Media Tek Helio P35. Media Tek Helio P35 dan G35 adalah prosesor kelas menengah yang sering dipakai untuk beragam merk ponsel ternama. Chipset ini banyak digunakan karena selain bagus juga bisa menekan harga, sehingga konsumen bisa mendapatkan ponsel berkualitas dengan harga lebih murah. Media Tek Helio G35 memiliki technology HyperEngine yang mampu menghasilkan performa lebih cepat & grafis yang tinggi.

Chipset ini juga mendukung efisiensi daya sehingga batrai lebih awet.  Sementara untuk chipset P35, dari laman Media Tek dijelaskan bahwa Helio P35 ini mendukung sistem kamera ganda yang didukung hardware depth engine sehingga hasil jepretan berkualitas tinggi. Selain itu, dengan chipset ini kita juga bisa merasakan teknologi zoom gambar jernih, dan resolusi layar full HD + dan rasio 20:9. Disinyalir, Helio P35 ini setara dengan Qualcomm Snapdragon 625 karena memiliki skor AnTuTu yang hampir sama. Jadi, kedua chipset ini sebenarnya memiliki kualitas yang sama-sama bagus.  

Dari beberapa perbedaan Samsung Galaxy A04 dan A04e tersebut, bisa dilihat bahwa A04 memiliki spek setingkat lebih tinggi dibanding A04e. Ini wajar melihat harganya juga lebih mahal. Kata orang, ada harga ada kualitas.Tapi bukan berarti A04e jelek, hanya saja A04 lebih baik dari beberapa segi. Sekarang tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan kita masing-masing setelah mempertimbangkan berbagai hal apakah itu harga maupun spesifikasinya.

Bagi yang hendak membeli secara online, kami rekomendasikan untuk membeli seri Samsung Galaxy langsung di Official Shop Samsung di Shopee lewat link di atas, karena sudah pasti resmi, baru, dan 100% original. Selain itu, kita juga bisa lebih hemat karena semua produk dijual dengan harga diskon. Ponsel termasuk produk mahal jadi kita perlu pintar memilih toko terpercaya. Untuk itu, langsung saja kunjungi Samsung Official Shop untuk menemukan ponsel terbaik.






EmoticonEmoticon