Sabtu, 02 Oktober 2021

Yuk, Intip Beberapa Tips Berikut Sebelum Berbelanja Online

 

Berbelanja secara online menjadi tren yang tak terelakkan di masa ini, terlebih sejak merebaknya virus covid-19, semua orang semakin lari ke transaksi secara online. Hadirnya marketplace yang saat ini jumlahnya tidak bisa dikatakan sedikit juga membuat tren belanja online semakin berkembang dengan begitu pesat. Hampir semua yang dibutuhkan bisa dipesan secara online, seperti makanan, pakaian, peralatan rumah tangga, kosmetik dan aksesoris, sampai pada produk digital seperti pulsa, paket internet, tagihan listrik, atau tiket pesawat semuanya bisa dipesan secara online. Ini juga tidak terlepas dari banyaknya produsen atau penjual yang menjajakan barangnya secara online.

Belanja online membawa begitu banyak kemudahan. Kita tidak perlu mendatangi toko atau penjual secara langsung untuk membeli, sehingga praktis dan menghemat tenaga dan juga waktu. Pilihan produk juga jauh lebih banyak sehingga kita bisa memilih produk yang paling sesuai. Namun, dibalik kemudahan yang ditawarkan, belanja online juga membawa dampak buruk. Tidak jarang banyak konsumen online mengeluh barang tidak kunjung dikirim padahal dibayar, produk yang tidak sesuai dengan yang dipesan, produk diterima dalam keadaan rusak, ataupun berbagai keluhan lainnya.

Kita perlu menyadari bahwa tidak semua belanja online itu aman. Sebagai konsumen online, kita juga perlu pintar dalam bertransaksi agar tidak tertipu dan mengalami kejadian yang tak mengenakkan seperti keluhan-keluhan yang disebutkan sebelumnya. Untuk itu, ada beberapa tips belanja online yang perlu diperhatian sebelum berbelanja. Berikut beberapa tips tersebut.

Melakukan survei

Saat memutuskan berbelanja di sebuah tempat tertentu, baik itu di marketplace atau media social lainnya, kamu perlu melakukan survey kecil-kecilan.Kamu perlu melihat bagaimana reputasi toko tersebut dan bagaimana pendapat orang-orang yang pernah berbelanja di sana. Hal ini sangat berguna untuk menghindari resiko adanya penipuan atau sejenisnya. Jika kebanyakan testimoni pembeli bagus, maka kamu bisa mencoba berbelanja di toko online tersebut. Kamu juga bisa meminta pendapat keluarga ataupun teman tentang toko online terpercaya yang pernah mereka coba.

Baca Deskripsi Produk

Bagian penting yang sebaiknya tidak kamu lupakan saat belanja online adalah memahami deskripsi produk yang kamu beli. Kekecewaan bisa terjadi tidak hanya dari pihak penjual, melainkan bisa dari diri kamu sendiri. Saat membeli sebuah baju misalnya, kamu merasa penjual sudah menipu karena mengirimkan baju yang bahannya tidak sesuai ekspetasi kamu. Padahal ternyata di deskripsi sudah dijelaskan secara detail bahan baju tersebut. Untuk itu, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, maka jangan lupa untuk membaca deskripsi produk terlebih dahulu.

Pilih Pembayaran yang Aman

Jenis penipuan yang paling banyak terjadi adalah produk yang tidak dikirim sementara kita sudah melakukan pembayaran. Dengan kata lain, penjual memang sengaja berpura-pura sebagai penjual dan menghilang entah kemana begitu uang ditransfer. Tidak masalah jika kamu atau temanmu sudah pernah membeli di toko tersebut sebelumnya atau toko tersebut sudah terpercaya, tapi jika itu adalah pertama kalinya dan kamu belum tau reputasi toko tersebut, maka ada baiknya menghindari sistem bayar dimuka secara penuh. Akan lebih baik jika menggunakan system bayar setengah, dimana kekurangan akan ditransfer setelah produk sampai.

Lain ceritanya jika berbelanja di marketplace. Kejadian seperti ini jarang terjadi karena kebanyakan marketplace telah menerapkan system rekber atau rekening bersama, dimana uang yang sudah ditransfer akan ditahan oleh marketplace dan baru akan diteruskan kepenjual jika produk sudah diterima pembeli. Jika seandainya penjual tidak mengirimkan produk, maka uang yang sudah dibayar akan dikembalikan ke pembeli oleh marketplace. Sehingga rekber bisa menjadi system pembayaran yang sangat aman. Untuk itu, ada baiknya memilih media yang memiliki system pembayaran seperti ini untuk belanja online.

Jangan Tergiur Harga tak Wajar

Siapa yang tidak tergiur dengan harga murah? Setiap orang mendambakan bisa membeli produk yang sama tapi harga yang lebih murah, dengan begitu bisa mengirit pengeluaran. Hanya saja, kita juga perlu pintar membedakan mana harga murah yang masih wajar dan mana harga murah yang diluar batas kewajaran. Kosmetik misalnya, jika produsen utamanya saja menjual dengan harga 50.000, tetapi sebuah toko di marketplace menjual tidak sampai setengah harganya, maka perlu dicurigai apakah itu produk original atau tidak dan apakah produk tersebut aman atau tidak.

Minta Foto Produk dan Resi Pengiriman

Bagian yang tak kalah penting lainnya adalah foto produk dan juga resi pengiriman. Untuk foto produk, biasanya memang sudah disediakan oleh penjual, apalagi di marketplace biasanya mengharuskan adanya foto produk sebagai syarat untuk menjual. Hanya saja, untuk beberapa kasus ada juga yang tidak menyediakan foto produk dan hanya menuliskan deskripsi ataupun merk produk yang dijual. Selain itu, ada juga foto produk yang dilampirkan kurang jelas. Jika ini terjadi, maka kamu jangan segan untuk meminta penjual mengirimkan foto produk yang lebih jelas, seperti misalnya foto produk dari sisi depan, belakang, atau samping jika diperlukan. Hal ini untuk memastikan bahwa itu benar-benar produk yang kamu cari.

Terakhir, kamu juga perlu meminta resi pengiriman. Pengiriman barang melalui jasa pengiriman seperti JNE, POS Indonesia, ataupun jasa pengiriman lainnya selalu memiliki resi pengiriman. Karena itu, jika penjual sudah mengirim produknya, maka jangan lupa untuk meminta bukti pengiriman yaitu nomor resi ini. Resi pengiriman berguna untuk memastikan bahwa produk yang kamu beli benar-benar sudah dikirim. Selain itu, resi pengiriman juga berfungsi untuk melacak keberadaan paketmu sehingga kamu bisa tau paketmu sudah sampai di daerah atau kota mana. Di marketplace seperti Shopee ataupun Tokopedia, resi pengiriman biasanya akan diinput sendiri oleh penjual setelah barang dikirim dan system trackingnya juga akan otomatis muncul. Dengan begitu, kamu tidak perlu meminta nomor resi dan bisa langsung melihatnya di status pengiriman.

Nah, itu dia beberapa poin yang perlu kamu perhatikan sebelum berbelanja secara online. Semoga tips ini berguna dan bisa membantu kamu agar tidak tertipu ataupun mengalami masalah yang kurang mengenakkan saat berbelanja online. 

 

Gambar illustrasi : justynafaliszek/pixabay

  


EmoticonEmoticon