Sabtu, 03 Juni 2023

Dari Fitur Mengunci Chat Hingga Mengedit Pesan yang Sudah Terkirim, Berikut Sederet Fitur Terbaru WhatsApp Tahun 2023

 


Sebagai aplikasi perpesanan instan terpopuler saat ini, WhatsApp terus berupaya memberikan pelayanan terbaik mereka dengan menghadirkan berbagai fitur terbaru untuk memanjakan pengguna. Setelah sebelumnya menghadirkan fitur keluar grup tanpa notifikasi, menyembunyikan status online, mengirim file berukuran hingga 2 GB, memblokir tangkapan layar untuk pesan sekali lihat, kapasitas grup hingga 512 anggota, dan reaksi emoji untuk pesan & status, kini WhatsApp kembali memberikan beberapa fitur terbaru mereka yang tak kalah keren. Jadi, apa saja fitur WhatsApp tahun 2023 ini?

Kunci Chat Agar Pesanmu Aman

Sebelumnya ada fitur “Arsip” untuk memisahkan chat secara terpisah dari beranda chat utama. Sehingga, disaat orang membuka beranda utama WhatsApp, obrolan kita dengan kontak ini tidak akan langsung kelihatan. Fitur ini sering dijadikan untuk menyembunyikan obrolan kita dengan seseorang, namun ini tidak begitu efektif untuk menyembunyikan pesan karena orang lain bisa dengan mudah membuka obrolan yang kita sembunyikan di file arsip tersebut.

Nah, sebagai jawaban untuk masalah pengguna yang ingin mengunci obrolan mereka, maka akhirnya WhatsApp akan meluncurkan fitur kunci chat dimana kita bisa mengunci obrolan dengan kata sandi ataupun sidik jari. Diketahui, saat kita mengaktifkan fitur ini, maka chat kita dengan seseorang akan dipisah dan masuk ke dalam file Chat Terkunci yang berada di atas Chat Diarsipkan. Jika ingin membuka obrolan, maka kita harus memasukkan kata sandi maupun menggunakan sidik jari yang kita gunakan sebelum diaktifkan. Dengan begitu, maka sudah jelas bahwa hanya kita sendiri yang bisa membuka obrolan tersebut.

      

Cara mengaktifkan kunci chat ini adalah dengan mengklik profil kontak yang ingin obrolannya kita sembunyikan. Lalu akan keluar profil kontak mulai dari nomor telepon, media, dan beberapa peraturan. Nah, dibagian paling bawah ada tulisan Kunci Chat dengan ikon gembok. Silahkan langsung klik menu tersebut dan aktifkkan toggle “Kunci Chat ini dengan Kode Sandi” Setelah mengaktifkan toggle ini, kita kemungkinan akan disuruh memasukkan kata sandi.

Hanya saja, karena masih sangat baru, jadi fitur ini mungkin belum tersedia untuk setiap orang. Untuk aplikasi yang saya gunakan sendiri, sudah ada menu “Kunci Chat”di bagian paling bawah profil kontak, namun sayangnya toggle mengaktifkan Kunci Chatnya belum berfungsi. Hal ini bisa jadi karena  semua fitur diaktifkan secara bertahap jadi belum tersedia untuk semua orang. Untuk memastikan apakah kamu sudah bisa atau belum, maka silahkan dicoba sendiri ya.     

Bikin Status Menggunakan Suara Sendiri

Fitur terbaru WhatsApp 2023 berikutnya adalah kita bisa membuat status menggunakan rekaman suara sendiri secara langsung. Baru beberapa hari lalu WhatsApp official sendiri membuat story pemberitahuan mengenai fitur terbaru ini. Saya penasaran dan langsung mencobanya dan ternyata benar saja, kita bisa merekam suara dan mengirimnya di story.

  

Caranya sangat mudah, kita tinggal klik ikon pensil yang biasanya kita gunakan untuk membuat status tulisan. Nah, dibagian bawah terdapat ikon recorder, jadi tinggal pencet lama dan rekam apa yang ingin kita sampaikan lewat story.  Sebelum mengirim, kita bisa pratinjau dulu apakah hasilnya bagus atau tidak. Jika dirasa sudah bagus, maka langsung mengklik ikon pesawat untuk mengirim pembaharuan status. Oh ya, kita juga bisa memilih warna latar dengan klik palet warna di pojok kanan atas seperti halnya mengganti warna latar di status tulisan.

Mengedit Pesan yang Sudah Terkirim

Sering banget ya kejadian dimana kita salah kirim pesan lalu terpaksa menghapusnya karena kita tidak bisa mengedit pesan yang sudah terkirim.  Agak kesal jika pesan yang kita kirimkan cukup panjang dan hanya karena kesalahan beberapa kata akhirnya kita menghapusnya dan mengetik pesan baru. Saat ini, kita tidak perlu lagi menghapus pesan yang sudah terkirim karena kita bisa mengeditnya langsung. Ini adalah salah satu fitur terbaru dari WhatsApp di tahun 2023 ini.

Cara melakukannya sangat mudah, yaitu tinggal tekan lama di chat yang ingin diedit, lalu akan keluar beberapa perintah seperti beri bintang, balas, teruskan, salin, edit, dan beberapa opsi lainnya. Fitur ini berada di bawah fitur emoji pesan yang sudah diluncurkan sebelumnya dimana cara menggunakannya sama yaitu dengan pencet lama pesan yang ingin diedit atau dikasih emoji. Fitur ini baru saja diluncurkan bulan Mei kemaren dan sudah diluncurkan kepada pengguna secara global. Untuk di aplikasi WhatsApp yang saya gunakan, fitur ini belum muncul karena biasanya fitur diluncurkan secara bertahap, jadi mungkin butuh beberapa aktu agar fiturnya tersedia untuk semua orang. Yang jelas, silahkan terus pantau perkembangan aplikasi WhatsAppmu untuk melihat update fitur terbaru dari mereka.  

Satu Akun WhatsApp Untuk Beberapa Ponsel Sekaligus

Sebelumnya, WhatsApp bisa ditautkan dengan 4 perangkat dengan cara menggunakan fitur linked devices. Hanya saja, ketika itu hanya bisa menggunakan 1 perangkat ponsel sebagai akun utama. Berita bagusnya, sekarang WhatsApp bisa digunakan untuk 4 perangkat ponsel sekaligus dengan akun yang sama lho. Informasi ini sudah dipublikasikan di blog.whatsapp.com tanggal 25 April 2023 silam dan pembaruannya sudah diluncurkan ke pengguna secara global.

Dengan fitur ini, kita bisa melanjutkan membalas pesan menggunakan ponsel yang berbeda. Ini mungkin akan sangat berguna untuk pebisnis dimana karyawan mereka juga bisa menjawab pesan pelanggan dari akun yang sama sehingga lebih efektif. Disaat perangkat utama tidak aktif dalam waktu lama, maka akun juga otomatis keluar dari perangkat lain yang kita gunakan.

Biasanya mentautkan perangkat, apakah ke whatsApp web maupun desktop dilakukan dengan menggunakan fitur linked devices yang ada di WhatsApp, lalu kemudian kita perlu melakukan pemindaian kode QR dengan perangkat lain yang ingin ditautkan. Setelah kode QR berhasil terscan, maka akun langsung aktif dan bisa digunakan di perangkat tersebut. Bagi yang ingin tau cara lebih detail bisa membaca artikel tentang cara mentautkan perangkat menggunakan linked devices yang pernah kami buat sebelumnya. Hanya saja, untuk cara mentautkan dengan 4 perangkat ponsel ini saya belum bisa memastikan dan belum mencobanya sendiri, karena kebetulan hanya memiliki 1 perangkat ponsel. Bisa jadi sama dengan cara sebelumnya atau bisa saja berbeda. Jadi, bagi yang membutuhkan fitur ini bisa mencobanya langsung.

Diantara beberapa aplikasi yang saya pakai, tidak terbatas pada aplikasi perpesanan saja, WhatsApp saya rasa menjadi aplikasi yang paling sering update dan selalu meluncurkan fitur terbaru. Fitur yang mereka miliki juga sangat praktis dan aman tentunya sehingga kita merasa sangat nyaman menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, maupun rekan bisnis.

Saya pernah mencoba aplikasi perpesanan lain tapi fiturnya tidak sebaik dan sepraktis WhatsApp, jadi saya gagal untuk move on. Tidak hanya saya sendiri, saya yakin kebanyakan orang juga berpikir yang sama. Inilah yang menjadi alasan kenapa WhatsApp masih bertahan sebagai aplikasi perpesanan instan paling populer di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif.




EmoticonEmoticon