Selasa, 11 Juli 2023

Menjadi Salah Satu Dompet Digital Masa Kini, Berikut Hal yang Perlu Kamu Tau Tentang AstraPay

 
Tidak bisa dipungkiri, e-wallet atau dompet digital memberikan berbagai kemudahan bertransaksi. Kita bisa melakukan pembayaran tanpa ribet hanya dengan satu klik, kapan dan dimana saja tanpa perlu keluar rumah. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan berbagai jenis promo yang tidak akan bisa kita dapatkan jika melakukan pembayaran secara langsung. Dan, yang lebih penting lagi semua riwayat transaksi tercatat dengan aman sehingga kita bisa meninjau kembali lalu lintas keuangan.

Ada begitu banyak jenis dompet digital yang ada saat ini. Ada GoPay, OVO, DANA, Shopee Pay, Link Aja, Sakuku, DOKU, hingga AstraPay. Untuk kali ini, kita akan melihat lebih jauh mengenai salah satu dompet digital yang kita sebutkan sebelumnya, yaitu AstraPay. Mungkin belum banyak yang tau tentang AstraPay, karena bisa dibilang aplikasi ini masih baru yaitu diluncurkan tahun 2020 silam. Meski baru berumur 3 tahun, namun aplikasi ini sudah mulai banyak digunakan, dan bahkan di Play Store sendiri aplikasi ini telah didownload lebih dari 5 juta kali.   

Apa itu AstraPay

Pertama kali mendengar AstraPay, mungkin ada yang langsung kepikiran dengan perusahaan otomotif yaitu Astra karena namanya sama. Sebenarnya bukan sebuah kebetulan karena memang AstraPay ini adalah salah satu bagian dari PT. Astra Internasional Tbk dibidang digital payment. Karena ini adalah aplikasi dari PT. Astra, maka ga heran jika aplikasi ini sangat mendukung untuk pembayaran angsuran dari layanan Grup Astra. 

Meski begitu, hampir sama dengan aplikasi e-wallet pada umumnya, AstraPay juga memungkinkan kita untuk melakukan berbagai jenis transaksi lain diluar ekosistem Astra seperti misalnya membeli pulsa & paket data, membayar tagihan listrik, pajak, BPJS, TV Kabel, PDAM. Bagi pengguna domisili Jakarta, AstraPay juga bisa digunakan untuk mengisi saldo transportasi umum seperti MRT Jakarta dan TransJakarta.

Apa Saja Fitur AstraPay

Berbicara soal fitur, AstraPay memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan e-wallet pada umumnya. Di aplikasi, ada fitur Tagihan & Isi Ulang dimana kita bisa melakukan pembayaran Pajak PBB, BPJS, PDAM, PayTV, Telkom, PLN, hingga membeli pulsa dan paket data. Lalu, hal yang selalu ada di dompet digital adalah fitur untuk Top Up & Transfer. Mengisi saldo bisa dilakukan dengan transfer ATM, mobile banking, internet banking, maupun lewat minimarket. Kita juga bisa melakukan transfer antar bank atau ke sesama pengguna Astrapay dengan mudah. Hanya saja, untuk bisa melakukan transfer ke bank kita perlu mengupgrade akun ke Preferred Member. Mari kita bahas apa itu preferred member dan bagaimana cara mendaftarnya setelah pembahasan ini.

Sedikit informasi juga, akun AstraPay memiliki income limit per bulan yaitu sebesar Rp.20.000.000 sudah terhitung total dari Top Up, transfer antar member, maupun cashback & bonus. Jadi, jika data yang diterima akun sudah diambang batas tersebut, maka dana tidak akan di proses sistem dan ter-refund ke rekening bank atau nomor VA pengirim.

Yang membuat AstraPay sedikit berbeda dan menarik adalah AstraPay sangat mendukung pembayaran angsuran dari layanan grup Astra. Beberapa perusahaan tersebut seperti misalnya FIFGROUP(PT Federal International Finance), Toyota Astra Finance (TAF), Astra Credit Companies (ACC)  yang merupakan perusahaan penyedia pembiayaan kendaraan & juga membayar tagihan Maucash yang merupakan platform penyedia pinjaman online dari Astra. Jika kamu pelanggan salah satu perusahaan tersebut, maka sekarang  tidak perlu lagi datang langsung ke gerainya karena bisa dilakukan dengan mudah lewat AstraPay. Caranya sangat gampang sekali, kita tinggal memilih salah satu nama perusahaan yang bekerjasama, lalu memasukkan nomor kontrak/nomor perjanjian/virtual account, dan terakhir konfirmasi pembayaran.

Fitur yang ga kalah menarik dari AstraPay adalah metode pembayaran menggunakan QRIS. Saat ini kebanyakan merchant skala menengah ke atas menyediakan sistem pembayaran ini untuk mempermudah pelanggan mereka melakukan pembayaran. Bagi yang belum tau, QRIS merupakan metode pembayaran terpraktis dan cepat yaitu hanya dengan scan kode QR. Caranya adalah dengan klik menu “Scan  QRIS”yang ada di beranda utama AstraPay, lalu arahkan kamera ke kode QRIS yang di sediakan toko, masukkan jumlah nominal pembayaran, masukkan PIN AstraPay, dan pembayaran telah berhasil dilakukan.

Apa itu Preferred Member?

Sebelumnya, sempat disinggung kalau untuk melakukan transfer bank kita perlu mengupgrade akun ke Preferred Member terlebih dahulu. Jadi, pada saat pertama kali mendaftar kita memiliki status sebagai Classic Member.  Agar berstatus Preferred Member, kita perlu melakukan proses Upgrade yang menunya bisa ditemukan di bagian setting/pengaturan di pojok kanan atas. Untuk proses ini, kita perlu melakukan foto selfie dengan KTP, mengupload foto KTP, dan mengisi data diri. Proses verifikasi upgrade akun ini membutuhkan waktu sekitar satu hari. Setelah berhasil, akan ada tulisan Preferred di beranda utama, tepatnya di samping informasi saldo.

Lalu, selain bisa melakukan transfer, sebenarnya apa yang menarik dari Preferred Member ini?

Akun Preferred member bisa menikmati fitur lebih banyak seperti gratis transfer antar member, limit saldo yang semula Rp.10.000.000 menjadi Rp.20.000.000, dan akses ke fitur eklusif Maupaylater dimana kita bisa beli apapun dengan sistem beli sekarang bayar nanti dengan total limit saldo Maupaylater hingga Rp.12.000.000. Jika kamu merasa membutuhkan fitur eklusif ini, maka segera saja upgrade akun karena prosesnya cepat dan gratis.

Biaya Top Up dan Biaya Transfer di AstraPay

Pasti ada yang bertanya-tanya apakah ada biaya top up dan biaya transfer di AstraPay.  Top Up di AstraPay gratis jika dilakukan lewat bank Permata dan CIMB Niaga. Top Up dengan bank BCA dikenakan biaya sebesar Rp3.325, bank BNI dikenakan Rp1.500, TMRW by UOB dikenakan Rp1.650 dan untuk jenis bank lainnya dikenakan biaya seperti biaya transfer pada umumnya. 

Selain lewat Top Up lewat transfer bank, kita juga bisa melakukan Top Up lewat Alfamart dan Alfamidi dengan biaya Rp2.000. Sementara untuk transfer, kita tidak dikenakan biaya alias gratis jika ke sesama member AstraPay. Tapi transfer antar bank dikenakan biaya sebesar Rp6.500 per transaksi.

Cara Registrasi Akun AstraPay

Aplikasi AstraPay bisa ditemukan dengan mudah di Google Play Store untuk Android dan Appstore untuk iOS . Sistem android yang bisa dipasang AstraPay adalah minimal versi 8.0 Oreo, yaitu versi yang telah beroperasi sejak 2017. Ponsel yang diproduksi setelah tahun itu kemungkinan sudah bisa menggunakan AstraPay. Sementara untuk iOS, AstraPay hanya bisa dipasangkan di iOS  minimal versi 13 yaitu versi yang telah beroperasi sejak 2019. Jika penasaran, silahkan langsung cek sendiri versi perangkat lunak smartphonemu untuk mengetahui apakah bisa dipasang AstraPay atau tidak.   

Mungkin ada diantara teman-teman yang sedikit ragu saat menemukan dua aplikasi yang hampir sama yaitu aplikasi AstraPay dan aplikasi AstraPay Merchant. Kedua aplikasi ini sama-sama dari PT Astra Digital Arta, namun kedua aplikasi ini berbeda ya. Jika aplikasi AstraPay adalah dompet digital, maka AstraPay Merchant adalah aplikasi untuk membantu mengelola bisnis. Jadi, silahkan langsung saja download aplikasi “AstraPay”. Untuk registrasi bisa dilakukan dengan mudah dan gratis dengan menggunakan nomor telepon dan mengisi data diri. Lebih lengkapnya, berikut cara registrasi akun AstraPay.

  • Install aplikasi AstraPay di Google Play Store 
  • Masukkan nomor telepon yang aktif
  • Buat 6 kode PIN yang diinginkan
  • Lengkapi identitas seperti nama, alamat email, tempat dan tanggal lahir dengan benar
  • Masukkan kode OTP yang dikirim aplikasi lewat SMS, maka proses registrasi telah selesai. 

Keamanan Aplikasi

Pertama kali yang dilihat dari sebuah aplikasi, terlebih aplikasi keuangan adalah apakah legal atau tidak. Perlu diketahui, AstraPay sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) jadi tidak perlu takut tentang maraknya penipuan dan pencurian yang dilakukan oleh aplikasi illegal. Sebagai aplikasi keuangan, sudah pasti AstraPay juga berupaya melengkapi fiturnya dan sistemnya dengan keamanan berlapis untuk keamanan transaksi pengguna.

AstraPay memiliki sistem kode OTP dan PIN untuk menjaga keamanan pengguna. One Time Password atau disebut juga dengan kode OTP merupakan enam digit kode yang akan dikirimkan Astrapay saat kita melakukan transaksi. Kode ini hanya dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar, jadi hanya pengguna yang bisa mendapatkan kode tersebut. Sementara PIN merupakan 6 digit password yang harus kita masukkan saat masuk ke aplikasi AstraPay. Dengan begitu, hanya kita yang bisa masuk ke akun kita sendiri.

Namun bukan berarti kita bisa terhindar dari berbagai bentuk penipuan. Kita sebagai pengguna juga perlu menjaga keamanan akun kita sendiri dengan cara membuat PIN yang tidak mudah ditebak dan jangan pernah membagikan PIN kepada orang lain. Selain itu, selalu waspada terhadap orang yang menghubungi dan mengaku sebagai pihak AstraPay, apakah mereka meminta identitas pribadi, PIN, atau memberikan promo besar dan hadiah. Promo dan hadiah biasanya diberitahukan AstraPay langsung di aplikasi, website, dan media sosial resmi AstraPay.

Begitu banyak kemudahan yang kita dapatkan jika menggunakan dompet digital ini. Sebagai aplikasi yang masih terus berkembang, kita masih bisa menemukan beberapa kekurangan AstraPay seperti belum ada fitur split bill atau mungkin kekurangan lain yang belum saya temui. Namun ini tidak begitu pengaruh besar karena tidak mengurangi fungsi utamanya sebagai dompet digital. AstraPay juga terus meningkatkan fitur dan layanan mereka agar semakin mempermudah pengguna dalam bertransaksi. 



EmoticonEmoticon