Kamis, 01 Juni 2023

Cara Gampang Membuat Google Form di Laptop Serta Mengenal Fitur-Fitur Google Form

 

Mengumpulkan data survey maupun membuat kuis kini bisa dilakukan dengan lebih praktis dan mudah menggunakan Google Form. Kita tidak perlu lagi menggunakan cara manual seperti mencetak formulir kuesioner lalu membagikannya secara tatap muka pada responden. Lebih hemat waktu dan tenaga juga karena dengan Google Form kita bisa melakukan semua secara online mulai dari membuat, mengedit, membagikan, hingga mengumpulkan data dengan rapi dan real time. Tidak perlu takut juga data hilang, sobek, atau kotor karena data telah disimpan dengan aman di Google.

Tidak heran jika aplikasi dari Google ini menjadi aplikasi yang wajib dimiliki oleh siswa/mahasiswa, guru, perangkat desa, pelaku usaha atau bisnis, perusahaan besar, dan siapapun yang ingin mengumpulkan data menggunakan formulir kuesioner. Bagi kamu yang kebetulan juga membutuhkan aplikasi ini tapi belum tau cara menggunakannya, maka kali ini saya akan membuat langkah mudah membuat google form khusus untuk kamu dan sekalian bagaimana cara membagikannya untuk responden.

Cara Membuat Google Form di Laptop / PC

Pertama, silahkan kunjungi google drive https://drive.google.com/ masuk menggunakan alamat gmail ya teman-teman. Bagi yang gmailnya sudah log in, biasanya akan langsung otomatis terhubung.


Kedua, Klik ikon +Baru yang berada di bagian paling atas menu Google Drive. Lalu pilih opsi Google Formulir dan pilih apakah ingin mulai dengan formulir kosong atau dengan yang sudah ada templatenya.

Ketiga, Kita tinggal mengisi formulir sesuai kebutuhan masing-masing.  Seperti contoh, saya membuat formulir kuisioner dengan tujuan untuk data skripsi. Seperti terlihat di foto, saya menulis judul lalu identitas responden dan kemudian baru pernyataan yang nantinya dijawab oleh setiap responden. Teman-teman bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, apakah untuk memberikan kuis pelajaran di sekolah, meminta pendapat mengenai agenda tertentu, atau mencari tau tanggapan seseorang mengenai sebuah produk atau institusi. Intinya, mengisi Google Form ini bisa dibuat sesuai yang kita inginkan.


Fitur Google Form Untuk Mengedit Formulir

Sebagai Tambahan, saya akan sedikit menjelaskan fitur-fitur yang ada dihalaman Google Form ini untuk memudahkan kamu yang ingin membuat dan mengedit formulir.

Pertama, kita melihat fitur di bagian pojok kanan atas (silahkan lihat foto dibawah).  Ada menu Tema dengan ikon palet lukisan berfungsi untuk mengganti gaya tulisan header ataupun tulisan pertanyaan dan juga berguna untuk memberi warna latar.  Menu Pratinjau untuk meninjau ulang formulir kuisioner yang sudah kita buat. Undo dan Redo untuk mengurungkan atau mengembalikan editan yang baru saja dibuat. Terakhir, menu Kirim yang berguna untuk mengirim formulir kepada orang lain yaitu responden.

Kedua, menu di atas kolom judul dan pertanyaan. Ada menu pertanyaan, jawaban, dan setelan. Menu pertanyaan adalah menu utama dimana kita membuat formulir berupa judul dan kolom pertanyaan. Menu jawaban adalah formulir yang sudah selesai dijawab oleh responden. Dan, menu setelan adalah beberapa pengaturan dan default terkait pertanyaan formulis yang kita buat.   


Ketiga, fitur sebelah kanan. Ada tombol + (plus) yang berguna untuk menambah kolom pertanyaan baru. Lalu ada menu mengimport pertanyaan, menambahkan judul dan deskripsi, menambahkan foto atau video, dan menambahkan bagian jika kita memiliki beberapa bagian judul.

Keempat, fitur di dalam kolom pertanyaan. Ada kotak menu di pojok atas kolom yang jika diklik akan muncul berbagai jenis opsi lain untuk format jawaban seperti misalnya jawaban berupa pilihan ganda, paragraph, jawaban singkat, kotak centang, Drop-down, skala linier dan beberapa pilihan lain. Menu kolom pertanyaan adalah tempat kita menulis pertanyaan maupun pertanyaan. Opsi adalah tempat untuk jawaban dimana kita bisa menambahkan sampai beberapa opsi jawaban yang nantinya akan dipilih oleh responden. Bagian paling bawah kolom pertanyaan ada menu duplikat, hapus untuk menghapus kolom, dan wajib menjawab (dimana toggle ini jika diaktifkan akan mengharuskan responden untuk menjawab pertanyaan alias tidak boleh dilewati).  

Nah, itu dia beberapa fitur di halaman pembuatan formulir Kuisioner di Google Forom. Sebenarnya fitur mereka tidak sulit sama sekali jadi orang awampun bisa mempelajarinya tanpa membutuhkan waktu lama. Namun jika ada yang tidak dipahami bisa melihat bagian artikel ini untuk membantu.

Cara Membagikan Formulir Google Form



Setelah formulir kita selesai, maka kita tentunya perlu menyebar formulir itu kepada orang lain alias responden untuk nantinya mereka jawab. Caranya sangat gampang kok. Silahkan klik menu Kirim di bagian pojok kanan paling atas, maka akan keluar halaman untuk mengirim formulir. Silahkan isi alamat email yang dituju, subjek, serta pesan singkat. Centang sertakan formulir di email, lalu kirim. Formulir kuisioner sudah berhasil dikirim ke alamat tersebut. Selain lewat email, kita juga bisa membagian formulir dalam bentuk link ke berbagai media social seperti facebook, twitter, maupun whatsApp dengan cara menyalin link formulir tersebut.  

Membuat dan membagikan Google Form sangat mudah ya teman-teman. Kita boleh banget mencoba aplikasi ini untuk menyelesaikan tugas penelitian, memberi tugas kuis kepada siswa, atau tugas kantor mengumpulkan data kepuasan pelanggan mengenai suatu produk atau jasa tertentu. Hanya saja, sebagai kekurangannya, Google Form ini belum bisa menggunakan equation secara langsung dan juga tidak menyediakan survey dengan skala thurstone.

Selain itu, kita mungkin juga akan kesulitan membagikan formulir jika melakukan survey pada responden yang tidak kita kenali. Misal saja, kita ingin mengumpulkan data kepuasan konsumen di  sebuah toko tertentu dimana kita pasti tidak kenal dengan para pengunjung. Jika kita meminta media social baik itu Email, Whatsapp maupun Facebook untuk mengirim kuisioner maka mungkin mereka akan sedikit tidak nyaman, bahkan mungkin ada yang menolak mentah-mentah. Tapi jika kita memberikan kuisioner hasil print maka meminta mengisi formulir tidak akan sesulit itu. Tapi kembali lagi, setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika dirasa pengumpulan data atau informasimu lebih cocok menggunakan formulir online, maka Google Form adalah jawabannya. Semoga sedikit informasi ini berguna.  




EmoticonEmoticon