Sabtu, 01 Juli 2023

Ini Dia Dereta Aplikasi Paling Populer di Google Play Store Juni 2023

 


Google Play Store menjadi aplikasi andalan pengguna Android karena disini kita bisa mendapatkan berbagai jenis aplikasi yang kita butuhkan. Kategori anak-anak, pendidikan, game, finansial, komunikasi, musik, video maker, edit foto, film, dan berbagai kategori lain bisa kita unduh secara aman dan gratis, meskipun ada beberapa aplikasi berbayar juga tentunya. Ibarat sebuah toko, setiap aplikasi  di Play Store memiliki deskripsi tentang aplikasi tersebut, ada jumlah pengunduhan, rating, dan ulasan, sehingga kita bisa mempertimbangkan aplikasi tersebut sebelum memutuskan untuk diinstall.

Google play store juga membuat list aplikasi paling populer dalam tiga opsi yaitu gratis-populer, terlaris, dan berbayar-populer. Untuk kali ini, kita akan melihat daftar aplikasi paling populer di Google Play Store opsi gratis-populer untuk semua kategori karena sebagian besar orang suka dengan aplikasi gratisan tapi manfaatnya sangat besar. Dengan begitu, kita jadi tau apa aplikasi trend saat ini biar ga ketinggalan informasi dan manatau ada diantara aplikasi tersebut yang kita butuhkan juga.

Capcut (500jt+ download/Rating 4,4/5.0)

Tidak heran sih kenapa aplikasi ini berada diurutan pertama sebagai aplikasi paling populer. Sebagian besar teman-teman pasti juga sudah tau kalau ini adalah aplikasi editor video yang mendukung pembuatan video Tiktok, sehingga sangat trend di kalangan Tiktokers.  Mereka memiliki fitur cukup komplit untuk mendukung edit video sederhana. Selain edit manual, aplikasi ini menyediakan banyak sekali template video yang bisa langsung diterapkan tanpa harus banyak mengedit lagi. Ngomong-ngomong, bagi yang belum tau, aplikasi ini ditawarkan oleh Bytedance Pte.Ltd dan rilis pada 10 April 2020 silam. Ini adalah perusahaan teknologi asal China yang juga memiliki aplikasi Ulike dan Hypic Editor foto Google Play Store.

Dana (100jt+ download/ Rating 4,1/5.0)

Dana menjadi salah satu aplikasi populer di urutan nomor 2. Ini adalah aplikasi dompet digital atau e-wallet yang memiliki fungsi sebagai alat pembayaran secara online untuk berbagai transaksi pembayaran dan tagihan mulai dari pulsa, listrik, hingga BPJS. Jelas, keberadaan Dana membantu banyak orang untuk bisa hidup lebih praktis dan bebas ribet karena transaksi bisa dilakukan dengan mudah, kapan dan dimana saja. Aplikasi yang berpusat di Jakarta ini ditawarkan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe dan dirilis tahun 2018 silam. Selain Dana, e-wallet lain yang juga banyak digunakan saat ini adalah OVO, GoPay, Link Aja, ShopeePay, hingga DOKU.

Tiktok (500jt+ download Rating 4,4/5.0/)

Tidak perlu dijelaskan pun, saya pikir sebagian besar orang sudah tau dengan aplikasi ini. Memang, Tiktok menjadi aplikasi yang sangat populer abad ini, bahkan anak-anakpun sudah menjadi Tiktokers. Di aplikasi ini, kita bisa membuat atau menonton video dan sebagai aplikasi penghasil uang bagi mereka yang menerima endors atau menjual produk. Tidak hanya menjual produk, kita juga bisa melakukan pembelian layaknya di marketplace yaitu lewat Tiktok Shop. Tiktok ditawarkan oleh perusahaan Tiktok Pte.Ltd. dan dirilis di aplikasi pada tahun 2017 silam.   

Instagram (1M+ download/ Rating 4,3/5.0)

Instagram memiliki jumlah download terbanyak diantara aplikasi sebelumnya, dan menjadi aplikasi nomor 1 untuk kategori sosial media. Ini adalah aplikasi dimana seseorang bisa membuat dan melihat status terbaru dari orang lain diseluruh dunia apakah itu berupa video maupun foto. Ada reels dimana kita bisa scroll untuk menemukan berbagai video acak yang disediakan instagram berdasarkan minat kita. Kita bisa saling berinteraksi memberikan love, berkomentar, mengikuti sebuah akun, hingga direct message atau mengirim pesan kepada pengguna lain. Jadi kamu boleh banget mengikuti akun aktor atau aktris favorit untuk melihat kegiatan terbaru dari mereka dan ikut berkomentar di postingan yang mereka buat.   

WhatsApp Messenger (5M+ Download / Rating 4,2/5)

Menurut saya, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang hampir ada disebagian besar smartphone saat ini, terutama di Indonesia yang mayoritasnya menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi. Bisa dilihat juga seberapa banyak orang yang menginstall aplikasi ini. Hal ini disebabkan karena WhatsApp sangat praktis, simple, dan aman tentunya. Fitur mereka sangat lengkap dan pihak aplikasi juga sering melakukan update fitur terbaru untuk semakin menyempurnakan aplikasi. Kita bisa berkirim pesan text, foto, video, membuat status, melihat dan memberikan reaksi pada status orang lain, melakukan panggilan suara dan panggilan video secara perorangan maupun grup.   

WhatsApp Business (500jt+ download/ Rating 4,2/5)

Masih dari WhatsApp, salah satu aplikasinya adalah WhatsApp Business. Sesuai namanya, WhatsApp bisnis ditujukan khusus untuk mereka yang memiliki bisnis. Ada beberapa fitur pendukung yang tidak dimiliki WhatsApp biasa, seperti profil bisnis (nama, alamat, jam kerja, alamat situs atau website, dan deskripsi bisnis), fitur balas pesan otomatis, broadcast, katalog produk, fitur tambahkan keranjang, dashboard analisis data pelanggan, dan beberapa fitur lain yang sangat berguna untuk kelancaran usaha atau bisnis kita. Aplikasi ini banyak digunakan oleh pebisnis kecil hingga menengah. Sementara pebisnis besar dengan pelanggan sangat luas, bisa memilih WhatsApp API karena fiturnya dirancang dengan lebih baik untuk skala besar.     

Getcontact (100jt+ Download / Rating 4,5 /5)

Kebanyakan diantara kita mungkin juga sudah sering mendengar aplikasi ini ya karena iklannya juga sering muncul saat kita buka Youtube atau Instagram. Aplikasi ini ditawarkan oleh Getverify LDA dan dirilis tahun 2016 silam. Sesuai namanya, fungsi dari aplikasi ini adalah untuk melacak nomor yang tidak dikenal dan memblokir panggilan spam. Aplikasi ini akan otomatis memberikan peringatan untuk panggilan dari nomor spam, sehingga kita bisa terhindar dari telepon yang tidak diinginkan terutama telepon penipuan yang saat ini marak terjadi. Fungsi lain yang cukup populer dari aplikasi ini yaitu kita bisa mencek apa nama kontak kita di Hp orang lain. Sehingga fitur ini sering digunakan mereka yang ingin tau apakah pacarnya selingkuh atau ingin tau apakah ada orang yang diam-diam menyimpan nomornya dengan panggilan “sayang”.

WePlay (Rating 4,1/5.0) (5jt Download)

WePlay saat ini menduduki peringkat nomor 2 sebagai aplikasi gratis-populer untuk kategori hiburan. Sebenarnya saya baru mendengar tentang aplikasi ini, mungkin karena masih baru yaitu dirilis tahun 2021 dan saya kebetulan juga tidak terlalu sering bermain game online. Jadi WePlay ini adalah aplikasi permainan online berbasis audio, dimana kita bisa bermain sambil mengobrol dengan pemain lain sehingga lebih seru. Tidak hanya satu permainan, di aplikasi ini kita bisa menemukan banyak jenis permainan terbaru dan populer lho. Kita tinggal memilih jenis permainan yang sesuai dengan selera masing-masing. Bagi pecinta game mungkin bisa mencoba aplikasi dari Wejoy Pte. Ltd ini ya.

Shopee (Rating 4,3/5.0) (100jt+ Download)

Aplikasi orange masih menjadi salah satu aplikasi paling populer di Play Store. Di awal kemunculannya yaitu sekitar tahun 2015 silam, Shopee lebih banyak menjual produk khusus untuk wanita seperti make up, asesoris, dan pakaian, namun saat ini kita bisa menemukan produk apapun disini termasuk juga produk digital. Tidak hanya penjual dari dalam negeri, di Shopee kita juga bisa berbelanja dari toko luar negeri untuk beberapa jenis produk tertentu seperti asesoris handphone, perhiasan, dan perlengkapan kantor atau alat tulis. Selain produknya melimpah, bagian lain yang paling terkenal dari aplikasi ini adalah banyak promo dan voucher gratis ongkir. Jadi bisa dibilang Shopee ini sangat membantu mereka yang ingin hidup lebih mudah dan praktis dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Tinggal klik, barang bisa langsung sampai dirumah.

GoTube (Rating 4,6/5.0) (10jt+ Download)

Terakhir, ada aplikasi GoTube yang juga masuk dalam 10 aplikasi gratis-paling populer di Google Play Store. Ini adalah aplikasi pemutar video & musik terbaru yang dirilis tahun 2021 oleh Gotube Studio. Jadi bisa dibilang aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi Youtube ya. Bagian menarik dari aplikasi ini dimana kita bisa mendengarkan jutaan video dan musik di latar belakang sehingga kita dapat terus menggunakan perangkat saat mendengarkan musik atau podcast.

Itu dia 10 aplikasi yang sedang populer di Google Play Store saat ini. Perlu diketahui bahwa urutan aplikasi paling populer ini terus berubah-ubah karena Google Play selalu update peringkatnya setiap saat. Bisa jadi, urutannya sudah berbeda jauh saat kamu melihatnya. Tapi dengan daftar ini kita bisa tau aplikasi apa saja yang sedang naik daun. Oh ya, setiap aplikasi berasal dari kategori yang berbeda-beda ya, jadi kalau kita melihat trend berdasarkan kategori maka aplikasi dalam daftar ini akan menduduki urutan pertama. 

Misalnya WhatsApp Messenger yang berada diurutan ke-5 di gratis-populer untuk semua kategori, tapi aplikasi ini nomor 1 di gratis-populer untuk kategori komunikasi. Jika penasaran melihat apa aplikasi android paling populer saat ini, maka langsung saja ke Google Play Store lalu pergi ke menu “Paling Populer” yang berada di samping menu “Untuk Anda” di bagian paling atas dashboard utama.


EmoticonEmoticon