Selasa, 20 Desember 2022

Perlu Tau, Ini Cara Belanja Murah di Shopee Ga Pakai Ribet

 


Kebanyakan pengguna baru belum begitu paham bagaimana caranya belanja hemat di Shopee. Saat pertama kali membeli produk, kebanyakan pembeli mengeluhkan ongkir yang mahal atau tidak mendapatkan diskon sama sekali, sehingga mereka tidak lagi tertarik untuk berbelanja. Padahal, sebenarnya kita bisa mendapatkan gratis ongkir di Shopee dan juga berbagai promo lain seperi voucher diskon dan cashback jika kita tau caranya. Untuk itu, bagi pengguna baru maupun lama bisa melakukan beberapa cara belanja hemat di Shopee.      

Klaim Gratis Ongkir dan Voucher

Silahkan klik menu gratis ongkir dan voucher di menu utama Shopee, maka kita akan menemukan voucher melimpah yang siap untuk diklaim. Voucher yang tersedia mulai dari voucher gratis ongkir, voucher diskon belanja, pulsa, membayar tagihan, membeli tiket, ShopeeFood, flash voucher hingga voucher toko. Intinya, ini adalah menu tempat berkumpulnya voucher, sehingga ini adalah bagian paling disukai di Shopee. Kita tinggal Scroll dan mencari voucher yang cocok untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, jika kita hendak membayar tagihan listrik, maka kita bisa mengklaim voucher diskon tagihan.

Untuk bisa menggunakan voucher ini, kita perlu klik klaim terlebih dahulu, dengan begitu voucher tersebut bisa menjadi milik kita. Sebagian besar voucher tersedia tanpa batas, namun ada juga beberapa voucher yang bersifat terbatas, sehingga harus cepat-cepat diklaim agar tidak kehabisan. Jangan lupa untuk membaca syarat ketentuan masing-masing voucher agar bisa digunakan saat checkout. Karena masing-masing voucher biasanya memiliki syarat dan ketentuan tertentu apakah itu terkait minimal belanja, dan masa berlaku.

Toko dengan Program Promo dan Harga Lebih Murah

Di Shopeeterdapat banyak sekali penjual yang menjual produk yang sama. Disaat kamu mengetik kata kunci “hiasan dinding” di kotak pencarian, maka kamu akan menemukan banyak produk dari berbagai toko, bahkan ada produk yang sama persis tapi dijual di toko yang berbeda. Untuk itu, tips berikutnya yaitu memilih toko dengan harga lebih murah.

Ini salah satu keuntungan berbelanja online, dimana kita bisa membandingkan harga dengan mudah. Cukup disayangkan jika kita telah membeli sebuah produk dengan harga mahal sementara di toko lain ternyata ada harga lebih murah dengan produk dan kualitas yang sama. Untuk itu, sebelum membeli kita bisa memantau harga terlebih dahulu.

Selain membandingkan harga, kita juga bisa memilih toko bertanda gratis ongkir dan juga memiliki program promo lain yang mendukung voucher yang kita miliki. Meskipun ada jenis voucher tertentu yang berlaku untuk semua toko, namun kebanyakan voucher bisa jadi hanya berlaku untuk toko tertentu. Seperti misalnya, kita memiliki voucher gratis ongkir Xtra. Untuk bisa menggunakan voucher ini, maka kita perlu berbelanja di toko bertanda gratis ongkir Xtra. Jika kita berbelanja di toko yang tidak bertanda gratis ongkir Xtra, maka voucher kita tidak akan bisa digunakan.

Bagaimana cara melihat sebuah toko memiliki promo atau tidak? dibagian bawah produk ada logo jenis promo yang dimiliki, apakah itu promo gratis ongkir XTRA, Cashback XTRA, Murah Lebay, dan lain sebagainya, tergantung masing-masing toko. Cara lainnya adalah dengan menggunakan filter yang berada di pojok atas, tepat disamping kolom pencarian. Kita tinggal filter jenis toko dengan program promosi apa yang ingin kamu tampilkan. Saat kamu pilih promosi gratis ongkir XTRA, maka hanya akan keluar produk di toko dengan gratis ongkir XTRA.

Aktifkan ShopePay

ShopeePay adalah layanan dompet digital atau e-wallet milik Shopee. Fitur ini digunakan sebagai salah satu metode pembayaran saat kamu hendak membeli produk. Sebenarnya ada banyak metode pembayaran lain yang bisa digunakan, seperti transfer bank, kartu kredit, hingga sistem COD. Akan tetapi  saya sendiri lebih sering menggunakan metode pembayaran ShopeePay karena lebih praktis, bebas biaya, dan yang lebih menarik adalah mendukung berbagai voucher promo.

Praktis, karena kamu tinggal klik metode pembayaran ShopeePay, tidak perlu menunggu 5 menit, pembelianmu akan langsung berhasil. Kamu tentunya tidak perlu keluar rumah dulu untuk melakukan pembayaran. Bebas biaya, dimana kamu tidak dikenakan biaya saat mengisi saldo ataupun menggunakan saldo ShopeePay untuk belanja. Bagian menariknya, kebanyakan voucher di Shopee, terutama voucher gratis ongkir bisa digunakan jika menggunakan metode pembayaran ShopeePay, jadi kamu bisa menggunakan voucher tersebut dengan mudah.

Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba fitur yang satu ini agar belanjamu di Shopee lebih hemat dan tidak boros dongkir. Agar bisa memanfaatkan fitur ini, kamu perlu mengaktifkan akun Shopepaymu dulu, lalu isi saldo baru setelah itu saldo bisa langsung digunakan untuk membayar berbagai produk yang kamu beli.

Incar Produk Flash Sale, Mall Flash, dan Flash Voucher

Setiap hari, terdapat produk flash sale di Shopee. Sesuai namanya, produk ini dijual murah tapi hanya dalam waktu yang singkat, yaitu dalam waktu 2 hingga 3 jam saja. Namun, berita gembiranya, flash sale diadakan hingga 6 kali dalam satu hari. Karena itu, kamu perlu gercep alias gerak cepat untuk bisa mendapatkan produk-produk murah di flash sale ini. Kalau tidak, maka sudah pasti produk yang kamu incar akan keduluan dipesan orang lain. Selain flash sale, juga terdapat mall flash sale dan flash voucher.

Mall flash sale adalah flash sale khusus untuk Shopee Mall. Bagi yang belum tau, Shopee Mall adalah toko-toko di Shopee yang khusus menjual barang-barang bermerk dan original. Dengan kata lain, barang-barang dijual langsung oleh pemilik brand itu sendiri. Toko berlogo Shopee mall adalah toko terpilih yang memberikan pelayanan operasional dan produk yang berkualitas. Terakhir, juga ada flash voucher, merupakan promo yang disediakan oleh toko-toko tertentu. Diskon tersedia mulai dari 30 % hingga 90 % tergantung kebijakan masing-masing toko. Diskon tersebut bisa digunakan khusus untuk membeli barang-barang yang ada di toko tersebut. Dengan begitu, kita bisa cara belanja murah di Shopee.

Filter Lokasi Saat Berbelanja

Ini salah satu andalan saya saat berbelanja di Shopee. Seperti yang kita tau, ongkos kirim berbeda-beda  tergantung pada jarak lokasi. Jika kita di Yogyakarta, lalu memesan barang di sebuah toko yang berada di Sumatera, maka ongkirnya akan jauh lebih mahal dibandingkan jika kita memesan dari Jakarta. Meskipun kita memiliki voucher gratis ongkir, tapi potongan gratis ongkir tidak akan bisa menutupi keseluruhan ongkir. Karena itu, kita bisa mensiasatinya dengan membeli di toko yang lokasinya lebih dekat. 

Saya sering mendapatkan gratis ongkir penuh dengan melakukan tips ini. Pilihan utama saya adalah mencari barang di toko yang lokasinya sama. Misal saya di kota Yogyakarta, maka saya mencari di toko yang berada di kota Yogyakarta juga. Selain mendapatkan ongkir lebih sedikit atau bahkan gratis ongkir penuh jika menggunakan voucher, paket juga lebih cepat sampai ke tangan kita.

Namun, sebagai kekurangannya, variasi produknya agak terbatas atau lebih mahal dibanding toko di kota lain. Jika tidak menemukan produk yang cocok, maka pilihan berikutnya adalah memilih kota yang terdekat dari Yogyakarta, yaitu kota-kota yang berada di Jawa Tengah atau semua kota yang berada di pulau Jawa.

Untuk itu, jangan lupa mempertimbangkan lokasi saat berbelanja di Shopee. Agar lebih praktis, kamu tinggal setel filter di bagian pojok atas, atau disamping kotak pencarian. Kamu tinggal pilih kota yang kamu inginkan, maka produk yang akan keluar hanyalah produk dari toko yang berada di lokasi yang kamu pilih.

Mungkin itu beberapa cara belanja murah di Shopee yang sering saya gunakan. Semoga tips ini juga berguna bagi kamu yang hendak membeli produk favoritmu di Shopee!



EmoticonEmoticon