Kamis, 10 Maret 2022

Cara Mudah Membuka Akun Rekening Secara Online di Aplikasi Jenius BTPN

 

Dalam pandangan banyak orang, membuka rekening tabungan cukup melelahkan. Menyiapkan banyak dokumen, pergi ke bank, mengantri, dan menyiapkan uang untuk setoran awal. Tapi, di zaman yang semakin canggih, layanan perbankan sudah tersedia secara online, biasa disebut juga dengan bank digital. Dengan kata lain, menikmati layanan bank bisa dilakukan di rumah melalui ponsel pintarmu. Inilah yang dimiliki oleh Jenius, sebuah aplikasi bank digital oleh BTPN yang dilahirkan 5 tahun silam.

Aplikasi Jenius yang sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna ini memungkinkan pengguna untuk bisa melakukan semua layanan perbankan secara online, mulai dari membuka rekening, menabung, berinvestasi, dan bertransaksi langsung di aplikasi. Menarik lagi, kamu tidak perlu menyiapkan uang untuk deposit atau setoran awal karena semuanya bisa dilakukan dengan gratis. Sangat mudah dan simple.

Cara Membuka Rekening di Aplikasi Jenius

Unduh Aplikasi. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki aplikasi Jenius. Aplikasi ini bisa didwonload secara gratis di Google PlayStore bagi Android ataupun App Store di iOS.

Registrasi. Masukkan e-mail dan nomor handphone saat mendaftar, lalu input 6 digit kode OPT yang kamu terima untuk proses autentikasi. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikutnya seperti upload KTP, Detail KTP, dan data pribadi, termasuk juga foto NPWP. Jika kamu tidak memiliki foto NPWP, bisa melewati bagian ini dengan mencontreng tulisan “saya tidak membawa NPWP”. Meski begitu, jangan lupa upload NPWP mu dalam waktu 14 hari sejak akun dibuat.

Personalisasi Akun. Saatnya bagi kamu membuat $Cashtag dan nama kartu. $Cashtag adalah yaitu nama akunmu di Aplikasi Jenius, jadi kamu bisa membuat nama yang unik. Setelah itu, isi juga kolom “Nama di kartu debit Jenius”. Ini adalah nama yang akan dicetak di kartu Jenius atau m-Card mu nantinya. Setelah itu, isi kolom alamat surat menyurat, yaitu kolom yang berguna sebagai alamat untuk mengirim kartu Jenius atau m-Card. Setelah melengkapi alamat, berikutnya adalah membuat password dan PIN perangkat. Sampai disini, kamu telah memiliki akun, tapi dengan status belum aktif.

Aktivasi Akun. Agar akun aktif, maka kamu perlu melakukan aktivasi akun. Ada dua cara yang bisa dipilih, yaitu aktivasi dengan video call atau pergi ke bank BTPN.  Kebanyakan pengguna memilih untuk video call karena lebih mudah dan kita tidak perlu datang ke bank untuk aktivasi. Nantinya kamu akan terhubung dengan CS Jenius dalam video call.

Saat video call, CS Jenius akan bertanya mengenai data diri seperti verifikasi KTP, pekerjaan, dan lain sebagainya. Setelah itu, tinggal menunggu informasi dari Jenius terkait aktivasi akun yang dikirimkan lewat email 1 hingga 2 hari. Perlu diketahui, untuk video call ini hanya bisa dilakukan  di jam Operasional crew Jenius, yaitu hari Senin-Minggu di jam 08.00-21:30 WIB, di luar jam tersebut tidak bisa dilakukan video call. Pastikan jaringan stabil karena banyak yang mengeluh proses video call yang terganggu dan bahkan gagal berkali-kali karena jaringan yang buruk.

Untuk proses aktivasi akun lewat video call ini perlu dilakukan dalam waktu 30 hari sejak akun dibuat, jika lewat dari batas tersebut maka kamu perlu melakukan pilihan ke dua yaitu langsung ke bank BTPN untuk aktivasi.

Jika aktivasimu berhasil, maka akunmu sudah aktif dan bisa digunakan untuk menikmati berbagai layanan perbankan seperti menabung, berinvestasi, atau bertransaksi. Di tahap ini, kamu sudah bisa memiliki kartu debit Jenius, yaitu m-Card, e-Card, dan x-Card. Hanya saja, jika ingin kartu fisik m-Card atau x-Card, maka kamu perlu melakukan setoran sebesar Rp500.000 ke saldo Jenius sebagai syarat dan nantinya karti fisik m-Card akan dikirim langsung ke alamat kamu. Atau, sementara kamu bisa memanfaatkan kartu e-Card atau elektronik Card Jenius untuk bertransaksi secara online.    


Info yang mungkin berguna

Website          : www.jenius.com

Telepon         : 1500 365

Email              : jenius-help@btpn.com

Kantor Pusat : Menara BTPN, Jl. DR.Ide Anak Agung Gde Agung No.Kav 55-56 RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Timur Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 12950. (Silahkan kunjungi website Jenius dan pilih menu Locations untuk mencari alamat di lokasi lain)




EmoticonEmoticon