Jumat, 31 Desember 2021

Mengintip Pemain Cloud Kitchen yang Lagi Populer Di Indonesia

 





Beriringan dengan pesatnya perkembangan food delivery, munculah istilah baru dalam dunia bisnis kuliner atau F & B, yaitu cloud kitchen atau dapur awan. Cloud Kitchen bisa dikatakan sebagai dapur bersama karena di dalamnya terdapat beberapa pengusaha kuliner atau merek yang bekerja di tempat yang sama. Ada beberpa dapur yang dibagi dengan sekat-sekat untuk disewakan kepada mitra kuliner. Disinilah mitra akan mengolah makanan mereka, lalu kemudian dikirimkan kepada konsumen lewat jasa pengiriman.

Tidak sedikit pengusaha kuliner lebih memilih untuk menyewa di sebuah Cloud Kitchen karena modal yang dikeluarkan dirasa lebih sedikit dibandingkan membuat restoran sendiri. Seperti yang kita tau, modal untuk membuat usaha kuliner tidaklah sedikit. Kita perlu membangun atau menyewa tempat, memikirkan fasilitas dan dekorasi fisik restoran, hingga membeli peralatan dan perlengkapan dapur. Sementara di cloud kitchen, kita hanya cukup membayar uang sewa, lalu dapur sudah bisa langsung dioperasikan.

Penyewa dapur atau yang disebut juga pemilik dapur tidak perlu memikirkan fasilitas dapur lagi, terutama peralatan dan perlengkapan memasak karena semua fasilitas dapur tersebut sudah disediakan. Selain itu, kamu juga tidak perlu memikirkan dekorasi fisik ataupun tempat khusus untuk dine-in atau makan di tempat, karena pesanan yang masuk menggunakan sistem food delivery.

Di lain sisi, tidak hanya pebisnis, pelanggan sebagai konsumen juga ikut diuntungkan karena cloud Kitchen ini seperti Food Court dalam sebuah aplikasi, dimana mereka bisa memesan berbagai macam menu dengan brand yang berbeda sekaligus dalam satu tempat. Selain bisa mendapatkan menu dari merchant yang berbeda, konsumen juga lebih hemat waktu dan ongkos kirim karena pesanan langsung diambil di court yang sama dan tidak harus memesan dibeberapa tempat dengan daerah yang berbeda. Dengan begitu, kehadiran cloud kitchen bisa memberi kemudahan dari sisi merchant dan juga konsumen. Baiklah, bagi kamu yang mungkin tertarik untuk mencoba dapur cloud kitchen atau sekedar penasaran, berikut beberapa ulasan nama pemain cloud kitchen yang lagi naik daun di Indonesia.

Dapur Bersama GoFood

Gojek merupakan salah satu perusahaan layanan ojek online dan food delivery yang populer di Indonesia. Saat ini, perusahaan memperluas perkembangan bisnis mereka dengan membentuk cloud kitchen di tahun 2019 bernama Dapur Bersama GoFood. Inovasi ini bertujuan untuk membantu UMKM kuliner atau F&B mengembangkan bisnis mereka. Ekspansi bisnis ini tentu sangat sejalan dengan layanan mereka yaitu food delivery karena di dapur bersama Gofood pengantaran makanan dilakukan oleh mitra driver gojek itu sendiri, yaitu melalui pemesanan di GoFood. 

Diketahui bahwa Gojek bekerjasama dengan perusahaan cloud Kitchen terkemuka di India bernama Rebel Food dalam mendirikan Dapur bersama GoFood. Saat ini, Dapur Bersama GoFood telah memiliki sekitar 27 outlet yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, dan Medan. Gojek mengajak mitra GoFood untuk bergabung di Dapur Bersama karena bisa membantu mitra meminimalisir biaya besar gaji karyawan, sewa gedung, ataupun fasilitas memasak karena sudah disediakan oleh Dapur Bersama GoFood. Sudah banyak brand terkenal yang bergabung di Dapur Bersama GoFood seperti Sushimoo, Burger Bros, Klenger Burger, Box & Co, Pizza Marzano, Marugame Udon, Bakso A Fung, dan banyak merek lainnya.

YummyKitchen

Berikutnya, ada Yummykitchen yang merupakan bagian dari Yummy Corp. Perlu diketahui, yummycorp sendiri adalah startup penyedia solusi catering dengan perkembangan yang cukup pesat di Indonesia. Perusahaan ini semakin dikenal setelah berekspansi ke dapur awan bernama Yummykitchen yang  mulai beroperasi pada tahun 2019 silam di Jakarta. Saat ini, outlet YummyKitchen tersebar lebih dari 50 tempat di Jakarta, Bandung, Tangerang, Depok, Bekasi dan Medan. Ini menjadikannya sebagai salah satu dapur awan yang cukup dikenal di kalangan masyarakat.

Di YummyKitchen, mitra bisnis kuliner atau F& B bisa mendapatkan sejumlah layanan seperti operasional, perlatan dapur yang lengkap, karyawan, hingga memproses pemesanan dan pengiriman makanan kepada konsumen. Yummykitchen bekerja sama dengan jasa pengiriman terkemuka seperti Gojek dan Grab untuk pengiriman makanan ke konsumen. Selain menyediakan layanan sewa dapur bersama, Yummykitchen juga mengerjakan operasional dari berbagai pemegang brand atau merek. Beberapa brand terkenal yang bekerjasama dengan Yummykitchen diantaranya seperti Dailybox, Markobar, Hong Tang, Pizza e Birra, dan beberapa brand lain.

GrabFood Kitchen dari Grab

Selain Gojek, perusahaan ojek online terbesar lainnya seperti Grab juga memiliki cloud kitchen yang mereka beri nama GrabFood Kitchen (Kitchen by GrabFood). Layanan baru ini mulai dibuka di tahun 2018 silam di Jakarta Barat dimana mitra yang tergabung didalamnya seperti Gudeg Yu Djum, Pondok Sate Pak Heri, Calais Buble Tea, Warung Bhakti, dan beberapa merek unggulan lainnya.

Terbentuknya GrabFood Kitchen dilatarbelakangi fakta bahwa di beberapa daerah, ketersediaan menu makanan masih terbatas untuk merek atau kategori tertentu. Dengan dibukanya GrabFood Kitchen, maka konsumen bisa mendapatkan lebih banyak variasi menu dari merchant yang berbeda di satu tempat. Hal ini karena GrabFood Kitchen seperti Food Court yang menyediakan banyak merchant di satu tempat. Dengan begitu, tidak hanya mitra kuliner yang diuntungkan, konsumen juga ikut dimanjakan konsumen tidak perlu memesan dari berbagai tempat untuk merek yang berbeda.

Baru-baru ini diketahui bahwa GrabFood bekerjasama dengan Yummykitchen untuk mengembangkan cloud kitchen. Grab adalah platform pengantaran makanan dan Yummy Corp lebih kepada manajemen operasional, sehingga kerjasama ini dirasa akan sangat membantu ekspansi bisnis mereka.

Everplate

Terakhir, kita akan berbicara tentang cloud kitchen yang tak kalah populer, Everplate. Bisnis ini didirikan pada tahun 2019 dengan layanan berpusat di Jakarta. Beberapa lokasi Everplate diantaranya di Kemang, Kemanggisan Slipi, Belmont Residence, Kelapa Gading, Pasar Baru, Senen, dan Permata Hijau. Selain Jakarta, Everplate tengah mempersiapkan diri untuk membuka gerai di beberapa kota besar lain.

Mitra yang bergabung di everplate tidak sekedar mendapatkan dapur sebagai tempat memasak, tapi juga berbagi pengetahuan baru mengenai bisnis makanan atau F & B, brand virtual siap pakai, bantuan pemasaran, serta dukungan Everplate bagi perkembangan bisnis mitranya. Everplate memiliki tablet aplikasi khusus untuk mitra mereka dengan tujuan agar mitra bisa mengelola dan menganalisis pesanan yang mereka terima dari berbagai platform. Dengan kata lain, semua pesanan yang datang dari berbagai platform seperti ShopeeFood, GoFood, GrabFood, maupun Traveloka Eat  bisa dikelola dalam satu aplikasi. Kemudahan ini bisa menciptakan peluang lebih besar untuk membesarkan bisnis mereka.

Itu dia beberapa nama cloud kitchen yang saat ini sedang populer. Selain nama-nama tersebut, masih ada banyak startup cloud kitchen lain yang tidak kalah hype seperti Hungry, Kita Kitchen, Telepot, dan berbagai nama lainnya. Jika tertarik, kamu juga bisa mencari tau info mengenai masing-masing pemain ini. Semoga informasi ini berguna.

 

Gambar illustrasi by Pexels/pixabay




EmoticonEmoticon