Sabtu, 10 Juni 2023

Mengenal Apa itu Chromebook dan Perbedaannya dengan Laptop Windows

 

Beberapa kurun waktu belakangan, nama Chromebook cukup trend dan sering terdengar di telinga kita. Sebenarnya, Cromebook sudah mulai masuk ke pasar Indonesia sejak tahun 2014 silam oleh perusahaan Acer, namun karena beberapa kelemahan seperti ketergantungan terhadap internet dan tidak mendukung windows office maka perangkat ini tidak begitu sukses seperti halnya perangkat laptop Windows. Di negara asalnya sendiri, Chromebook menjadi salah satu perangkat yang banyak digunakan oleh sekolah untuk menunjang pembelajaran siswa. Hal ini disebabkan karena disana internet sudah lebih maju dan anak sekolahpun memerlukan internet setiap harinya untuk menunjang pembelajaran mereka. Chromebook yang memiliki harga yang murah, sistem operasi dan fitur yang ringan plus gesit ini dirasa cocok untuk anak sekolahan maupun kuliahan.  

Apa itu Chromebook?

Chromebook merupakan salah satu jenis perangkat dari Google yang menjalankan sistem operasi Chrome Os. Perangkat ini memiliki Chrome Browser dan Google Workspace sebagai antarmuka aplikasi. Jadi bisa dibilang, ini adalah perangkat yang mendukung penuh pekerjaan menggunakan internet yaitu dengan Google Chrome yang menjadi mesin pencarian terbaik saat ini. Alasan kenapa Chromebook cukup banyak digemari saat ini adalah karena harganya lebih murah. Google mengklaim bahwa harganya lebih murah karena mereka bekerjasama dengan produsen agar perangkat terjangkau oleh semua pengguna. 

Chromebook memiliki sistem operasi dan fitur lebih ringan dan gesit dibanding dengan laptop pada umumnya, terutama untuk berinternet. Sensasi yang kita dapatkan adalah seperti saat membuka chrome di smartphone. Kita bisa memasang aplikasi android di Chromebook dengan mudah layaknya di smartphone yaitu dengan cara mendwonload langsung di Google Play Store. Sehingga, tidak heran jika perangkat ini sangat cocok untuk anak sekolah karena mempermudah mereka belajar maupun membuat tugas dengan bantuan internet. Bahkan, dikatakan bahwa Chromebook merupakan 60% dari komputer yang dibeli oleh sekolah di Amerika Serikat tahun 2018 silam. 

Perbedaan Chromebook dan Laptop Windows

Jika dilihat secara sekilas, penampakan Chromebook dan laptop sangat mirip ya bahkan mungkin kita akan menganggapnya sebagai perangkat yang sama. Perbedaan kedua perangkat ini baru bisa kita rasakan disaat menggunakannya langsung. Sebelumnya juga sudah disinggung bahwa Chromebook memiliki sistem operasi Chrome Os buatan Google sementara Laptop kebanyakan menggunakan sistem operasi Windows buatan Microsoft. Ini adalah perbedaan laptop windows dan Chromebook yang paling terlihat, yaitu terletak di sistem operasinya. Begitu juga, perangkat ini juga berbeda dengan laptop Macbook yang menggunakan sistem operasi MacOs dari Apple Inc.  

Karena Chromebook adalah milik Google, maka fasilitasnya pun didesain dan mendukung penuh produk dari Google Workspace seperti Chrome, Gmail, Drive, Calendar, Sheets, dan berbagai layanan Google lain. Bagi yang sehari-harinya bergelut dengan Google Workspace maka perangkat ini akan sangat cocok. Tapi bagi yang membutuhkan produk Microsoft Office seperti word, excel, atau powerpoint untuk pekerjaannya, maka Chromebook mungkin tidak sebaik laptop windows dalam memberikan pelayanan Microsoftnya karena di perangkat ini kita tidak bisa menginstall aplikasi Microsoft Officenya langsung.

Perbedaan lainnya yang terlihat adalah kebutuhan akan internet. Tidak banyak yang bisa kita lakukan jika Chromebook tidak online, karena untuk menginstal dan membuka aplikasi di perangkat membutuhkan jaringan internet. Aplikasi yang kita gunakan di perangkat adalah aplikasi dari Google Playstore, dan untuk menggunakannya kita membutuhkan jaringan internet. Beda dengan laptop biasa dimana aplikasi di perangkat yang sudah terinstal tidak perlu menggunakan internet untuk menggunakannya, kecuali untuk membuka aplikasi pencarian seperti Youtube, Gmail, maupun Chrome. Tanpa internet, kita juga masih bisa menyelesaikan tugas di Microsoft Office atau bermain game di software yang sudah terinstal.

Tapi sebenarnya ini bukanlah masalah yang berarti, karena internet sudah menjadi bagian hidup kita sehari-hari. Kita membutuhkan internet untuk chat orang terkasih, membuka Instagram ataupun Facebook, menonton video di Youtube, dan bahkan jikapun kita bisa menyelesaikan tugas secara offline, kita masih membutuhkan internet untuk mengirim dokumen tersebut. Ditambah lagi, Google telah meningkatkan layanan mereka menyetel email dalam mode offline, membuka dokumen atau spreadsheet dengan Google drive, dan kita juga bisa memilih beberapa aplikasi hiburan offline dari Google Play Store. Meski begitu, kembali lagi pada kebutuhan masing-masing orang. 

Cara Membuka Microsoft Office di Chromebook

Meskipun kita tidak bisa membuka aplikasi Microsoft Office di Chromebook, namun kita sebenarnya masih memiliki produk Google Workspace seperti Google Doc maupun Spreadsheet. Selain itu, kita juga bisa menggunakan aplikasi WPS Office yang merupakan software pengolah kata layaknya Microsoft Office dan bisa didwonload dengan mudah di Google Play Store. Hanya saja, bagi yang terbiasa menggunakan produk Microsoft Office tentu tidak akan merasa puas. Itulah alasan kenapa Microsoft terus melakukan upaya agar pengguna Chromebook tetap terhubung dengan produk mereka.    

Pasti ada yang ingin tau bagaimana cara membuka Microsoft Office di Chromebook. Jadi, untuk mengakses dan melakukan pengeditan layanan Microsoft Office di Chromebook bisa dilakukan dengan menggunakan akun Microsoft 365. Jadi, kita perlu mengunjungi laman www.office.com, lalu masuk menggunakan akun Microsoft atau akun Microsoft 365. Diketahui bahwa kita hanya bisa membuka dan melakukan pengeditan dasar jika kita masuk menggunakan akun Microsoft, sementara untuk menggunakan pengeditan tingkat lanjut kita perlu berlangganan dengan Microsoft 365. Memang tidak sepraktis dibandingkan membuka Microsoft Office di Laptop Windows, namun ini cukup menguntungkan pengguna Chromebook yang ingin mengerjakan tugas sekolah maupun kantor menggunakan Microsoft Office. 

Dulu, saya berpikir semua perangkat yang mirip laptop adalah laptop, ga ada yang namanya Chromebook, Ultrabook, ataupun Netbook. Mungkin ada juga sebagian teman-teman yang sama dengan saya. Meskipun bentukannya hampir sama, sebenarnya mereka memiliki perbedaan apakah itu dari spesifikasi maupun fiturnya. Jadi kalau misalnya asal beli tanpa mencari tau fitur dan spesifikasinya, maka bisa jadi perangkat yang kita beli tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Untuk itu, penting sekali mengetahui spek dan fitur dari sebuah perangkat sebelum membeli. 




EmoticonEmoticon