Minggu, 08 Oktober 2023

Makin Digemari, Berikut Keunggulan dan Kekurangan PayLater

 


PayLater menjadi salah satu metode pembayaran yang cukup populer saat ini. Saya sendiri pertama kali mengenal Paylater lewat Shopee, lalu kemudian juga tau ternyata sistem pembayaran ini juga tersedia di Akulaku, Kredivo, Tokopedia, dan beberapa platform jual beli online lainnya. Bagi yang belum pernah menggunakan Paylater, pasti akan sedikit bingung dan penasaran bagaimana sistem Paylater ini, jadi di artikel ini kita akan melihat apa itu Paylater, keunggulan, serta kekurangannya.

Apa itu Paylater?                         

Paylater atau “Buy Now, Pay Later” merupakan salah satu metode pembayaran dimana kita bisa membeli suatu produk dan pembayarannya dilakukan pada bulan berikutnya atau dengan cicilan. Ini menjadi sistem pembayaran yang memudahkan dan membantu banyak orang, sehingga menjadi fitur favorit di banyak marketplace atau platform jual beli online.   

Sebagai gambaran sistem Pay Later di Shopee. Di marketplace ini, metode pembayaran PayLater disebut dengan SPaylater. Untuk bisa memanfaatkan fitur ini, kita perlu melakukan pendaftaran terlebih dulu. Setelah berhasil diaktivasi, kita akan diberikan limit kredit oleh Shopee. Untuk pengguna baru, seingat saya akan dikasih limit kredit sebesar 750rb. Kita bisa menggunakan saldo kredit ini untuk membeli produk apapun di Shopee. Jika kita rajin menggunakan limit ini untuk melakukan pembelian, maka saldo kredit SPaylater akan terus ditambah hingga mencapai 12 juta.

Beberapa opsi tenor pembayaran cicilan yang kita pilih yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, hingga 24 bulan. Untuk produk yang harganya murah, biasanya kita hanya diberi opsi 1 bulan, dimana pembayaran bisa dilakukan sebelum tanggal 5 bulan berikutnya. Tapi untuk harga mahal seperti handphone, televisi, dan berbagai produk dengan harga agak mahal kita bisa memilih tenor cicilan hingga 24 bulan. Kita tinggal menyesuaikan tenor dengan kebutuhan dan kesanggupan kita.

Saya tidak bisa membandingkan dengan sistem Paylater di platform lain karena belum pernah mencoba. Tapi saya rasa sistem Paylater di aplikasi lain juga tidak jauh berbeda karena mereka memiliki satu konsep yang sama. Yang berbeda mungkin di besarnya limit dan opsi tenor yang diberikan.

Kelebihan & Keunggulan Paylater

Bisa di Cicil & Pilih Tenor. Ini adalah konsep utama keberadaan Paylater, yaitu untuk membantu orang-orang yang membutuhkan produk tapi belum memiliki uang saat itu. Contoh sederhananya, ponsel kita tiba-tiba rusak sementara posisinya kita lagi tidak punya duit. Menunggu gajian juga masih lama padahal kita membutuhkan hp untuk komunikasi dengan rekan bisnis atau keluarga. Nah, keberadaan Paylater menjadi sangat berguna disaat seperti ini. Kita bisa membeli ponsel dan bayar bulan depan setelah gajian. Di Shopee misalnya, pembayaran dilakukan sebelum tanggal 5 setiap bulannya. kita tidak hanya memiliki opsi pembayaran 1 bulan, untuk produk agak mahal kita bisa memilih apakah ingin tenor 3 bulan, 6 bulan, atau bahkan 12 bulan.

Pembayaran Lebih Instan. Jika dibilang pembayaran menggunakan e-wallet atau mbanking sangat praktis, maka pembayaran dengan Paylater lebih instan lagi. Kenapa, karena kita hanya perlu memilih metode pembayaran Paylater lalu memasukkan pin, maka pembayaran langsung terkonfirmasi. Super cepat, tidak perlu menyalin kode virtual account, membuka mbanking, atau mungkin pergi ke ATM terlebih dahulu. Jadi, mereka yang mungkin memesan produk saat jam sibuk atau di sela-sela break kerja akan lebih memilih menggunakan Paylater.

Banyak Promo. Paylater dihadirkan dengan berbagai jenis promo diskon dan cashback menggiurkan. Ada beberapa jenis promo gratis ongkir dan diskon yang hanya bisa dipakai jika kita melakukan pembayaran menggunakan limit Paylater. Jadi, kita tidak akan mendapatkan promo yang sama jika checkout dengan metode pembayaran transfer bank, e-wallet, maupun lewat minimarket. Ini menjadi godaan yang sangat sulit dihindari ya, jadi ga heran jika banyak orang lebih memilih pembayaran dengan Paylater. Bahkan, orang yang tadinya niatnya mau bayar pakai transfer bank, tapi begitu melihat ada promo khusus Paylater dia langsung ganti metode pembayaran menggunakan Paylater.    

Kekurangan Paylater  

Bunga & Denda. Dimana-mana, yang namanya cicilan pasti disertai bunga & denda jika terlambat membayar. Hanya saja, perbedaannya terletak pada besarnya bunga dan denda yang dibebankan pada pengguna. Ada yang membebankan bunga rendah, ada yang tinggi. Kita kembali membuat gambaran jika menggunakan Paylater di Shopee. Untuk produk hp dengan harga 1,578.000, kita memiliki beberapa opsi SPaylater yaitu 1 bulan sebesar 1.624.551/bulan, 3 bulan sebesar 565.450/bulan, 6 bulan sebesar 302.448/bulan, 12 bulan sebesar 170.950/bulan, 18 bulan sebesar 127.107/bulan, dan 24 bulan sebesar 105.198/bulan.

Pembayaran perbulan ini sudah termasuk biaya bunga di dalamnya. Seperti contoh diatas, untuk opsi 1 bulan kita mendapatkan bunga sekitar 46 rb, sementara jika memilih tenor cicilan apakah itu 3 bulan, 6 bulan, atau 24 bulan dikenakan bunga sekitar 39rb setiap bulan. Kalau kita mengambil tenor 3 bulan, maka total bunga yang kita bayarkan adalah sekitar 117rb. Jadi bisa kita hitung sendiri berapa besarnya bunga yang kita dapatkan. Semakin lama tenor, maka beban bunga juga semakin besar karena kita membayar bunga setiap bulan. Diketahui bahwa per tanggal 28 April 2020, besarnya bunga SPaylater Shopee yaitu 2,95%untuk transaksi menggunakan Spaylater. Menurut saya bunga ini masih wajar dan tidak begitu memberatkan pengguna karena banyak aplikasi lain yang memberikan biaya lebih besar.

Lebih Komsumtif & Impulsif. Keberadaan PayLater bisa menimbulkan kebiasaan boros dan membeli produk yang diinginkan, bukan dibutuhkan. Pertama kali menggunakan mungkin karena memang produk itu sangat kita butuhkan. Tapi karena terasa mudah dan praktisnya PayLater, kita bisa menjadi kalap dan membeli berbagai produk lain yang sebenarnya tidak begitu penting.

Melihat kelebihan dan kekurangan dari PayLater tersebut, maka sebagai orang dewasa kita pasti sudah bisa membuat keputusan apakah ingin menggunakan atau tidak. PayLater sangat membantu kita dalam mendapatkan produk saat tidak punya uang dengan sistem pembayaran yang super cepat dan praktis. Namun, kita juga tidak bisa menghindari yang namanya bunga, denda, dan juga kebiasaan hidup boros dan perilaku konsumtif.  

Sedikit saran agar PayLater tidak berdampak buruk pada keuangan, maka ada baiknya menggunakannya ketika benar-benar diperlukan, hindari menggunakan PayLater untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan apalagi ga penting. Penting juga untuk memilih platform yang bunga dan denda PayLaternya tidak terlalu besar, seperti Shopee misalnya. Untuk denda sebenarnya bisa disikapi dengan cara bayar tepat waktu jadi kita tidak akan kena denda sama sekali. Lalu, pertimbangkan matang-matang pilihan tenor yang hendak kita pilih. Jika harganya tidak mahal, maka ada baiknya pilih tenor 1 bulan atau 3 bulan agar kita tidak terlalu banyak kena bunga. Intinya, bersikap bijak dan sesuaikan dengan kemampuan kita masing-masing.


 



EmoticonEmoticon