Senin, 20 November 2023

Kredivo, Solusi Praktis Untuk Kamu yang Suka Belanja Pay Later dan Butuh Uang Mendesak



Gimana nih, tanggal gajian masih lama tapi ponsel malah rusak dan butuh banget yang baru? Atau, pengen membeli produk secara kredit karena nunggu uangnya cukup bakal lama banget!


Di era yang begitu canggih dan serba praktis saat ini harusnya kita sudah tidak perlu bingung saat kondisi diatas terjadi. Kenapa, karena sekarang ada yang namanya metode pembayaran Pay Later, alias membeli sekarang bayarnya kemudian. Dengan Pay Later, maka kita bisa mendapatkan produk mendesak yang dibutuhkan tanpa harus membayar dulu. Pembayarannya tergantung pada pilihan yang kita ambil, apakah 1 bulan saja yaitu bayar bulan depan, atau secara cicilan 3 bulan, 6 bulan, atau bahkan 12 bulan.  

Sebagian besar marketplace kini juga menjadikan Pay Later sebagai salah satu metode pembayaran mengingat banyaknya orang membutuhkan sistem pembayaran ini. Cocok banget nih, Kredivo juga ikut memberikan limit kredit bagi penggunanya yang ingin melakukan pembelian dengan Pay Later di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, & ribuan merchant favorit lainnya tidak hanya online tetapi juga ada yang offline. Berita bagusnya lagi, Kredivo tidak hanya memberikan limit kredit Pay Later, tetapi juga meminjamkan uang tunai  langsung cair ke rekening tanpa jaminan dan hanya butuh waktu 2 menit saja lho prosesnya. Wah, bisa banget nih untuk teman-teman yang sedang butuh duit mendesak.

Apa itu Kredivo?

Sebelumnya sudah sempat kita singgung apa itu Kredivo, jadi pasti sudah pada bisa menebak jawaban dari pertanyaan ini. Jadi benar sekali, Kredivo adalah perusaan unicorn dari sektor fintech dimana mereka menyediakan jasa layanan keuangan berupa pinjaman tunai dan layanan Buy Now Pay Later. Perusahaan ini didirikan oleh Alie Tan ditahun 2015 silam dengan kantor pusat di Singapura. PT. Finaccel Digital Indonesia yang menjadi induk dari Kredivo sendiri sudah mengantongi izin dari OJK melalui surat nomor S-236/NB.213/2018 jadi perusahaan ini telah legal dan resmi.

Fitur Kredivo bisa kita dapatkan dengan mudah lewat aplikasi Kredivo yang tersedia gratis di Google Play bagi Android atau Apps Store bagi pengguna iOS. Di Google Play sendiri, sejak dirilis tahun 2015 silam, aplikasi ini telah berhasil mendapatkan 10jt+ download dengan rating ulasan 4,8. Ini menunjukkan bahwa peminat Kredivo memang cukup banyak di Indonesia. Hal ini sejalan dengan perkembangan e-commerce yang sangat pesat. Para pengguna e-commerce banyak membutuhkan sistem pembayaran yang lebih praktis, simple, dan mendukung layanan Pay Later. Ditambah lagi kebutuhan orang akan pinjaman tunai yang bisa cair dengan cepat tanpa banyak syarat juga sangat tinggi. Maka ini menjadi alasan kenapa Kredivo ikut menjadi salah satu aplikasi fintech yang banyak digunaan saat ini.  

Apa Saja Fitur Kredivo

Fitur utama kredivo adalah layanan berupa limit kredit Pay Later dan KrediFazz alias pinjaman tunai. Ada yang namanya KrediMall dimana kita bisa langsung membeli berbagai produk pilihan berupa gadget, barang elektronik, dan berbagai produk furniture dan perlengkapan rumah langsung di aplikasi Kredivo. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan Flexi Card yang memungkinkan kita untuk berbelanja di jutaan gerai offline tanpa biaya tahunan selamanya. Wah, penasaran banget bukan. Langsung saja kita bahas fitur unggulan dari Kredivo tersebut.

Kredivo Pay Later

Pay Later memang sangat trend ya sekarang sampai-sampai sebagian besar merchant online menyediakan layanan Pay Later ini bagi pelanggan mereka. Saya sendiri juga pernah menggunakan layanan Pay Later karena lebih praktis, dimana kita tidak perlu repot-repot ke ATM dulu untuk melakukan transfer. Ditambah lagi biasanya ada promo & voucher khusus jika kita membeli menggunakan Pay Later.

Jadi bisa dibilang selain praktis, Pay Later juga memberikan berbagai keuntungan lain yang tidak kita dapatkan kalau menggunakan metode pembayaran lain. Bagi teman-teman yang biasanya suka menggunakan Pay Later saat membeli produk secara online bisa banget menggunakan limit kredit dari Kredivo karena bunganya tidak mencekik dan cukup ramah dikantong. Ada beberapa pilihan Kredivo Pay Later yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6, bulan, dan 12 bulan. Bunga 0% untuk cicilan 1 & 3 bulan, sementara untuk cicilan 6 bulan & 12 bulan bunganya adalah 2,6% per bulannya.  

Layanan Kredivo Pay Later juga tersedia lebih dari 3000 merchant favorit kita, diantaranya ada Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Tiket.com, dan berbagai merchant lain di kategori marketplace, gadget & elektronik, tiket, hotel, fashion, life style, entertainment, hingga perlengkapan rumah tangga. Oh iya, tidak hanya merchant online lho, Kredivo juga bisa kita gunakan sebagai metode pembayaran di merchant  offline seperti Alfamart McDonald’s, IKEA, Erafone, Samsung, iBox, hingga Gramedia. Namun, untuk alfamart setau saya kita tidak bisa melakukan cicilan, karena pembayaran dilakukan pada bulan berikutnya. 

Berita menariknya lagi, tak tanggung-tanggung kita bisa mendapatkan limit kredit hingga 50jt lho. Limit untuk masing-masing cicilan biasanya beda ya teman-teman. Semakin lama cicilan, limit kredit yang diberikan lebih besar, bisa jadi karena cicilan lama biasanya kita gunakan untuk membeli produk mahal seperti motor, tiket pesawat, maupun gadget. Sebagai contoh, jika untuk limit kredit cicilan 3 bulan yang tersedia adalah 16jt, maka limit kredit untuk cicilan 6 bulan adalah 28jt, dan untuk limit cicilan 12 bulan adalah 50jt.  Besarnya limit ini bisa kita lihat langsung di dashboard akun masing-masing. Tapi kembali lagi, tidak semua orang bisa mendapatkan jumlah limit yang sama karena biasanya limit juga tergantung pada lama keanggotaan (pengguna baru atau lama) hingga tertib atau tidaknya dalam melakukan pembayaran.

Pinjaman Tunai KrediFazz

Di dashboard aplikasi Kredivo ada menu “Pinjaman Tunai” dengan ikon kantong yang ada tulisannya Rp. Saya yakin semua orang sudah tau apa fungsi dari fitur ini. Betul sekali, ini adalah menu untuk mendapatkan pinjaman tunai secara kilat ga nyampe 5 menit, tanpa ribet, dan tanpa jaminan sama sekali.

Pinjaman tunai ini memiliki hubungan erat dengan jumlah kredit Pay Later kita karena jika pinjaman kita disetujui, maka jumlah kredit akan berkurang sebanyak pinjaman yang kita buat. Jadi bisa dibilang dana untuk kredit Pay Later adalah dana yang sama untuk untuk pinjaman tunai.  Seperti dilansir langsung dari situs resmi Kredivo, minimal pengajuan pinjaman baik untuk 3 bulan maupun 6 bulan adalah 500rb, sementara untuk batas maksimal adalah 50% dari maksimum limit kredit yang kita miliki untuk pengguna baru dan 80% dari maksimum limit jika kita pernah melakukan pinjaman tunai sebelumnya. Apabila kita memiliki transaksi berjalan dan sisa limit kurang dari batas maksimum pinjaman tunai, maka nominal pinjaman tunai tertinggi yang dapat dimbil adalah sejumlah maksimum sisa limit yang kita miliki.

Kita memiliki pilihan tenor 3 bulan dan 6 bulan untuk pinjaman tunai. Hanya saja, untuk pengguna basic hanya bisa menggunakan tenor 3 bulan. Jika teman-teman ingin menggunakan tenor 6 bulan, maka bisa upgrade akun ke premium terlebih dahulu dengan syarat kita harus sudah aktif sebagai pengguna selama 90 hari terakhir. Mungkin kita perlu membuat artikel khusus cara mendaftar akun premium Kredivo ini di lain kesempatan karena cukup banyak keuntungan yang kita dapatkan dengan menjadi akun Premium.

Satu lagi pertanyaan yang pasti ingin teman-teman ketahui adalah besar denda keterlambatan dan biaya lain saat melakukan pinjaman tunai di Kredivo. Untuk biaya denda keterlambatan pembayaran apapun di Kredivo termasuk juga pembayaran Pay Later akan dikenakan bunga keterlambatan 4% per 30 hari dan biaya keterlambatan 6% per 30 hari dari jumlah tagihan yang melewati jatuh tempo. Untuk biaya lainnya adalah bunga 2.6% per bulan atas pinjaman untuk pengguna akun premium, bunga 4% per bulan untuk pengguna akun basic, dan biaya administrasi 6% dimuka atas besar pinjaman tunai yang dipotong langsung dari jumlah yang akan dikirim ke rekening.

Untuk bunga pinjaman Kredivo bisa dibilang cukup kecil ya, karena banyak pinjol diluar sana yang memberikan bunga lebih besar. Meskipun ga besar namun tetap saja sebagai pengguna yang bijak kita perlu tertib melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo supaya tidak mendapatkan denda dan limit kita juga bisa dinaikkan. Jika sering telat bayar atau bahkan sampai menunggak, maka kita tidak hanya dikenakan denda, tetapi akun kita juga bisa dibekukan dan nama kita juga bisa dibacklist sehingga kita tidak akan bisa lagi menggunakan layanan Pay Later maupun pinjaman tunai dari Kredivo.

Flexi Card

Berbelanja secara offline dengan Kredivo biasanya menggunakan scan barcode alias kode QR. Cara lain yang tak kalah praktis adalah dengan menggunakan kartu Flexi Kredivo. Jadi Flexi Card ini adalah kartu fisik yang disediakan Kredivo dengan berbagai keuntungan seperti tidak ada biaya tahunan hingga diskon saat transaksi pertama. Jumlah limit kredit di Flexi Card mengikuti jumlah limit kredit di akun Kredivo kita. Begitu juga dengan ketentuan suku bunga Flexi Card juga sama dengan saat kita bertransaksi secara online menggunakan Kredivo Pay Later.

Untuk mendapatkan kartu ini, kita perlu upgrade dulu menjadi premium karena pengguna basic tidak bisa mencoba layanan ini. Cara mendapatkan Flexi Card Kredivo cukup mudah, kita tinggal mendaftar lewat menu flexi Card, ikuti langkah-langkah yang muncul dan isi data yang dibutuhkan, maka kartu akan segera dikirim kurang dari 4 minggu. Oh ya, saat kartu sampai ke tangan kita, maka berikutnya kita perlu melakukan aktivitasi kartu terlebih dahulu lewat menu Flexi Card di dashboard Kredivo. Jika kita tidak melakukan aktivasi sejak 3 bulan kartu diterima, maka kartu flexi kita akan diblokir permanen. Jadi bagi teman-teman yang sudah mendapatkan kartu jangan lupa untuk melakukan aktivitasi ya.

KrediMall

Cukup mengejutkan, ternyata aplikasi Kredivo sekomplit ini ya. Kita bahkan juga disediakan Mall untuk berbelanja berbagai kebutuhan seperti handphone, barang elektronik, furniture, dan perlengkapan rumah tangga. Memang produknya tidak seluas produk di marketplace, namun produk yang dijual disini adalah produk pilihan, berkualitas, dan original tentunya. Selain itu, cara ordernya pun tidak ribet dan yang menariknya kita bisa langsung menggunakan limit kredit Pay Later untuk pembayarannya.  

Bagaimana Cara Mendaftar Kredivo

Sudah penasaran banget ya untuk segera mencoba fitur unggulan dari Kredivo. Teman-teman bisa mendaftar sekarang juga karena prosesnya tidak ribet dan sangat cepat. Eits, tapi sebelum mendaftar akun ada baiknya teman-teman tau dulu syarat pengajuan akun Kredivo diantaranya adalah berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), berusia 18-60 tahun, berdomisili di Indonesia, dan memiliki penghasilan minimal 3jt per bulan. Jika dirasa terpenuhi, maka saatnya kita langsung membuat akun. Khusus untuk teman-teman, berikut cara mendaftar Kredivo.

  • Kunjungi laman Kredivo.id dan klik daftar atau langsung ke Google Play Store untuk mendwonload aplikasi Kredivo. Atau, jika pengguna iOS kamu bisa mengunduh aplikasi lewat App Store.
  • Buka Aplikasi dan klik “Daftar Kredivo”
  • Berikutnya isi data dan informasi pribadi yang dibutuhkan, mulai dari nama diri, nomor ponsel, email, nama ibu kandung, pendidikan terakhir, status perkawinan, informasi pekerjaan, dan alamat tempat tinggal.
  • Selanjutnya kita melengkapi data diri untuk mendapatkan limit kredit. Semakin lengkap data diri, maka kita memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan limit yang tinggi. Upload foto KTP untuk mendapatkan limit hingga 1 jt, hubungkan akun digital untuk mendapatkan limit hingga 10jt, dan masukkan NPWP atau bukti pendapatan untuk mendapatkan limit hingga 50 juta.
  • Klik “Kirim Pendaftaran”, maka pendaftaran akun akan diproses tim Kredivo dalam waktu 24 jam.

Apakah Kredivo Aman?

Aplikasi Keuangan menjadi aplikasi yang paling sering menjadi target penipuan, peretasan, dan berbagai kasus kejahatan serupa lainnya. Jadi udah benar banget jika kita mempertanyakan bagaimana sistem keamanannya sebelum menggunakan, termasuk juga Kredivo. Perlu diketahui, Kredivo adalah aplikasi resmi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK jadi sudah pasti bahwa aplikasi ini legal dan resmi.

Kredivo terus meningkatkan keamanan mereka hingga sejajar dengan sistem keamanan bank. Kredivo menggunakan metode otentifikasi 2 faktor (2FA) untuk setiap transaksi yaitu berupa PIN dan OTP. Bagi yang belum tau, OTP merupakan kode berupa angka yang biasanya akan dikirim ke nomor telepon pribadi kita jadi tidak akan bisa mengakses kode selain diri kita sendiri.

Otentifikasi 2 faktor ini tidak langsung aktif saat pertama diinstal, jadi jangan lupa mengaktifkannya terlebih agar akun lebih aman. Ketakutan lain yang juga banyak dipertanyakan adalah masalah data pribadi pengguna. Terkait data pengguna, Kredivo telah melakukan enskripsi untuk menjamin data tidak bisa diretas atau diakses oleh pihak lain. Kredivo juga membuat kampanye #AutoMikir untuk mengedukasi dan mengajak pengguna untuk berpikir dua kali sebelum mengklik link atau ajakan mencurigakan. Jangan percaya dengan penawaran hadiah atau penawaran lain yang bukan langsung dari pihak Kredivo karena itu bisa jadi modus penipuan.

Artikel singkat ini setidaknya bisa membantu teman-teman yang ingin tau tentang Kredivo. Sebenarnya masih banyak informasi yang belum sempat disampaikan di artikel ini, jadi teman-teman yang masih memiliki beberapa pertanyaan bisa langsung kunjungi Kredivo.id, lalu beralih ke fitur FAQ, karena disini tersedia jawaban lengkap mengenai semua pertanyaan yang paling sering ditanyakan terkait Kredivo. Semoga informasi ini berguna.    






EmoticonEmoticon