Minggu, 13 Maret 2022

Ini Dia, 5 Aplikasi Bank Digital yang Lagi Populer di Indonesia

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, kita sudah tidak asing lagi dengan kemunculan berbagai layanan digital, termasuk bank digital. Sesuai namanya, bank digital adalah platform perbankan yang memberikan layanan perbankan layaknya bank konvensional pada umumnya, namun dengan sistem daring atau online. Dengan kata lain, semua layanan bank hampir semuanya bisa dilakukan secara online, baik itu membuka rekening, menabung, deposito, berinvestasi, pinjaman, ataupun bertransaksi. Inilah era baru dalam sistem perbankan di seluruh dunia.

Kemunculan Bank digital bisa menguntungkan dari berbagai segi, apakah itu waktu, tenaga, dan biaya. Pengguna tidak perlu datang langsung ke bank ataupun mengantri panjang untuk mendapatkan layanan. Akses yang sangat mudah, tinggal klik di smartphone dan kamu sudah bisa menabung atau bertransaksi. Mereka juga bisa mendapatkan bunga lebih besar dan berbagai fitur penawaran menarik lainnya dari aplikasi bank digital.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh bank digital, maka tidak heran jika bank digital memiliki perkembangan yang sangat pesat saat ini. Bahkan, banyak bank konvensional yang juga ikut beradaptasi dengan cara melahirkan bank digital milik mereka sendiri atau setidaknya menciptakan aplikasi untuk melayani pengguna mereka secara digital. Jika tidak, maka tidak mustahil jika bank konvensional digilas oleh kehadiran bank digital yang terus berkembang dengan pesat. Berikut beberapa bank digital yang tengah populer di Indonesia saat ini.

Jenius

Bank digital dengan aplikasi berwarna biru ini adalah milik bank BTPN. Di google Play Store sudah didwonload lebih dari 5 juta pengguna dalam kurun waktu sekitar 5 tahun sejak diluncurkan yaitu tahun 2016 silam. Bagian paling menarik dari bank digital ini adalah dimana kamu mendapatkan kartu debit visa yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi di dalam ataupun di luar negeri. Dengan kartu debit Jenius, kamu tidak perlu repot-repot membuat kartu kredit karena kartu debit Jenius sekaligus memiliki fungsi yang sama dengan kartu kredit. Selain itu, bagian menarik lain dari Jenius yaitu bisa membuka rekening secara online dan membuka investasi reksadana langsung di aplikasi. Fitur lain yang hampir dimiliki oleh bank digital yaitu fitur menabung (flexi saver, dream saver, maxi saver) dan berbagai fitur untuk bertransaksi (e-wallet, PayMe, Split Bill, Moneytory, Jenius Pay, Jenius QR, Send It dan membayar tagihan).    

Jago

Aplikasi Bank digital Bank Jago bisa dibilang adalah pendatang baru dimana baru dirilis di Gogle Play Store di tahun 2021 silam. Meski begitu, saat ini aplikasinya sudah didwonlod lebih dari 1 juta pengguna. Menilik dari sejarahnya, Bank Jago sebenarnya sudah beroperasi dari tahun 1991, namun dalam bentuk bank konvensional dengan nama “PT Bank Artos Indonesia.” dalam perkembangannya, bank ini berubah nama menjadi Bank Jago di tahun 2020 silam. Lalu, di tahun berikutnya meluncurkan aplikasi bank digital bernama Jago dengan tujuan untuk memudahkan pengguna atau nasabah mereka dalam mengakses berbagai layanan.

Sama dengan bank digital pada umumnya,Jago juga memiliki berbagai fitur seperti menabung, berinvestasi, dan bertransaksi. Bank digital yang menyebut pengguna mereka dengan sebutan “Jagoan” ini juga memiliki kartu debit Visa yang bisa digunakan di berbagai transaksi online atau offline di seluruh jaringan Visa di dunia. Lebih menarik lagi, Jago memiliki fitur Jago Syariah dimana layanan menggunakan prinsip-prinsip dan sistem syariah, seperti misalnya tabungan akad wadiah, deposito mudharabah dan berbagai layanan lainnya.      

Digibank

Kita tentu sudah sering mendengar bank DBS, ini adalah bank asal Singapura yang menjadi bank terbesar di Asia Tenggara. DBS juga diakui sebagai bank digital terbaik di dunia oleh Euromoney. Bank ini telah beroperasi di berbagai Negara seperti Amerika Serikat, Dubai, Hong Kong, Britania Raya, Korea Selatan, Thailand, Filipina, dan termasuk juga Indonesia. Nah, digibank ini adalah bank digital yang diluncurkan oleh PT. Bank DBS Indonesia. Sehingga tidak heran jika digibank menjadi bank yang populer karena merupakan bagian dari bank terbesar di Asia Tenggara. Lalu, bagaimana dengan fitur Digibank by DBS ini?

Digibank juga memiliki fitur menabung, berinvestasi, dan melakukan berbagai transaksi di aplikasi, hal yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi digital lainnya. Tapi, yang menjadi daya tarik adalah produk yang lebih lengkap dari kebanyakan. Di digibank, pengguna bisa membuat kartu kredit dan juga mengajukan pinjaman KTA. Ada beberapa jenis kartu kredit yang bisa dinikmati pengguna yaitu live Fresh (dapatkan cashback kapan saja), Black (nikmati nonton gratis setiap kamis di The Premiere Cinema XXI), Travel (sangat cocok untuk yang hobi traveling), dan Visa Infinite/mastercard Black untuk beragam jaminan asuransi saat bepergian.

Pengguna bisa menikmati suku bunga rendah, proses persetujuan cepat, dan pembayaran fleksibel dengan pinjaman KTA digibank. Ada 3 produk KTA yang bisa dipilih, yaitu KTA dalam 60 detik, KTA hingga Rp300 juta, dan Cashline. Hanya saja, untuk produk pinjaman ini hanya berlaku untuk nasabah yang berada di domisili tertentu seperti Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. Mungkin saja ada perubahan dari pihak aplikasi terkait domisili ini, jadi jangan lupa untuk pantau langsung di aplikasinya.

Di digibank, kamu juga bisa transfer ke luar negeri (transfer valas) dengan mudah secara gratis. Menarik lagi, digibank menyediakan live Chat untuk pengguna mereka yang setia melayani selama 24 jam penuh setiap harinya. Dengan fitur ini, pengguna bisa langsung berkonsultasi dengan agent digibank mengenai hal-hal yang tidak mereka mengerti terkait aplikasi atau membahas masalah perbankan.   

LINE Bank

Selama ini kita mengenal LINE dikenal sebagai aplikasi komunikasi atau perpesanan yang cukup populer disamping WhatsApp. Bagian yang tidak terlepas dari LINE adalah stiker dan karakter menggemaskan. Membuat pengguna betah berlama-lama untuk berkomunikasi menggunakan LINE. Selain aplikasi messenger, LINE juga hadir dengan segmen baru yaitu bank digital yang di App Store atau PlayStore dengan nama LINE Bank. Aplikasi perbankan ini adalah hasil kerjasama antara PT Bank KEB Hana Indonesia (Bank Hana) dengan platform selular terbesar di Asia yaitu LINE Corporation. Bank Hana sendiri adalah salah satu bank terbesar di Korea Selatan. Kerjasama antara keduanya sudah terjalin sejak tahun 2018 namun, untuk aplikasi LINE Bank sendiri mulai diluncurkan di tahun 2021. Di Play Store, LINE Bank saat ini telah didwonload lebih dari 1 juta pengguna.

Sebagai bank digital, LINE Bank menyediakan fitur menabung, transaksi, dan deposito. Membuka rekening tabungan bisa dilakukan dengan mudah secara online langsung di aplikasi. LINE Bank mengklaim bahwa mereka membebaskan biaya bulanan, transfer dan tarik tunai tanpa biaya. Transfer uang gratis biaya apakah ke sesama LINE Bank atau ke Bank lain. Sementara penarikan dana gratis untuk penarikan ATM Cabang Hana Bank dan di jaringan ATM ALTO, Bersama, dan PRIMA. Transaksi lain yang bisa dilakukan di aplikasi seperti membeli pulsa, internet, dan membayar berbagai tagihan. Fitur deposito dimana pengguna bisa menempatkan dana mereka di deposito dengan mulai dari 1 juta rupiah dengan jangka waktu yang fleksibel dan bisa diatur sendiri.

Bagian yang menjadi daya tarik dari aplikasi bank digital yang satu ini adalah desain kartu debit yang menggemaskan, ciri khas LINE. Pengguna bisa memiliki desain kartu debit dari 4 jenis desain yang disediakan, yaitu Cony Visa, Sally Visa, Brown Visa, dan Brown GPN yang khusus untuk transaksi dalam negri. Kartu debit ini bisa dikirim langsung ke alamat pengguna, atau jika mau pengguna juga bisa mengambilnya langsung di bank Hana terdekat.

Livin’

Terakhir, ada Livin’ yang merupakan aplikasi bank digital dari Bank Mandiri. Aplikasi ini baru diluncurkan tahun 2021 silam, namun sudah didwonload lebih dari 5 juta pengguna di Play Store. Tidak heran, karena Bank Mandiri sendiri adalah Bank yang telah memiliki banyak nasabah.

Sebelumnya, Livin’ by Mandiri memiliki logo biru, namun aplikasi ini ditutup dan digantikan dengan aplikasi Livin’ logo kuning dimana aplikasi yang baru ini diklaim lebih sempurna dari apliasi sebelumnya. Di aplikasi digitalnya, Livin’ menyediakan fitur membuka rekening dengan hitungan menit tanpa harus datang ke kantor ataupun video call seperti bank digital lain. Mengelola dan mengisi e-wallet, menarik tunai tanpa kartu,dan mengajukan pinjaman dan kartu kredit ekspres di aplikasi. Kamu bisa melakukan berbagai transaksi lain seperti berbelanja online di e-commerce atau membayar tagihan dengan menggunakan aplikasi Livin’. Livin’ sudah terhubung dengan lebih dari 1.800 partner pembayaran sehingga berbelanja online jauh lebih praktis. Kamu tidak perlu lagi menyalin /mengcopy paste nomor VA (virtual account) untuk melakukan pembayaran di beberapa e-commerce terintegrasi Livin’, tinggal tab untuk bayar. Transaksi juga bisa dibayarkan melalui scan QR untuk platform yang menerbitkan jenis pembayaran scan QR sehingga proses lebih cepat dan praktis.   

Penjelasan masing-masing bank digital sedikit terbatas di artikel ini, kamu mungkin bisa membaca di artikel lain di blog ini yang fokus mengulas mengenai satu bank digital. Ada banyak bank digital lain yang tidak kalah populer seperti neobank,TMRW dari Bank OUB, Wooke, dan PermataMe by Permata. Bank digital memang menjadi pilihan yang benar disaat kamu ingin menikmati layanan perbankan dengan akses yang lebih mudah dan praktis. Mengingat begitu banyak pilihan bank digital yang ada, maka jangan lupa untuk mempertimbangkan berbagai segi, baik itu dari segi keamanan, fitur, kemudahan akses, dan yang tak kalah penting adalah ulasan penggunanya karena tidak semua aplikasi bank digital aman atau nyaman digunakan. Jadi, selamat memulai kehidupan yang lebih baik dengan akses keuangan di genggaman!


EmoticonEmoticon