Selasa, 02 Januari 2024

Rekomendasi Pasta Gigi Yang Aman untuk Anak Mencegah Karies dan Gigi Berlubang

Bunda yang berkunjung ke artikel ini pasti lagi bingung memilih pasta gigi untuk si kecil. Tidak perlu bingung ya bund, karena disini kita akan memberikan beberapa rekomendasi pasta gigi anak yang aman jika tertelan agar bisa menjadi referensi dalam memilih pasta gigi anak. Tapi sebelumnya kita ingin tau dulu apakah memberikan pasta gigi dewasa aman untuk anak, karena pasti banyak juga yang berpikir untuk memberikan pasta gigi yang kita pakai untuk anak. Jika anak sudah bisa berkumur dan meludah sendiri mungkin penggunaan pasta gigi dewasa bisa dilakukan. Tapi tetap saja tidak dianjurkan karena kandungan yang didalam pasta gigi dewasa tentu takarannya berbeda dengan kebutuhan gigi anak.

Seperti kandungan fluoride misalnya. Fluoride di pasta gigi dewasa cukup tinggi, sementara anak membutuhkan fluoride tapi dalam kadar yang sedikit. Selain itu, tidak sedikit pasta gigi dewasa mengandung zat abrasif pemutih gigi dan SLS alias sulfat yang tidak cocok dengan kesehatan gigi anak. Jika anak terlalu sering menelan pasta gigi, maka anak beresiko terkena fluorosis dan berbagai jenis gangguan pada rongga mulut . Untuk itu, kita tidak bisa sembarang memberikan pasta gigi untuk kecil karena kandungan dalam pasta gigi dewasa belum cocok untuk rongga mulut si kecil yang masih rentan dan sensitive.

Paling aman adalah memberikan pasta gigi anak karena formula dan kandungannya sudah disesuaikan secara khusus dengan kondisi dengan kebutuhan gigi anak. Bahkan jika anak tidak sengaja menelanpun produk tidak akan menimbulkan efek negative untuk kesehatannya. Terpenting lagi, pasta gigi anak dibuat dengan berbagai aroma buah yang disukai anak sehingga bikin anak semakin semangat untuk menggosok gigi. Banyak kok pasta gigi anak yang beredar di pasaran. Salah satu yang paling terkenal dari dulu adalah pasta gigi Kodomo yang rasa strawberry karena kebanyakan anak-anak di keluarga saya, tetangga, dan anak teman-teman saya kebanyakan menggunakan produk ini. Selain Kodomo ternyata juga ada banyak produk pasta gigi lain yang ga kalah bagus. Jadi di artikel ini kita akan melihat beberapa rekomendasi pasta gigi yang aman untuk anak.

1. Kodomo Toothpaste Perlindungan Gigi Sejak Dini (Harga 4,5rb)

Kodomo memang menjadi salah satu ikon pasta gigi anak-anak dari dulu. Saya ingat sekali membelikan Kodomo untuk adek saya yang waktu itu saat masih TK. Sampai sekarangpun disaat dia sudah remaja ternyata brand ini masih eksis dan masih banyak digunakan, padahal banyak sekali bermunculan merk-merk baru. Sebenarnya tidak hanya pasta gigi, berbagai produk lain dari Kodomo seperti shampoo juga paling favorit lho, apalagi yang aroma strawberry. Behh, bisa-bisa si kecil exited banget untuk keramas padahal adek saya cukup malas mandi saat kecil. Haha, ups.  

Balik lagi ke Kodomo Toothpaste ya. Jadi ini adalah pasta gigi khusus untuk anak dengan 3 variasi aroma yaitu strawberry, orange, dan grape yang sangat disukai anak-anak. Pasta gigi ini mengandung active fluoride yang sesuai dengan anak-anak dan xylitol mencegah gigi berlubang, dan kandungan anti bacteria untuk melawan bakteri penyebab gigi berlubang. Penggunaan untuk anak di bawah 6 tahun adalah sebesar biji jagung dan sebaiknya dibawah pengawasan orang dewasa. Jika mengkonsumsi fluoride dari produk lain, maka konsultasikan dengan dokter gigi anak.

Sepertinya ini masih produk yang sama yang dulu saya belikan untuk adek saya saat masih anak-anak, tapi mungkin sudah berganti kemasan. Untuk harga juga jangan diragukan, karena sangat murah sekali yaitu hanya seharga bakso tusuk aja yaitu 6rb. Bahkan, saat artikel ini dibuat harganya lagi promo hanya 4,5rb. Jelas hemat banget dong. Jadi, langsung saja kunjungi etalase Wings Official Shop di Shopee untuk mendapatkan produk original.   

Dapatkan Harga Murah di  Shopee


2. Pepsodent Kids Toothpaste Strawberry 45gr (Harga 5,4rb)


Pepsodent ternyata juga punya pasta gigi khusus anak-anak dengan rasa yang paling disukai anak yaitu strawberry. Pasta gigi ini mengandung fluoride aktif, kalsium, & protein dari ekstra susu untuk mencegah gigi berlubang dan menguatkan gigi susu anak. Untuk anak kurang dari 2 tahun bisa menggunakan sebesar biji beras, sementara untuk diatas 2 tahun sebesar biji jagung. Aturan lebih lengkapnya bisa dilihat langsung dikemasan produk.

Jangan lupa checkout sikat giginya sekalian ya bund karena pepsodent juga menjual sikat gigi anak. Atau jika ribet beli terpisah, toko juga menyediakan paketan pasta gigi & sikat gigi dengan harga 10rban. Selain itu, pepsodent kids toothpaste ini juga tersedia dalam varian orange dan mint yang juga bisa kamu temui di toko yang sama dengan produk ini. Jadi tinggal nyari aja di etalase toko untuk menemukan varian lain yang diinginkan.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee


3. Cussons Kids Toothpaste (Harga 7,6rb)


Brand yang terkenal dengan produk bayinya ini juga memiliki berbagai produk untuk anak-anak, termasuk juga pasta gigi. Pasta gigi dengan formula 3x protection yaitu fluoride, calcium, and xylitol untuk memperkuat & menjaga kesehatan gigi si kecil. Pasta gigi dari Cussons tersedia dalam 3 varian yaitu orange, apple dan strawberry. Kita juga bisa sekalian membeli sikat gigi dengan warna yang sama dengan warna pasta giginya. Untuk harganya murah banget dong, hanya 7rbuan untuk kemasan 45gr. Wah, yuk langsung kunjungi saja produknya, manatau harganya masih semurah itu.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee


4. Darlie Bunny Kids Strawberry 40g (Harga 19,7rb)




Rekomendasi pasta gigi anak berikutnya yang ga kalah bagus adalah pasta gigi anak dari Darlie. Darlie tidak begitu banyak mengeluarkan pasta gigi anak, satu-satunya yang saya tau adalah Darlie Bunny Kids ini. Pasta gigi anak berfluorida ini hadir dalam 4 pilihan rasa yang paling disukai anak yaitu Strawberry, Orange, Apple, dan Cola.

Pasta gigi ini mengandung formula food grade sehingga aman digunakan setiap hari oleh anak. Link dibawah adalah link untuk Darlie Bunny Kids strawberry, jadi teman-teman yang ingin membeli variasi lain bisa langsung ke etalase toko Watsons Indonesia Official Shop. Jika ingin lebih gampang, ketik saja kata kunci Bunny Kids di kolom pencarian toko sehingga semua variasi dari Darlie Bunny Kids akan langsung muncul.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee


5. Mama’s Choice Kids Toothpaste Strawberry & Bubble Gum (35rb)


Mungkin ada yang baru mengenal merk yang satu ini karena memang perusahaan masih tergolong baru yaitu baru diluncurkan tahun 2019 silam.  Meski tergolong baru, namun perkembangan mereka cukup pesat karena kita lihat sendiri penjualan mereka secara online cukup tinggi. Di Shopee misalnya, toko Mama’s choice Official Shop telah mendapatkan lebih dari 958rb pengikut dan 613rb penilaian dari pembeli. Belum toko online mereka di Lazada, Tokopedia, maupun JD.ID.

Jadi, Mama’s Choice merupakan salah satu brand yang menyediakan berbagai jenis produk perawatan untuk ibu dan bayi dengan standar produk yang aman, halal, dan natural. Salah satu produk mereka adalah pasta gigi anak yang sedang kita bahas ini. Pasta gigi ini diformulasikan khusus dengan hydroxyapatite (HAP) yang sama efektifnya dengan fluoride dalam mengembalikan mineral gigi. Selain itu, bahan ini juga efektif memutihkan dan mengurangi gigi sensitive hingga 39%. Kandungan lainnya adalah natural xylitol yang membantu mengurangi pembentukan plak dan menghambat aktivitas bakteri penyebab gigi berlubang.

Pasta gigi ini sangat aman untuk anak karena adanya jaminan food grade, anti-iritasi, Ecocert certified organic, sulfate free, dan colorant free sehingga aman jika tak sengaja tertelan oleh anak. Variasi rasa juga disukai anak yaitu strawberry dan buble gum bakal bikin anak lebih rajin menggosok gigi. 

Dapatkan Harga Murah di  Shopee


6. Enzim Pasta Gigi Anak-anak 42gr & 63gr (Harga 10,5-14,5rb)


Satu lagi pasti gigi anak yang bisa dijadikan referensi adalah pasta gigi anak dari Enzim. Pasti sudah pada tau dong brand yang satu ini karena produk mereka cukup terkenal untuk mengatasi gigi ngilu dan sensitive. Pasta gigi ini bisa digunakan sejak gigi susu pertama tumbuh dan aman karena mengandung enzim baik dan xylitol yang berguna untuk kesehatan dan perkembangan gigi. Jangan kaget tidak ada busa karena pasta ini tidak mengandung deterjen alias sulfat sehingga minim busa. Pasta gigi anak dari Enzim hadir dalam 4 variasi rasa yang disukai anak yaitu orange, strawberry, buble gum, dan tutty fruity.

Dapatkan Harga Murah di  Shopee


Beberapa rekomendasi pasta gigi anak ini bisa banget dijadikan pilihan karena aman untuk kesehatan gigi dan mulut si kecil. Selain itu, anak juga bakal tambah rajin nih nyikat gigi karena terbuat dari berbagai rasa buah yang paling disukai anak. Selain beberapa rekomendasi ini masih ada banyak lagi pasta gigi anak yang bagus. Jika teman-teman ingin menemukan produk lain jangan lupa untuk mencari tau dulu tentang produk tersebut agar tidak salah beli.

 

NB: Segala informasi dari toko, apakah itu terkait rating, harga, jumlah produk, jumlah pengikut, dan lainnya bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung perkembangan dan kebijakan masing-masing toko. Untuk itu, jangan lupa kunjungi kembali toko yang bersangkutan untuk melihat update terbaru dari mereka.





EmoticonEmoticon