Jumat, 16 Desember 2022

Apa itu ShopeeFood dan Bagaimana Cara Memesan Makanan di ShopeeFood?

 


Shopee menjadi salah satu e-commerce yang tengah booming di Indonesia beberapa tahun belakangan. Marketplace ini seperti super apps yang menyediakan apa saja kebutuhan penggunanya dalam satu aplikasi. Berbagai kebutuhan seperti membeli berbagai produk, membayar tagihan, membeli tiket, hingga membeli seperti pulsa dan paket internet.

Tidak hanya sampai disitu, yang membuatnya semakin menarik adalah aplikasi Shopee juga memiliki layanan pesan antar makanan yang mereka beri nama dengan ShopeeFood. Jadi ShopeeFood ini adalah salah satu fitur Shopee yang memungkinkan kita untuk jualan atau membeli makanan. Pengguna yang punya usaha makanan bisa mendaftar sebagai seller ShopeeFood, dan pengguna yang butuh makanan bisa memesan di ShopeeFood. Konsep pesan antar makanan seperti ini sebenarnya sudah banyak kita temui seperti misalnya GoFood milik Gojek atau GrabFood milik Grab.

ShopeeFood sudah beroperasi di Vietnam sejak pertengahan 2020. Di Indonesia sendiri, ShopeeFood mulai diperkenalkan sejak April 2020. Diketahui, lowongan menjadi driver food untuk pertama kalinya di buka di Jakarta pada bulan November 2020. Lalu, campaign iklan Shopee Food akhirnya keluar di akun Youtube resmi Shopee Indonesia.

Kemunculan ShopeeFood disambut dengan hangat oleh pengguna Shopee. Tidak heran, karena sejak kemunculannya hingga sekarang, Shopee Food dihadirkan dengan diskon melimpah serta gratis ongkir yang nyata tanpa banyak embel-embel atau syarat yang menyulitkan pengguna. Layanan yang tadinya hanya tersedia di Jakarta kini telah berkembang hingga di berbagai kota besar di Indonesia.

Shopee juga terus menambah seller Food mereka sehingga variasi makanannyapun tersedia dalam banyak pilihan. Hampir semua makanan tersedia di ShopeeFood, mulai dari nasi Padang, martabak, sate, bakso,seblak, hingga berbagai jenis minuman. Fitur pemesananyapun terbilang sangat simple sehingga mudah digunakan. Dengan banyak kelebihan itu, tidak heran jika perkembangannya begitu pesat. Untuk lebih lengkapnya berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Shopeefood termasuk cara memesan makanan di ShopeeFood dan cara bayar ShopeeFood.

Sistem Pembayaran ShopeeFood

Bagi pengguna senior Shopee tentu sudah tidak asing dengan ShopeePay. ShopeePay atau dompet digital milik Shopee ini menjadi salah satu metode pembayaran yang bisa digunakan untuk memesan makanan. Bagi yang belum memverifikasi ShopeePay ataupun yang kebetulan tidak memiliki saldo di ShopeePay tidak usah bingung, karena kamu bisa menggunakan metode pembayaran yang kedua, yaitu secara COD atau bayar ditempat.

Dulu pada awal kemunculannya, ShopeeFood hanya didukung oleh dua metode pembayaran ini. Namun, saat ini ada satu lagi metode pembayaran yang bisa kita gunakan yaitu dengan menggunakan ShopeePayLater, Beli Sekarang Bayar Nanti!. Sesuai namanya, dengan metode pembayaran ini, kita tidak perlu mengeluarkan uang saat memesan. Tidak hanya di ShopeeFood, metode pembayaran ini juga telah tersedia sebelumnya untuk membeli berbagai produk di Shopee. Tagihan dengan metode ShopeePayLater akan keluar tanggal 25 dan harus dibayar sebelum tanggal 5 setiap bulannya.

Fitur Shopee Food

Sistem User Interface ShopeeFood bisa dibilang sangat simple dan ramah pengguna. Bisa dikatakan, pengguna barupun bisa langsung memesan tanpa perlu belajar lama terlebih dulu. Hanya ada 3 tab menu yaitu Beranda, Pesanan Saya, dan Favorit. Di tab Beranda atau halaman utama ShopeeFood adalah tempat kita untuk menemukan berbagai jenis makanan dan minuman dengan berbagai opsi filter seperti seller di Sekitar, Terlaris, hingga yang buka 24 jam.

Selain untuk memilah-milih makanan, di beranda juga terdapat fitur paling penting yaitu menu Voucher. Sesuai namanya, menu Voucher ini berisi berbagai macam voucher diskon dan gratis ongkir ShopeeFood. Jadi, sebelum memesan makanan ada baiknya klaim dulu voucher di menu Voucher. Saat voucher sudah kamu kantongin, maka kita bisa dengan tenang memilih makanan yang hendak dipesan. Sebagai catatan, voucher biasanya memiliki syarat penggunaan seperti minimal pembelian, jam berlaku, ataupun daerah berlakunya, jadi jika perlu kamu bisa membaca dulu syarat penggunaan voucher yang hendak diklaim.

Lalu tab Pesanan Saya adalah tempat dimana kita melihat pesanan kita yang sedang berjalan dan juga sudah selesai (riwayat). Terakhir, di tab Favorit kita bisa melihat daftar seller Food yang sudah kita favoritkan. Ini mempermudah kita untuk memesan kembali makanan favorit.

Cara Memesan Makanan di ShopeeFood

Bagi kamu pengguna baru tidak perlu bingung, karena kita bisa memesan makanan di ShopeeFood dengan sangat mudah. Berikut langkah gampang memesan makanan di ShopeeFood.

Masuk ke menu Beranda ShopeeFood. Lalu silahkan explor untuk menemukan makanan atau minuman yang diinginkan. Bisa menggunakan kolom search yang berada di bagian paling atas halaman, lewat filter "Flash Sale", “Sekitarmu”, “Terlaris” “Buka 24 jam” atau filter lainnya.

Masukkan makanan ke keranjang dengan klik tanda + (tanda tambah), lalu checkout. Lengkapi data checkout seperti alamat pengiriman, nomor ponsel, metode pembayaran, dan yang paling penting jangan lupa memilih voucher yang sudah kita klaim sebelumnya. Kita bisa menggunakan 2 voucher sekaligus, yaitu voucher diskon dan voucher gratis ongkir.

Setelah metode pembayaran dikonfirmasi, maka pesanan akan langsung diteruskan kepada penjual. Kita bisa memantau status pesanan, mulai dari pesanan diterima penjual, mendapatkan driver, driver mengambil pesanan, hingga pesanan diantarkan ke alamat. Terakhir, kita tinggal duduk santai sambil menikmati makanan favoritmu.

Biaya Layanan ShopeeFood

Biaya pelayanan Shopee adalah biaya yang dikeluarkan pembeli saat membeli produk, kecuali produk digital. Biaya ini berguna untuk pengembangan teknologi agar bisa memberikan layanan lebih baik lagi. Besarnya biaya layanan per 23 Oktober 2022 adalah sebesar Rp.1.000 yang mulai dibebankan setelah melakukan 4 kali transaksi di akun dengan metode pembayaran apapun.  Jadi biaya pelayanan akan dikenakan untuk pesanan ke-5 dan seterusnya.

Memesan makanan di ShopeeFood juga dikenakan biaya layanan. Jika kita adalah pengguna lama, pasti masih ingat bahwa dulu biaya layanannya masih 2 rb, namun sekarang membeli makanan di ShopeeFood, saat ini kita dikenakan biaya layanan sebesar 4 rb. Kita bisa melihat sendiri biaya layanan ini di halaman checkout, tepat di bawah biaya pengiriman.

Nah, itu dia berbagai informasi mengenai ShopeeFood dan cara pesan makanan di ShopeeFood yang perlu diketahui pengguna Shopee. Sebagai catatan, semua informasi ini apakah itu terkait menu-menu ShopeeFood, cara memesan, metode pembayaran, hingga besarnya biaya layanan bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari Shopee sendiri. Jadi, jangan lupa untuk tetap pantau kembali perkembangan terbaru ShopeeFood di Shopee.



EmoticonEmoticon