Selasa, 08 Maret 2022

Mengulas Secara Lengkap Fitur- Fitur Jenius BTPN yang Memudahkan Pengguna

Aplikasi Jenius menjadi salah satu aplikasi keuangan yang cukup populer dan menjadi trend di zaman serba digital ini. Di google Play Store telah di download lebih dari 5 juta pengguna dan mendapatkan banyak ulasan positif. Aplikasi yang diluncurkan tahun 2016 silam oleh bank BTPN ini merupakan aplikasi bank digital untuk membantu pengguna menabung, mengelola keuangan, berinvestasi, dan bertransaksi dengan cara yang begitu aman, mudah dan simple. Di Aplikasinya, Jenius memiliki beragam fitur untuk memudahkan penggunanya mencapai kehidupan finansial yang lebih baik. Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan aplikasi ini atau sebagai pengguna baru, berikut beberapa ulasan lengkap mengenai fitur Jenius yang informasi didapat langsung dari laman Jenius.

Fitur Wealth

Tabungan

Jelas, fitur utama yang pasti ada di bank, baik bank fisik maupun bank digital adalah fitur untuk menabung. Di Jenius, terdapat dream saver, flexi Saver, Maxi Saver, dan Flexi Cash. Pertama, dream saver. Sesuai namanya, ini adalah tabungan untuk membantumu mewujudkan rencana atau impian. Dengan dream saver, menabung menjadi lebih rapi dan terarah sehingga mimpimu juga lebih mudah dicapai sesuai target. Setidaknya, kamu bisa membuat 10 dream saver sekaligus sesuai dengan kebutuhanmu. Beragam dream saver seperti misalnya Pergi ke Jepang tahun 2023, membeli rumah impian, biaya masuk anak di kampus ternama, pergi naik haji, dan berbagai rencana lainnya.

Kamu bisa menentukan sendiri berapa jumlah yang harus kamu tabung untuk setiap mimpimu, menentukan jumlah setoran awal, lama periode dan jumlah setoran otomatis. Sehingga kamu bisa melihat progress dream savermu, mana yang sudah berhasil dan mana yang sedang dalam proses. Menariknya lagi, dream saver memiliki bunga 2.5 % setara deposito, saldo awal mulai dari Rp.1, dan bisa menunda, berhenti, atau tarik dana kapanpun tanpa penalti. Kedua, flexi Saver. Ini adalah jenis tabungan fleksibel untuk berbagai kebutuhan. Sama dengan dream saver, disini kamu bisa membuat nama tabunganmu, seperti uang listrik, hadiah ulangtahun kakak, atau berbagai kebutuhan lain berikut dengan fotonya. Kamu bisa membuat 3 tabungan flexi sekaligus dengan bunga 2,5 per tahun untuk masing-masing alokasi. Membuat, mengelola dan bebas menarik uang kapan saja tanpa dikenakan biaya. Meski begitu, tabungan flexi yang sudah dibuat tidak bisa dihapus. Jika tabungan fleximu sudah selesai dan kamu ingin membuat tabungan flexi baru, maka kamu tinggal edit atau ubah nama dan foto untuk tabungan fleximu yang baru.  

Ketiga, Maxi Saver. Yaitu deposito berjangka dengan bunga hingga 4% pertahunnya. Jadi sangat cocok bagi kamu yang ingin menyimpan uang dan ingin mendapatkan suku bunga yang lebih. Setoran, tenor dan perpanjangan bisa dipilih sendiri. Nilai pokok deposito tersedia mulai dari Rp10.000.000 dengan jangka waktu hingga 12 bulan. Bagian lebih menariknya adalah, jika kamu butuh uang mendesak kamu bisa mencairkan deposito sebelum jatuh tempo tanpa dibebankan penalti. Meski begitu, yang bisa dicairkan hanyalah nilai pokok saja. Saat deposito mau jatuh tempo, kamu memiliki tiga pilihan yaitu kembalikan ke Saldo Aktif (artinya kamu tidak memperpanjang, nilai pokok beserta bunga yang didapat akan ditambahkan ke saldo aktif), perpanjang pokok (dimana kamu memperpanjang nilai pokok, sementara bunga yang didapat akan ditambahkan ke saldo aktif), lalu perpanjang Pokok dan bunga (dimana kamu memperpanjang pokok dan bunganya sekaligus sehingga nilai pokokmu akan bertambah).

Keempat, Flexi Cash. Flexi Cash merupakan dana siaga yang disediakan Jenius untuk pengguna terpilih, jadi tidak semua pengguna mendapatkan fitur ini. Untuk mendapatkan fitur ini, kamu perlu membuat pengajuan terlebih dahulu, jika pengajuanmu diterima maka selanjutnya melakukan aktivasi. setelah tahap ini selesai, maka kamu bisa langsung tarik dana fleximu. Limit dana yang tersedia mulai dari Rp.500.000 – Rp200.000.000 dan setiap pengguna mendapatkan limit yang bervariasi tergantung ketentuan pihak Jenius. Menariknya, dana bisa ditarik kapan saja sepanjang limitmu masih tersedia. Untuk tenor cicilan yaitu mulai dari 1 hingga 36 bulan dengan bunga dari 0.99% sampai 3.50%.  Saat mengajukan penarikan flexi cash, kamu bisa melihat perkiraan jumlah cicilan per bulan sesuai pilihan tenor yang diambil, sehingga bisa membuatmu lebih mudah mengambil keputusan.

Seperti yang tertulis di laman resminya, pembayaran cicilan dilakukan secara otomatis dari saldo aktif, jika saat tanggal jatuh tempo saldo aktifmu kosong, maka akan dikenakan biaya keterlambatan. Perlu diketahui bahwa saldo aktifmu akan diblokir jika kamu telat bayar, dan uang yang masuk ke dalamnya akan otomatis digunakan untuk pembayaran cicilan. Saldomu akan kembali aktif jika cicilan sudah terbayarkan. Untuk itu, jangan sampai terlambat membayar cicilan apalagi terlambatnya hingga berbulan-bulan karena jika keterlambatannya dari dari 60 hari, maka kamu tidak akan bisa lagi membuat pinjaman baru di flexsi Cash.

Investasi

Di Aplikasi Jenius, kamu bisa berinvestasi reksa dana dengan mudah dari beragam manajer investasi terpilih. Fitur yang satu ini terbilang masih baru, yaitu diluncurkan di tahun 2022 lalu. Saat ini, ada tiga manajer investasi tersedia yaitu Ashmore, Mandiri, dan Schroders dengan 18 produk investasi reksa dana. Kategori produk yang bisa dipilih yaitu pasar uang, obligasi jangka pendek, obligasi jangka panjang, dan ekuitas.

Sebelum membuka akun, kamu akan diberikan kuis berupa pertanyaan untuk melihat tingkat toleransi terhadap resiko dan juga untuk menentukan kategori produk reksa dana yang sesuai. Setelah itu, kamu bisa registrasi akun dan hasil pengajuan akan langsung diinfokan dalam 2 hari.   

Mata Uang Asing

Bagian paling menarik dari Jenius yaitu kamu bisa bertransaksi tidak hanya di dalam negri tetapi juga di luar negri, baik itu online maupun offline. Jenius melengkapi fiturnya dengan menyediakan 7 mata uang asing yaitu  USD, SGD, JPY, GBP, AUD, HKD, dan EUR yang bisa diaktifkan langsung di aplikasi. Dengan fitur ini, kamu tidak hanya mendapatkan kemudahan bertransaksi di luar negeri, tetapi juga bisa mendapatkan keuntungan dari transaksi jual beli mata uang asing dengan rupiah atau sebaliknya. Untuk itu, pastikan kamu menghubungkan mata uang asing pilihanmu ke kartu Jenius (m-Card) untuk bisa bertransaksi dengan mata uang asing.

Fitur Transaksi

Selain fitur wealth, di aplikasi Jenius kamu juga menemukan fitur untuk berbagai macam transaksi. Beberapa fitur untuk bertransaksi tersebut seperti;

·        Send It. Fitur untuk mengirim uang, baik ke sesama Jenius maupun ke bank lain

·        e-Wallet Center. Fitur untuk Top Up e-Wallet seperti ShopeePay, GoPay, OVO, dan e-wallet lainnya.

·        Tagihan. Fitur untuk membayar tagihan atau membeli produk digital seperti pulsa

·        Jenius Pay. Sebagai metode pembayaran yang praktis saat belanja online di merchant rekanan Jenius

·        Jenius QR, sebagai salah satu metode pembayaran yang praktis. Kamu cukup scan kode untuk pembayaran transaksi di merchant QRIS

·        Split Bill. Fitur untuk membagi tagihan ke beberapa orang alias patungan.

Fitur Card Center dan Histori

Card Center

Sebagai informasi, setelah aktivasi rekening, kamu bisa mendapatkan kartu debit Jenius yaitu m-Card yang merupakan kartu fisik utama, e-Card adalah kartu elektronik, dan x-Card yaitu kartu tambahan untuk pengeluaran spesifik. Kartu debit Jenius ini bisa digunakan untuk mempermudah kamu bertransaksi baik di dalam negeri maupun di Luar negeri. Kamu tidak perlu repot-repot membuat kartu kredit, karena kartu debit Jenius bisa juga berfungsi sebagai kartu kredit.

Card Center berfungsi sebagai tempat untuk mengelola dan mengatur kartu Jeniusmu. Kamu bisa request kartumu dari halaman ini. Kartu yang bisa kamu request yaitu m-Card pertama dan x-Card hingga 3 kartu. Sebagai informasi tambahan, untuk request m-Card kamu diharuskan memiliki uang minimal Rp500.000 di saldo aktifmu. Selain itu, di fitur ini, kamu bisa melakukan pemblokiran kartu (baik blokir sementara atau blokir permanen) atau menghapus kartu karena alasan tertentu seperti hilang atau rusak. Selanjutnya, di fitur Card Center kamu juga bisa mengatur PIN kartu yang digunakan saat menarikan tunai di ATM. Terakhir, kamu bisa dengan mudah mengatur limit transaksi per hari, seperti misalnya limit belanja per transaksi adalah Rp1.000.000 dan limit penarikan harian di ATM adalah  Rp5.000.000. Dengan begitu, kamu bisa membuat akunmu lebih aman.  

Histori

Pengguna tidak mendapatkan buku tabungan saat membuka rekening di aplikasi Jenius. Namun tidak perlu khawatir, karena Jenius memiliki e-Statement yaitu histori transaksi yang bisa kamu download dan kirim ke email atau berbagai media lain yang dibutuhkan. Selain e-statement, Jenius juga memiliki fitur In & Out, yaitu riwayat transaksi terdahulu, transaksi terjadwal seperti misalnya jadwal bayar biaya bulanan, dan juga daftar permintaan uang seperti Split Bill dan Pay Me.

Terakhir, ada fitur Moneytory yaitu diary keuangan untuk membantumu mengatur keuangan. Disini, seluruh transaksi pemasukan, pengeluaran akan tercatat otomatis dengan rapi disertai dengan selisih uangmu. Dengan fitur ini, kamu bisa menganalisa keuanganmu sendiri sehingga keuanganmu akan lebih terarah.

Ada beberapa fitur lain yang tidak sempat kami informasikan di artikel ini, namun fitur di atas adalah fitur utama di aplikasi Jenius. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai fitur-fitur yang lain, kamu bisa langsung mengunduh aplikasinya di Play Store. Semoga bermanfaat.

 

Info yang mungkin berguna

Website          : www.jenius.com

Telepon         : 1500 365

Email              : jenius-help@btpn.com

Kantor Pusat : Menara BTPN, Jl. DR.Ide Anak Agung Gde Agung No.Kav 55-56 RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Timur Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 12950. (Silahkan kunjungi website Jenius dan pilih menu Locations untuk mencari alamat di lokasi lain)

 



EmoticonEmoticon