Rabu, 31 Mei 2023

Cara Praktis Berbelanja di Shopee Luar Negeri, Super Gampang dan Dapat Subsidi Ongkir!

 


Mahalnya harga produk, ongkos kirim selangit, serta sistem pembayaran yang ribet bisa menjadi alasan kenapa berbelanja di luar negeri itu sangat sulit. Padahal, platform jual beli online luar negeri sebenarnya cukup banyak ya, seperti eBay, Amazon, Alibaba, dan beberapa nama lain. Karena itu, keberadaan Shopee menjadi angin segar bagi mereka yang penasaran dan ingin mencoba belanja dari luar negeri. Kenapa? Karena di Shopee kita bisa berbelanja dari luar negri tanpa ribet dan gratis ongkir!

Anti ribet karena sistem pemesanan hingga pembayarannya dilakukan sama seperti checkout produk biasa. Dan bagian menariknya, kita bisa berbelanja dari luar negeri dengan ongkir yang bahkan bisa lebih murah dibanding saat kita belanja di dalam negeri. Tapi sedikit kekurangannya, di Shopee kebanyakan tokonya berasal dari China jadi tidak banyak pilihan negara seperti yang tersedia di platform jual beli luar negeri di atas. Tapi ini ga masalah karena produk China adalah produk paling populer karena harganya super murah dan variasinya lebih banyak.

Untuk kategori produk luar negeri di Shopee juga bisa dibilang tidak selengkap platform luar negeri yang saat ini kita kenal. Saat pertama muncul, kita sebenarnya hampir bisa menemukan berbagai jenis produk di Shopee luar negeri, mulai dari pakaian, kosmetik, hingga aksesoris. Hanya saja, di tahun 2021 silam ada pembatasan produk dimana mereka menutup beberapa jenis produk terutama produk fashion, busana muslim, dan kosmetik, dengan tujuan untuk menyelamatkan UMKM lokal. Beberapa jenis produk yang masih bisa kita temukan di Shopee Luar Negeri adalah stationery, soft case hp, hingga asesoris seperti kalung, gelang, atau cincin. Mungkin ada beberapa produk lain yang belum saya tau jadi kamu bisa cek sendiri di Shopee ya. Untuk membantu kamu, berikut beberapa poin penting bagaimana cara belanja di Shopee toko luar negeri dengan gratis ongkir.

Cara Belanja di Shopee Toko Luar Negri

Berbelanja di Shopee dari toko lokal maupun toko luar negeri sebenarnya sama saja. Hanya saja, sedikit masalah mungkin kita agak kesulitan menemukan produk dari toko luar negeri. Biasanya saat kita mengetik kata kunci di search Shopee produk yang muncul kebanyakan adalah dari toko dalam negeri. Cara menemukan produk luar negeri sebenarnya cukup mudah.

Setelah mengetik kata kunci produk yang diinginkan, misalnya “soft case” maka selanjutkan kita filter hasil pencarian dengan cara klik ikon “Filter” di pojok kanan atas, tepat disamping kolom search.

Di opsi Lokasi, silahkan cari pilihan lokasi “Luar Negeri”. Klik Pakai, maka hasil pencarian akan terfilter dimana hanya produk soft case dari luar negeri yang keluar. Sekarang saatnya kita tinggal mencari produk yang kita inginkan dari sebuah toko luar negeri.

Masukkan Produk ke keranjang belanja atau klik “Beli Sekarang”. Pilih variasi dan warna yang diinginkan.

Isi dengan lengkap data checkout mulai dari alamat pengiriman, memilih jasa pengiriman, hingga memilih metode pembayaran seperti biasanya. Nah, sekarang tinggal membuat pesanan lalu melakukan pembayaran sesuai metode pembayaran yang dipilih.

Apakah Belanja Luar Negeri di Shopee Gratis Ongkir?

Gampang banget ya checkout produk dari luar negeri. Berkat Shopee orang-orang bisa melepaskan rasa penasarannya tentang bagaimana rasanya menerima produk langsung dari China tanpa ribet. Lalu, bagaimana dengan ongkirnya sendiri? Berbelanja dari luar negeri pasti ongkirnya sangat mahal ya?

Eits, jangan bersedih hati dulu karena kita bisa mendapatkan ongkir super murah bahkan lebih murah dibanding berbelanja di dalam negeri. Pengalaman saya sendiri, saya hanya membayar ongkir sebesar Rp.2.000 saja. Ya, uang senilai 2 bakwan bisa kita jadikan sebagai ongkir pengiriman dari luar negeri. Seperti biasanya, setelah memasukkan semua data checkout termasuk opsi pengiriman, maka selanjutnya kita perlu memilih voucher gratis ongkir agar pesanan lebih hemat.  Ongkos kirim tanpa voucher adalah 12 rb, lalu setelah menggunakan voucher gratis ongkir, kita mendapat potongan sebesar 10rb sehingga total ongkir yang perlu kita bayar hanya 2 rb saja menggunakan Standar Xpress. Jadi, jangan lupa menggunakan voucher agar pesanan lebih hemat.

Berapa Lama Pengiriman dari Luar Negeri?

Jasa pengiriman dari luar negeri biasanya menggunakan premium Express atau standar Xpress. Seperti yang tertulis di artikel bantuan Shopee, jika kita memilih premium Express, maka begitu produk sampai di Indonesia pengiriman akan dilanjutkan menggunakan Shopee Xpress. Dan, jika kita memilih Standar Xpress, maka pengiriman akan dilanjutkan ke alamat kita menggunakan JNE/J&T/Shopee Xpress.

Karena kita membeli produk dari luar negeri, maka lama pengiriman pasti lebih lama dibanding membeli dari toko di dalam negeri karena lokasinya yang sangat jauh. Jika membeli produk dalam negri bisa sampai 2-5 hari, maka normal pengiriman produk dari luar negeri adalah 1-2 minggu. Ada yang lebih cepat & ada yang lebih lambat tergantung situasi dan kondisi tertentu.

Untuk itu, sebagai pembeli kita perlu lebih bijak memberikan penilaian jika barang baru sampai 15 hari karena memang hitungannya itu masih dianggap normal. Tidak jarang loh, pembeli memberikan ulasan jelek karena produk mereka sampainya lama. Namanya juga dari luar negeri pasti lebih lama ya teman-teman. Jika membutuhkan barang mendesak ada baiknya membeli produk dalam negeri agar datang lebih cepat.  

Apakah Belanja di Shopee Luar Negeri Kena Pajak?

Kita tidak akan menemukan adanya tambahan biaya pajak di rincian pembayaran saat checkout. Kita hanya menemukan tambahan biaya seperti biasanya, yaitu biaya layanan dan biaya penanganan. Hanya saja, untuk penjual di Kawasan perdagangan bebas termasuk Luar Negeri dikenakan pajak Bea Masuk, PPN, dan PPH sesuai dengan peraturan pajak Impor. Karena itu, penjual biasanya telah mengatur harga produk dimana harga yang ditawarkan sudah termasuk harga pajak jadi pembeli lebih praktis saat melakukan pembelian. Jadi intinya, harga yang kita bayarkan itu sebenarnya adalah harga yang sudah termasuk pajak.   

Masuknya produk asing ke dalam negeri bisa menjadi kekhawatiran sendiri bagi pelaku usaha dalam negeri. Dengan adanya pembatasan produk luar negeri di Shopee secara langsung atau tidak bisa ikut mendukung produk lokal. Jadi, bagi kita yang penasaran bagaimana rasanya berbelanja di luar negeri atau mungkin ada produk yang benar-benar kita inginkan, maka bisa banget mencoba belanja di Shopee. Namun, jangan lupa untuk membeli produk dalam negeri juga. Ditambah lagi, karena ada pembatasan produk, maka tidak semua produk bisa kita temukan di Shopee. Kita bisa membeli produk lokal untuk barang lain yang juga ingin kita beli. 



EmoticonEmoticon