Senin, 09 Oktober 2023

Untuk Kamu yang Hobi Berkebun, Berikut Rekomendasi Toko Bibit di Shopee

 

Siapa nih yang hobi berkebun sayur seperti saya? Kegiatan berkebun menjadi kegiatan menyenangkan dilakukan untuk merefresh pikiran dan mengembalikan mood. Lebih bahagia lagi jika melihat sayuran yang kita tanam mulai menghijau dan bisa dipanen. Sehingga berkebun sayur tidak hanya sebagai hobi tetapi juga ikut membantu perekonomian keluarga dan juga bisa memasak sayuran organik yang tentunya lebih segar dan sehat.

Sekarang lagi trend bekerbun dengan sistem hidroponik yaitu menggunakan media air. Sistem ini mungkin bakal cocok banget bagi mereka yang tinggal didaerah perkotaan dengan lahan terbatas dan tidak ada tanah. Tapidi daerah pedesaan kebanyakan masih menggunakan media tanah. Baik menggunakan media tanah maupun air, yang terpenting dari berkebun adalah ketekunan untuk merawat tanaman. 

Menarik sekali, sejak covid-19 toko bibit sayuran bisa kita temukan dengan mudah di shopee. Sebenarnya toko bibit online juga sudah ada sebelumnya, namun keberadaan covid membuat kegiatan berkebun semakin digandrungi karena waktu itu ada pembatasan kegiatan diluar, jadi orang -orang lebih banyak melakukan kegiatan dirumah. Jadi tidak heran jika toko bibit di Shopee cukup banyak karena memang peminat bibit sayuran kini juga banyak, apakah sekedar hobi maupun untuk dijadikan sebagai lahan bisnis. Teman-teman yang kebetulan lagi mencari toko bibit sayur di Shopee, maka bisa melihat beberapa rekomendasi toko bibit di Shopee berikut.

1. Benih Seribuan Official Shop (Rating 4,8/5) 

Pertama kali saya membeli bibit di Benih Seribuan adalah ketika ada flash sale denga harga 99 rupiah saja. Toko bibit dari Boyolali  ini memang terkenal sering mengadakan promo dengan harga super murah. Tanpa flash sale pun, menurut saya harganya sudah sangat murah karena bibit benih di sini hanya dijual seharga seribuan. 


Sebagai gambaran, 250 bibit benih kangkung dijual seharga 1.480, lalu 400 bibit seledri unggul juga dijual 1.480, dan dengan harga yang sama kita juga bisa mendapatkan 25 bibit kacang panjang. Selain harganya kelewat murah, produk mereka juga super lengkap. Tidak hanya bibit sayuran, bunga, dan buah, kita juga bisa sekalian membeli berbagai perlengkapan berkebun seperti polybag, pupuk, netpot hidroponik, hingga rockwool hidroponik. 

Jika kamu mencari toko benih seribuan di Shopee, kamu bisa menemukan beberapa toko benih seribuan dari kota yang berbeda, seperti benih seribuan solo dan benih seribuan Jakarta Timur. Tidak perlu ragu, karena toko ini juga bagian dari benih seribuan pusat Boyolali. Hanya saja, untuk memastikan silahkan baca deskripsi toko karena biasanya mereka akan menginformasikan bahwa toko ini adalah cabang dari benih seribuan Boyolali. Dengan begini, kita tinggal memilih toko terdekat dengan lokasi kita agar hemat ongkir dan lebih cepat sampai. 



2. Infarm. Id Official Shop (Rating 4,9/5) 

Indonesia Farmer alias Infarm menjadi salah satu toko bibit yang memiliki kualitas terbaik di Shopee dan tergabung ke dalam Shopee Mall. Pemilik dari bisnis ini adalah I Dewa Gede Agung Wiradipta, seorang pecinta pertanian dan ikut mengajak banyak orang untuk bercocok tanam. Infarm mengklaim bahwa bibit yang mereka jual memiliki bibit berkualitas nomor satu daya tumbuh benih dengan tingkat keberhasilan 80% jadi tidak heran jika mereka mendapatkan rating hampir sempurna. Salah satu bukti bagaimana toko ini menjadi tempat favorit untuk membeli bibit adalah pengikut Infarm yang sudah mencapai 368rb dan 550rb penilaian.


Meski bibit mereka berkualitas, tapi harganya juga tidak mahal. Rata2 harga bibit sayur di Infarm adalah 9rb tapi untuk kuantitasnya tergantung pada jenis bibit. Harga 9rb kita bisa medapatkan 400 benih kangkung, atau 5.000 bibit bayam, atau 100 bibit tomat kualitas unggul. Infarm juga menjual berbagai jenis pupuk, polybag, dan media tanam. Jadi, tidak perlu mencari ditempat lain karena kita bisa menemukan semuanya disatu tempat. 

                                                       Cek Harga Termurah di Shopee


3. Purie Garden Official Shop (Rating 4,8/5) 

Toko bibit terpercaya berikutnya di Shopee adalah Purie Garden Official Shop. Sama seperti Infarm, toko ini juga tergabung kedalam Shopee Mall jadi untuk kualitas bibit tidak perlu diragukan lagi. Toko yang berlokasi di Bogor ini telah bergabung di Shopee sejak 5 tahun silam. 


Tidak jauh berbeda dengan toko lain yang kami rekomedasikan, produk bibit sayur di toko ini juga cukup lengkap dan tidak hanya bibit tentunya, kita juga bisa sekalian checkout media tanam ataupun pupuk dai Purie Garden.  Untuk harga, kebanyakan bibit repack dijual per 2rb rupiah. Dengan harga ini, kita bisa mendapatkan 200 bibit kangkung, atau 5 gram bibit bayam hijau, atau 60 benih bibit sawi pakcoy. Jadi harga juga tidak jauh berbeda dibandingkan toko lainnya dan bisa menjadi salah satu referensi toko bibit di shopee. 

                                                      Cek Harga Termurah di Shopee


4. Super Benih (Rating 4,9/5.0)

Jika masih belum menemukan toko bibit yang cocok, coba deh berkunjung ke toko Super Benih. Toko yang berlokasi di Malang ini telah ada di Shopee sejak 6 tahun silam, dan saat ini telah berhasil mengantongi 717,5 rb penilaian dengan 79,3 rb pengikut. Bagian terkenal dari toko ini tidak hanya kualitas bibitnya yang bagus, tetapi juga pelayanannya ramah, pengirimannya super cepat, dan sering memberikan bonus. Ditambah lagi, mereka juga menyediakan voucher diskon yang bisa diklaim setiap pengguna.  Dengan kelebihannya ini, tidak heran sih Super Benih mendapatkan rating 4,9 di Shopee.


Bibit di toko ini dijual dengan harga 2rb-3,5 rb, tapi kembali lagi, jumlah kuantitas bibit tergantung pada jenis bibit. Untuk kangkung daun sempit sebanyak 500 biji dijual 2,9rb, 5.000 bibit bayam hijau maestro seharga 2 rb, 250 biji sawi caisim dijual seharga 2rb, dan 25 biji tomat juga dijual seharga 2rb.  

                                                Cek Harga Termurah di Shopee


5. Diary Petani (Rating 4,8/5.0)

Jika dibandingkan dengan toko-toko sebelumnya, jumlah pengikut dan penjualan Diary Petani memang lebih sedikit, bisa jadi karena mereka belum terlalu lama membuka lapak di Shopee. Tapi untuk kualitas dan pelayanan, kita tidak perlu ragu dengan toko ini karena bibit dari Diary Petani memiliki penilaian bagus dengan rating cukup tinggi yaitu 4,8 dari 5.


Bagian yang unik dari toko bibit ini dibandingkan toko lain adalah mereka tidak hanya menjual bibit berupa biji, tetapi juga menjual bibit tanaman. Bagi yang ingin lebih praktis dan tidak sabaran, bibit tanaman siap tanam ini tentu menjadi pilihan bagus karena bibit sudah tumbuh dan memiliki daun sehingga lebih cepat besar. Sekarang pasti banyak yang penasaran, apakah bibit tanaman tidak akan rusak diperjalanan. Tidak perlu khawatir, karena Diary Petani selalu memperhatikan keamanan packing agar tanaman bisa sampai di pembeli dalam kondisi masih segar dan tidak rusak. Diary Petani juga siap memberikan garansi uang kembali atau jaminan kirim tanaman baru jika tanaman rusak atau mati.

Perlu diketahui, bahwa saat ini ada banyak sekali seller toko tanaman hidup di Shopee, tidak hanya sayur tetapi juga tanaman buah dan bunga hias. Saya  juga pernah membeli tanaman kaktus yang dikirim dari Bandung ke Jogja, dan tanaman masih segar begitu sampai ditempat saya. Tapi kembali lagi, apakah tanaman masih segar dan tidak rusak sampai di pembeli tergantung pada bagaimana seller melakukan pengemasan. Selain itu, kita juga sebaiknya memilih pengiriman cepat yaitu 1-2 hari agar tanaman tidak layu karena kelamaan dijalan.

                                                            Cek Harga Termurah di Shopee


Sebagian besar toko di atas memiliki produk yang cukup lengkap, tidak hanya bibit tetapi juga berbagai keperluan dan perlengkapan perkebunan lainnya. Praktis banget ya, karena kita tidak perlu mencari lagi di toko lain karena kita bisa membeli semuanya hanya di satu toko. Semoga rekomendasi toko bibit sayur di Shopee ini berguna dan selamat berkebun, ya. 




EmoticonEmoticon