Rabu, 06 Desember 2023

Rekomendasi Shampo Non SLS Untuk Rambut Sehat Tanpa Ketombe dan Rontok

Saya pernah melihat konten seorang yang memilih tidak menggunakan produk rambut apapun agar rambutnya sehat. Waktu itu kondisi rambut saya juga rontok parah, jadi saya iseng-iseng mencoba tips dari orang tersebut. Alhasil, saya keramas dengan hanya menggunakan air saja tanpa menggunakan produk apapun. Tapi hasilnya ga seperti yang saya kira, karena saya justru mendapatkan masalah baru yaitu rambut saya kasar seperti ijuk, kusut, dan bau. Hadeh, lengkap sudah masalah pada rambut saya.

Sebenarnya yang jadi masalah bukanlah produk shamponya, hanya saja kita mungkin belum menemukan produk yang tepat. Kita sangat membutuhkan produk perawatan rambut, tapi penting juga memilih produk sehat karena masalah rambut seperti rambut rontok atau ketombe bukan hanya disebabkan karena stress atau pun kondisi hormon, melainkan bisa jadi karena produk shampo itu sendiri. Teman-teman perlu tau bahwa tidak semua shampo itu baik untuk rambut, karena ada juga shampoo mengandung zat berbahaya yang bisa merusak rambut.

Diantara zat berbahaya dalam shampo yang diyakini banyak orang adalah SLS alias sodium lauryl sulfate. Tidak hanya sebatas Shampo, sulfat juga menjadi salah satu bahan dalam produk sabun, pasta gigi, dan deterjen yang berfungsi menimbulkan busa saat digunakan. Nah, lho, padahal selama ini kita berpikir semakin banyak busa maka shampo itu semakin bagus. Haha, ternyata kita cukup keliru ya teman-teman, semakin banyak busa mengindikasikan SLS nya juga semakin banyak.

Sebenarnya SLS tidak seberbahaya yang kita pikirkan kok. Jika sangat berbahaya, maka tidak mungkin banyak brand menggunakan kandungan ini di produk mereka. SLS akan hilang setelah dibilas dengan air dan kandungannya dalam produk biasanya juga tidak banyak. Namun, zat ini akan menjadi berbahaya saat kandunganya banyak yaitu melebihi satu persen, digunakan terus-menerus, dan digunakan oleh mereka dengan kulit sensitif. Kenyataannya, ada produsen yang sengaja memberikan kandungan sulfat dalam jumlah banyak karena kebanyakan orang suka dengan busa melimpah. Efek yang bisa ditumbulkan adalah kulit kepala menjadi kering, berketombe, hingga iritasi. Jadi, bagi kamu yang mengalami kulit kepala sensitif tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa rekomendasi shampo non SLS agar rambut lebih sehat dan lebih terjaga dari berbagai kemungkinan buruk SLS.

1. Makarizo T1 Techno Nature Equalizer Shampoo (Harga 60rb)


Brand favorit kita, Makarizo ternyata juga punya shampo tanpa SLS untuk yaitu produk T1 Techno Nature. Teman-teman yang memiliki kulit sensitive dan berbagai masalah rambut dan kulit kepala lain dermatitis seboroik, psoriasis, gatal, iritasi, rontok, dan ketombe bisa diatasi dengan produk ini. Tidak hanya tanpa SLS, T1 Techno Nature Equalizer Shampoo juga bebas Paraben dan Colorant sehingga tidak ada zat kimia berbahaya yang bisa menambah kerusakan pada rambut. 

Kelebihan lainnya selain tanpa zat kimia berbahaya, T1 Techno Natur Equalizer Shampoo dari Makarizo ini juga mengandung formula pH Balanced & Triple active moisturizing untuk melembabkan rambut, Silk protein & Phytantriol menutrisi kutikula batang rambut yang rusak, dan kandungan Pro-vitamin B5 menjadikan rambut tampak sehat berkilau.

Sama seperti kebanyakan produk Makarizo, produk ini juga laris manis dan mengantongi status 10rb+ penjualan di Makarizo Official Shop Shopee. Ada satu lagi seri dari T1 Techno Nature ini yaitu Micellar Shampoo yang juga tanpa SLS maupun Paraben. Bedanya, Shampoo ini terasa lebih segar karena mengandung double refreshing menthol dan green tea extract & Niacinamide sebagai antioksidan. Untuk harganya sama dengan Equalizer yaitu 60rb. Teman-teman bisa memilih Equalizer Shampoo maupun Micellar Shampoo lewat link yang kami sertakan dibawah.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee Equalizer 

Dapatkan Harga Murah di  Shopee Micellar 


2. Organic Care Shampoo (Harga 79rb-84rb)


Selain Makarizo, ada juga Shampoo dari Organic Care yaitu Organic Natural, Shampo rambut non SLS, SLES, dan Paraben. Bagi yang belum tau, Organic Care adalah brand kecantikan asal Australia yang kebanyakan produknya memang less chemical. Mereka menggunakan berbagai jenis tanaman alam untuk produksi, surfaktan biodegradable dan kemasan berkelanjutan. Prinsip mereka adalah “kembali ke alam” sehingga cocok sekali untuk kita yang ingin menggunakan produk kecantikan berbahan alami tanpa banyak menggunakan zat kimia.

Karena less chemical, maka Shampo ini aman untuk bumil dan busui tentunya. Bagian menariknya, kita memiliki banyak pilihan variasi, yaitu Silky Smooth, Coco Repair, Deep Nourish, Normal Balance, dan Anti Dandruff Shampoo. Untuk khasiatnya berbeda-beda setiap variasi. Silky Smooth untuk melembutkan rambut dan anti kusut, Coco Repair untuk mengatasi kerusakan rambut dengan kandungan coconut oil, Deep Nourish untuk mengatasi rambut bercabang & kering, Normal Balance yang cocok untuk semua jenis rambut, dan Anti Dandruff Shampoo untuk mengatasi masalah ketombe. Jadi tinggal milih saja varian yang cocok untuk masalah rambut yang tengah alami saat ini. Agar hasil lebih maksimal, teman-teman bisa memesan sekalian dengan conditionernya. Kebetulan sekali, setiap varian dijual dengan conditionernya juga, jadi kita tidak perlu jauh-jauh mencari di toko lain.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee


3. Shampoo Lume Scalp & Hair Therapy 320 ml (Harga 179rb)


Rekomendasi Shampo Non SLS berikutnya yang bisa dijadikan pertimbangan adalah Shampo dari brand Lume. Lume merupakan salah satu brand baru di industri kecantikan namun produknya berkembang dengan cukup pesat karena mengutamakan keamanan dan kualitasnya. Semua produk kecantikan dari Lume mengandung bahan alami bebas paraben, alcohol, dan sulfat jadi aman digunakan. Jadi bagi kamu yang memiliki kulit sensitif juga bisa mencoba produk ini.

Produk yang sedang kita bahas ini adalah Lume Scalp & Hair Therapy Shampoo yang dijual dalam kemasan botol 150ml dengan harga 97rb & 320ml harga 179rb. Selain tanpa zat kimia berbahaya, Shampo ini mengandung formula peppermint extract yang mempercepat pertumbuhan rambut hingga 3x lebih cepat sehingga sangat cocok untuk teman-teman yang rambutnya tipis. Kandungan ini juga menimbulkan sensasi dingin & segar saat keramas. Tidak hanya sekedar itu, banyak formula lain yang sangat baik bagi rambut seperti almond oil, coconut oil, argan oil, avocado oil, hingga panthenol alias vitamin B5.

Yang membuat kita bakal ketagihan adalah wangi almond vanilla yang super lembut dan menenangkan. Oh iya, sedikit bocoran, pertama kali keramas menggunakan shampo ini rambut kita mungkin akan sedikit terasa kusut karena tidak mengandung zat silicon di dalamnya. Bagi yang belum tau, silicon saat ini banyak digunakan dalam produk shampoo karena bisa melembutkan rambut, namun penggunaannya tidak baik untuk kesehatan rambut karena membuat rambut lepek dan berketombe.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee


4. Sensatia Botanicals Balancing Shampoo (Harga 240rb)


Teman-teman yang pertama kali mendengar nama brand ini mungkin beranggapan mereka berasal dari negara luar, Prancis mungkin. Tapi Sensatia Botanicals adalah brand kecantikan lokal asli dari Bali lho. Sensatia Botanicals memang sudah lama terkenal dengan produknya yang aman karena terbuat dari bahan alami tanpa tambahan zat kimia. Produk mereka telah terdaftar di BPOM, tersertifikasi GMP, dan mendapat sertifikat halal dari MUI. Bahkan, mereka juga menjadi brand kecantikan lokal pertama yang memiliki program daur ulang kemasan jadi lebih ramah lingkungan. Mereka memiliki lebih dari 200 produk perawatan wajah, tubuh, bayi, hingga parfume.

Salah satu produknya yang cukup populer adalah Sensatia Botanicals Balancing Shampoo tanpa sulfat, paraben, dan silicon jadi sangat aman digunakan untuk kamu dengan kulit sensitive atau sedang hamil. Shampoo ini cocok sekali bagi rambut berminyak cenderung berketombe karena formula minyak tea tree dan ekstrak gingsengnya. Selain itu, juga ada kandungan peppermint yang membuat kulit kepala terasa segar saat keramas.

Untuk harganya memang lebih mahal dari Shampoo lain yang kami rekomendasikan yaitu 240rb. Sebenarnya tidaklah mahal karena ini adalah harga untuk kemasan 500ml, jadi Shamponya bakal awet banget. Selain itu, Toko Sensatia Botanicals Official juga seringkali membuat flash sale. Kebetulan saat artikel ini dibuat, produk ini dijual flash sale di harga 192 rb. Saya lihat-lihat di ulasan pengguna, ada salah satu pengguna yang bahkan mendapatkan harga 156rb. Karena itu, jangan lupa untuk pantau terus produknya agar bisa mendapatkan harga termurah.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee


5. Shampo Kemiri Momara 250ml (39rb-50rb)


Pengen Shampo non SLS harga murah, maka teman-teman bisa mempertimbangkan Shampo kemiri dari Momara karena harganya hanya 39-50rb untuk kemasan 250ml. Selain tanpa SLS, Shampoo ini sangat bagus untuk rambut. Saat kecil dulu saya menggunakan minyak kemiri untuk rambut jadi tau banget gimana khasiat minyak kemiri. Rambut kita bisa lebih tebal karena tidak ada rontok lagi, membantu merangsang tumbuhnya rambut baru, menghilangkan ketombe, dan membuat rambut lebih hitam alami. Ditambah lagi kandungan minyak kelapa, olive, dan vitamin E yang juga ga kalah baik bagi kulit kepala dan rambut.

Karena ini produk less chemicals, maka aman digunakan untuk semua usia, termasuk bayi dan balita. Variasinya juga banyak banget lho. Setidaknya ada 10 varian aroma yang bisa kita pilih yaitu melon, Strawberry, Greentea, Lemon, Green Apple, Lavender, Jasmin, Rose, Aloe Vera, dan Sunflower alias bunga matahari. Wah, kalau saya sih pasti bakal milih Lemon ya. Teman-teman juga bisa memilih aroma yang paling disukai agar keramasnya makin menyenangkan.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee


Keberadaan SLS dalam produk perawatan termasuk shampo sebenarnya tidak begitu memberikan efek bagus langsung pada rambut, mengingat fungsinya hanya untuk menciptakan busa. Tanpa SLS pun rambut tetap akan mendapatkan manfaat utama dari shampo tersebut. Hanya saja, produk non SLS tidak menciptakan banyak busa saat digunakan, jadi jangan kaget busanya tidak sebanyak shampo yang kita pakai sebelumnya. Selain itu, kebanyakan produk yang kami rekomendasikan juga tidak mengandung silicon sehingga rambut mungkin akan terasa sedikit kasar atau kusut saat keramas.

Ini harusnya tidak menjadi masalah demi mendapatkan rambut yang sehat dan bebas dari berbagai masalah rambut. Kalau misalnya teman-teman nyaman menggunakan shampo tanpa banyak busa, maka bisa banget mencoba beberapa rekomendasi shampo non SLS ini agar rambut lebih sehat dan terjaga dari kemungkinan buruk zat sulfat.

Ada banyak sekali produk non sulfat atau silicon lainnya yang tidak sempat dimasukkan dalam artikel ini. Saat teman-teman mencari Shampoo secara online maupun beli langsung di supermarket, maka jangan lupa melihat ingredientsnya terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada kandungan sulfat di dalamnya. Semoga beberapa rekomendasi shampoo non sulfat ini bisa membantu teman-teman mendapatkan kulit kepala dan rambut yang sehat.

 

NB: Segala informasi dari toko, apakah itu terkait rating, harga, jumlah produk, jumlah pengikut, dan lainnya bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung perkembangan dan kebijakan masing-masing toko. Untuk itu, jangan lupa kunjungi kembali toko yang bersangkutan untuk melihat update terbaru dari mereka.

 


EmoticonEmoticon