Sabtu, 07 Januari 2023

Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di Shopee, Belanja Super Hemat Tanpa Ribet Mikirin Ongkir


Tidak dipungkiri, ongkos kirim menjadi salah satu pertimbangan saat belanja online. Ongkos kirim yang mahal bisa membuat kita berpikir dua kali untuk checkout, apalagi jika ongkos kirim lebih mahal dari barang yang hendak dibeli.

Platform jual beli online seperti marketplace misalnya melihat betul kendala ini bagi pengguna mereka. Untuk itu, kebanyakan marketplace memiliki program subsidi ongkir atau gratis ongkir agar pengguna bisa berbelanja dengan tenang tanpa perlu memikirkan ongkir yang mahal.

Shopee sebagai salah satu marketplace yang tengah populer saat ini juga memiliki promo gratis ongkir bagi seluruh penggunanya. Menariknya lagi, gratis ongkir ini bisa didapatkan tanpa banyak syarat atau embel-embel yang memberatkan pengguna. Inilah salah satu alasan mengapa Shopee kian hype beberapa kurun waktu belakangan.

Meski terbilang gampang dipakai, namun bagi pengguna baru biasanya masih bingung bagaimana caranya belanja di Shopee dengan gratis ongkir. Bahkan, ada banyak yang belanja tanpa gratis ongkir karena ketidaktahuan mereka. Padahal, ada banyak cara mendapatkan gratis ongkir di Shopee atau lebih hemat ongkir di Shopee. Untuk itu, bagi kamu yang ingin lebih hemat ongkir saat belanja di Shopee, maka beberapa kiat berikut bisa kamu praktekkan.

Klaim Voucher

Cara pertama yang perlu kamu tau agar ongkir lebih hemat adalah mengklaim voucher gratis ongkir. Meskipun ada beberapa pengguna tertentu yang bisa mendapatkan voucher gratis ongkir otomatis, tapi kebanyakan voucher perlu diklaim terlebih dahulu. Klaim Voucher berarti menjadikan voucher tersebut sebagai milik kita dan otomatis dapat digunakan saat checkout.

Untuk mengklaim voucher gratis ongkir bisa dilakukan dengan mengunjungi menu gratis Ongkir & Voucher yang berada di halaman utama aplikasi Shopee. Tidak hanya gratis ongkir, semua voucher tersedia disini, seperti misalnya voucher diskon atau cashback, voucher ShopeeFood, voucher pulsa dan tagihan, dan berbagai voucher lainnya.

Jadi kamu bisa mengklaim semua voucher sesuai kebutuhan.  Setelah voucher berhasil diklaim, maka sekarang kamu sudah bisa memesan barang. Di halaman checkout jangan lupa memasukkan voucher yang sudah diklaim, jika tidak maka pesanan tersebut tidak akan mendapatkan subsidi ongkir.

Perlu di ketahui, masing-masing voucher yang sudah diklaim memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing, seperti minimal belanja, batas berakhir/masa berlaku, jumlah potongan ongkos kirim, sistem pembayaran, dan beberapa poin penting lainnya. Jika voucher tersebut memiliki ketentuannya batas minimal belanja Rp.30.000, maka kamu harus belanja minimal Rp.30.000 agarbisa menggunakan voucher itu saat checkout.

Jika tidak, maka voucher tidak akan bisa dipakai meskipun sudah diklaim.  Lalu, jika masa berlaku voucher adalah 1 hari dan berakhir pada jam 00.00, maka kamu harus menggunakan voucher sebelum jam tersebut agar tidak hangus. Untuk itu, jangan lupa membaca syarat ketentuan penggunaan voucher baik sebelum maupun sesudah diklaim, ya.

Pilih Lokasi Toko Terdekat

Seperti yang kita tau, jarak sangat menentukan berapa ongkos kirim. Semakin jauh lokasi kita dengan lokasi toko, maka ongkirnya akan semakin mahal.  Sebagai gambaran, ongkos kirim dari Jakarta ke Yogyakarta akan lebih murah dibandingkan ongkir Jakarta ke Sumatera. Untuk itu,agar lebih hemat ongkir, kamu bisa mensiasatinya dengan memilih lokasi toko terdekat dari lokasimu, atau bahkan memilih lokasi kota yang sama.

Ini adalah salah satu cara yang sering saya gunakan agar bisa hemat ongkir, bahkan saya seringkali mendapatkan gratis ongkir sepenuhnya alias ongkir 0 karena membeli barang dari penjual yang berada di kota yang sama. Misal saja, kamu memiliki voucher gratis ongkir dengan potongan Rp.15.000. Jika ongkos kirim dengan lokasi sama-sama di Yogyakarta adalah Rp.15.000, maka kamu tidak perlu membayar ongkir sama sekali.

 Jika ongkir dari Jakarta ke Yogyakarta adalah Rp.23.000 maka kamu akan dikenakan biaya ongkir Rp.8.000. Maka, semakin jauh lokasi toko, maka akan semakin besar juga biaya ongkir yang perlu dikeluarkan. Untuk itu, kiat yang satu ini juga perlu diperhatikan agar kantong tidak bolong karena ongkir.

Pilih Toko Bertanda Gratis Ongkir

Ada dua program gratis ongkir di Shopee, yaitu gratis ongkir biasa dan gratis ongkir Xtra. Gratis ongkir biasa bisa dilihat dengan produk yang bertanda mobil berwarna tosca dengan tulisan ‘free’. Sebuah toko yang memiliki program gratis Xtra juga bisa dilihat dari tanda yang terdapat di bawah foto produk dengan tanda bertuliskan“gratis ongkir Xtra”.

Sesuai namanya, gratis ongkir Xtra lebih menguntungkan bagi pembeli dari pada gratis ongkir biasa karena potongan ongkirnya lebih besar atau bisa jadi juga karena minimal pembelian yang lebih sedikit. Untuk itu, saat memilih produk, kamu bisa memilih toko dengan gratis ongkir Xtra ataupun gratis ongkir biasa agar lebih hemat ongkos kirim.

Agar lebih gampang, kamu bisa memasang filter saat melakukan pencarian produk. Klik tulisan filter yang terdapat di pojok kanan atas, lalu tinggal klik filter gratis ongkir Xtra, maka produk yang muncul adalah produk dari toko yang memiliki program gratis ongkir Xtra.

Beli Beberapa barang di Toko yang sama

 Ini adalah salah satu cara yang juga sering saya lakukan. Beberapa kasus, kita membutuhkan dua atau tiga barang yang berbeda tetapi masih dalam kategori yang sama. Misalkan, kita lagi mencari handuk mandi bayi , perlak, dan tempat bedak bayi. Ada sebagian orang yang akan membeli tiga produk tersebut di toko yang berbeda-beda. Handuk bayi dibeli di toko A, lalu, perlak di toko B, dan tempat bedak bayi di toko C. Dengan begitu, dia akan dikenakan ongkos kirim setiap membeli di toko yang berbeda.

Untuk itu, jika bisa, ada baiknya membeli semua orang tersebut di toko yang sama sehingga kita hanya dikenakan satu ongkir.  Karena perlak, handuk bayi, dan kotak bedak bayi kategorinya sama yaitu sama-sama perlengkapan bayi, biasanya akan ada toko perlengkapan bayi yang memiliki semua barang itu sekaligus. Jangan terlalu terburu-buru checkout, kamu masih memiliki kesempatan dan sedikit waktu untuk mencari toko yang menjual semua produk yang kamu cari.

Namun, jika memang tidak berhasil menemukan, apalagi jika barang-barang yang kamu cari berbeda kategorinya (seperti ingin membeli rak piring dan sheet mask tentu jarang sekali toko yang menjual barang tersebut sekaligus), maka tidak masalah jika harus membelinya di toko yang berbeda.

Belanja di Shopee Live

Cara mendapatkan gratis ongkir di Shopee berikutnya adalah dengan berbelanja di Shopee live. Shopee live adalah live video yang digunakan para seller Shopee untuk menjual barang dagangannya. Dengan live, seller bisa lebih leluasa memperlihatkan detail produk yang mereka jual, fungsi atau cara penggunaan barang, sekaligus kelebihan produk mereka untuk menarik lebih banyak pembeli.  Calon pembeli pun bisa berbelanja lebih tenang karena sudah melihat secara live produk yang hendak dibeli.

Seller biasanya juga memberikan berbagai promo menarik saat live, jadi hanya orang yang membeli lewat live lah yang bisa mendapatkan promo atau harga khusus. Selain mendapatkan harga khusus, keuntungan lain yang didapatkan pembeli jika membeli lewat live adalah mendapatkan gratis ongkir, karena di live biasanya seller memberikan voucher gratis ongkir khusus live.

Potongan gratis ongkir live ini lebih besar dari potongan ongkir yang biasa kita gunakan saat membeli produk tanpa live. Terlebih jika toko yang live berlokasi di kota yang tidak jauh dari lokasi kita, maka kita bisa mendapatkan gratis ongkir 0 rupiah alias tidak perlu bayar ongkir sedikitpun.

Belanja di Toko bertanda Shopee Mall

Tips terakhir agar lebih hemat ongkir di Shopee adalah dengan berbelanja di toko bertanda Shopee Mall. Bagi yang belum tau, Shopee Mall merupakan toko-toko yang official shop alias pemilik merk/brand. Karena produk dijual langsung sama pemiliknya, maka sudah pasti barang yang mereka jual terjamin keasliannya.  

Ada 3 keuntungan eklusif yang kita dapatkan saat berbelanja di shopee Mall, yaitu produk 100% original, garansi 7 hari pengembalian, dan juga voucher gratis ongkir. Nah, gratis ongkir di Shopee Mall ini berbeda dengan gratis ongkir di toko biasa karena gratis ongkir di Shopee Mall memiliki potongan lebih besar dan minimal pembelian lebih kecil dibandingkan gratis ongkir biasa. Jadi cara ini bisa lakukan agar lebih hemat ongkir sekaligus mendapatkan produk yang lebih berkualitas.

Itulah beberapa cara mendapatkan gratis ongkir di Shopee. Cara-cara ini juga sering saya terapkan saat berbelanja di Shopee agar tidak perlu pusing memikirkan ongkir yang mahal. Semoga tips ini juga berguna untuk kamu yang ingin lebih hemat belanja di Shopee.



 


EmoticonEmoticon